Penawaran Beasiswa S2 di Swiss 2012/2013

Pemerintah Swiss melalui Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) menawarkan beasiswa dalam jumlah terbatas untuk negara berkembang termasuk Indonesia.

Beasiswa ditawarkan untuk mahasiswa pascasarjana yang ingin melakukan riset atau meraih gelar master di salah satu perguruan tinggi di Swiss. Perguruan tinggi yang menjadi pilihan dibatasi hanya 13. Sebagai catatan, pelamar untuk program riset akan lebih diprioritaskan.

 Program studi atau pendidikan tidak termasuk dalam tawaran beasiswa:
   1. Ilmu Kesenian
   2. Pendidikan Strata 1
   3. Pendidikan Sekolah Perhotelan
   4. Pertukaran mahasiswa
   5. Part-time studies
   6. On-the-job studies
   7. Studi jarak jauh
Sebelum mengajukan lamaran, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yakni:
   1. Warga Negara Indonesia
   2. Minimal Sarjana Strata Satu
   3. Batas umur pada waktu melamar harus di bawah 35 tahun (lahir setelah tanggal 31 Desember 1976)
   4. Menguasai bahasa yang digunakan dalam program studi atau riset yang dipilih dengan baik (Bahasa Jerman/Prancis/Itali dan/atau Bahasa Inggris). Khusus bagi pelamar program master, yang bersangkutan wajib memiliki sertifikat bahasa yang diakui secara internasional.
   5. Untuk pelamar program riset harus telah memperoleh konfirmasi atau surat penerimaan resmi dari pembimbing riset di universitas yang dituju
   6. Pelamar program riset: memiliki proposal riset yang jelas

Pelamar program master: memiliki motivasi yang menjelaskan tujuan studi dan kepentingannya untuk karir masa depan. Selain itu pelamar harus mendaftar pada program master yang dituju sementara melamar beasiswa pemerintah Swiss.

Setelah memenuhi persyaratan, kamu bisa mengajukan prosedur permohonan formulir pendaftaran beasiswa. Permohonan formulir pendaftaran harus dikirim paling lambat pada 18 November 2011. Untuk memperoleh formulir, pelamar harus mengirim surat permohonan singkat yang berisi keterangan dan dokumen sebagai berikut:
   1. Nama lengkap
   2. Tanggal lahir
   3. Keterampilan bahasa asing selain bahasa Inggris (jika kamu mempunyai kemampuan salah satu bahasa resmi di Swiss)
   4. Program riset atau studi dan perguruan tinggi yang dituju
   5.  a. Untuk peminat beasiswa riset
- Proposal riset lengkap (+/-5 halaman) termasuk informasi pengalaman riset yang mungkin relevan dengan riset yang akan dilakukan di Swiss
- Kopi surat penerimaan/konfirmasi dari profesor di perguruan tinggi Swiss bahwa yang bersangkutan bersedia membimbing riset Anda
 b. Untuk peminat beasiswa master
- Karangan singkat berisi motivasi untuk kuliah di Swiss dan prioritas  bidang studi yang dipilih untuk karir di masa depan dan pengembangan profesional lainnya setelah beasiswa usai (+/-2 halaman).
 - Sertifikat bahasa yang berlaku secara internasional (sesuai dengan bahasa   yang digunakan dalam program studi di Swiss) dan paling tidak memenuhi nilai minimal
6.  Curriculum Vitae
7.  Alamat email
 Surat permintaan formulir pendaftaran beasiswa dikirim melalui email ke: jak.vertretung@eda.admin.ch. Formulir akan dikirim melalui email. Pelamar harus sudah mengembalikan formulir pendaftaran dilampiri lengkap dengan dokumen pendukung paling lambat pada 30 November 2011 ke Kedutaan Besar Swiss (Bagian Kebudayaan) di Jl. HR Rasuna Said Kav.X3/2, Jakarta 12950. Dokumen lamaran beasiswa boleh disampaikan melalui pos atau kurir.

 Beasiswa akan berlangsung selama sembilan bulan (satu tahun akademik) dan dimulai pada September hingga Juni. Hanya beberapa pelamar terpilih akan diundang untuk wawancara yang dilaksanakan di Kedutaan Besar Swiss di Jakarta. FCS akan mengumumkan penerima beasiswa pada Mei 2012.

 Jumlah beasiswa yang diberikan CHF1.920 per bulan (untuk biaya hidup). Untuk informasi dan pertanyaan dapat diajukan ke Melinda Djohansjah di Kedutaan Besar Swiss. Nomor kontaknya 021-5256061, pesawat 319. Atau keterangan lengkap dapat kamu lihat di ttp://beasiswa.unpad.ac.id/?p=767
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..