Beasiswa S2 dan S3 dari Kedutaan New Zealand

Kesempatan kuliah di New Zealand dengan beasiswa kini kembali terbuka. Kedutaan New Zealand di Jakarta memberikan penawaran beasiswa S2 (master) dan S3 (PhD) bagi pelajar Indonesia yang ingin kuliah di sana. Program ini dinamai New Zealand-ASEAN Scholars Awards (NZ-AS).

Mereka yang bisa mendapatkan beasiswa NZ-AS mulai dari masyarakat umum, dosen,  swasta, dan sipil. Latar belakang diberikannya beasiswa sebagai wujud kontribusi bagi kawasan ASEAN. Di bawah NZ-AS, beasiswa yang diberikan mencapai 170 setiap tahunnya. Dari total 170 beasiswa, 50 di antaranya ditujukan bagi pelamar asal Indonesia.

Beasiswa diberikan untuk bidang studi yang mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan, terutama pada pertanian, energi terbarukan (panas bumi), dan manajemen risiko bencana. Calon harus dapat menunjukkan bagaimana program studi yang mereka pilih memberikan kontribusi untuk pembangunan Indonesia.

Prioritas tambahan akan diberikan kepada pelamar dengan latar belakang wilayah, seperti kawasan timur Indonesia (Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat). Selain itu, prioritas juga akan diberikan bagi pegawai di kementerian atau lembaga yang menangani pertanian, kehutanan, sumber daya mineral dan energi, sumber daya kelautan dan perikanan, lingkungan, pariwisata, pendidikan, luar negeri, kepolisian, dan pertahanan.

Manfaat yang diperoleh
Biaya perjalanan pulang, biaya kuliah penuh, uang saku setiba di New Zealand, tunjangan hidup untuk menutupi biaya sehari-hari, medis, dan asuransi perjalanan.

Di mana Anda belajar
Auckland University of Technology (AUT), Lincoln University, Massey University, Unitec, University of Auckland, University of Canterbury, University of Otago, Victoria University of Wellington, dan University of Waikato.

Persyaratan umum
1.  Pelamar merupakan warga negara Indonesia dan telah tinggal di Indonesia setidaknya dua tahun pada saat aplikasi.
2. Tidak menikah, bertunangan, atau akan menikah dengan orang yang berstatus warga negara tetap di New Zealand, Australia, atau negara berkembang lainnya.
3. Belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah New Zealand setidaknya dalam 24 bulan terakhir.
4. Usia di bawah 40 tahun untuk aplikasi beasiswa master, dan di bawah 45 tahun untuk PhD.
5. Tidak sedang mencari dukungan beasiswa untuk gelar program yang sudah dimulai.
6. Tidak melamar untuk level gelar yang sama. Itu artinya, pemegang gelar sarjana harus mendaftar untuk master, dan lulusan master harus mendaftar untuk studi doktor/PhD.
7. Mampu berbahasa Inggris dengan IELTS minimum (akademik) hasil keseluruhan 5,5, dengan tidak ada band kurang dari 5,0 atau skor TOEFL lebih dari 513 (tidak lebih dari 24 bulan pada saat melamar).
8. Beasiswa diambil di tahun kalender yang ditawarkan.
9. Memegang gelar sarjana yang relevan dengan kualifikasi pascasarjana yang diusulkan.
10. Punya pengalaman kerja minimal dua tahun dan dapat menunjukkan komitmen yang kuat bagi pembangunan Indonesia pada umumnya.
11. Memenuhi persyaratan masuk di lembaga perguruan tinggi Selandia Baru di mana program studi akan diambil, termasuk kemampuan Bahasa Inggris.
12. Memenuhi persyaratan imigrasi Pemerintah New Zealand untuk masuk sebagai mahasiswa internasional, seperti cek kesehatan dan karakter.

Aplikasi dan proses seleksi
1. Pelamar harus mengidentifikasi universitas yang diinginkan dan kemungkinan masuk di kampus tersebut sebelum mengirimkan aplikasi.
2. Pemohon diwajibkan untuk menyerahkan dua aplikasi yang diisi dalam bahasa Inggris (satu asli dan satu copy) kepada PT. Austraining Nusantara. Kandidat PhD juga harus mencakup bukti dari korespondensi dengan seorang supervisor potensial. Jika surat penawaran telah diterima dari universitas, ini juga harus diserahkan.
3. Aplikasi akan dinilai dan daftar shortlist akan disusun untuk dipertimbangkan oleh panitia seleksi di Indonesia. Calon bisa saja dihubungi untuk wawancara.
4. Kandidat yang terpilih akan diberitahu melalui surat resmi.

Jangka waktu
 * 11 April 2012 : Batas akhir pengajuan aplikasi yang disampaikan ke PTAN
* Agustus / September 2012: Rincian daftar kandidat, wawancara, dan tes IELTS
* September 2012: keputusan akhir untuk pemilihan calon
* Oktober / November 2012: Pemberitahuan kandidat yang terpilih
* Januari 2013: briefing pra-keberangkatan, pelatihan bahasa Inggris (untuk calon yang perlu mengambil ELT)
* Februari / Juni 2013 keberangkatan ke Selandia Baru

Aplikasi untuk mendapatkan beasiswa New Zealand bisa diunduh di sini

Berkas aplikasi ditujukan ke:

PT. Austraining Nusantara (PTAN)
PO Box 1808
Jakarta Pusat 10018
Telp: 021-52920810
Fax: 021-5292 0818
Email: nzas.info @ cbn.net.id


Resource: www.nzembassy.com/indonesia

Temukan Beasiswa sesuai Minat Anda!
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..