Baru, Beasiswa S1, S2 di Sydney, Australia

Bisa mengenyam pendidikan pascasarjana di luar negeri, apalagi dengan sokongan beasiswa tentu jadi keinginan banyak orang. Setidaknya beban biaya kuliah bisa ditekan secara signifikan. Anda pun bisa mewujudkannya dengan peluang-peluang yang tersedia.

Salah satu universitas terkemuka di Australia, University of Sydney baru saja mengumumkan penawaran beasiswa terbarunya untuk semester 2, 2012. Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional, tidak terkecuali mahasiswa asal Indonesia. Bagusnya, beasiswa yang diberikan melingkupi beasiswa sarjana (S1) dan master (S2).

Beasiswa disediakan sebesar AUD $ 10.000 per tahun untuk 15 orang bagi pelamar S1. Beasiswa ini tersedia maksimal untuk tiga tahun (total AUD $ 30.000), tergantung pada kemajuan prestasi akademik penerima.

Sementara, penerima beasiswa S2 masing-masing mendapat AUD $ 10.000 yang disediakan untuk 15 orang. Bedanya beasiswa S2 hanya diberikan satu kali (total AUD $ 10.000). Yang perlu diingat, bahwa kedua beasiswa ini tidak menyediakan tunjangan hidup selama pendidikan di Australia.

Gimana mau mencoba? Jika iya, lengkapi sejumlah persyaratan yang diminta University of Sydney. Bagi pelamar S1 , Anda bisa mengunjungi persyaratan lengkapnya di sini.  

Nah, untuk Anda yang melamar beasiswa S2, berikut persyaratan yang diperlukan:
1.    Pelamar adalah lulusan S1 yang dibuktikan dengan transkrip ijazah dan nilai.
2.    Mengisi formulir aplikasi. Unduh di sini
3.    Hasil kemampaun bahasa Inggris (TOEFL)
4.  Hanya aplikasi lengkap dengan dokumen pendukung yang memenuhi kriteria yang akan dipertimbangkan.

Aplikasi diterima paling lambat 30 April 2012. Kandidat sangat dianjurkan sesegera mungkin mengajukan permohonan.

Kriteria Seleksi

Seleksi akan berdasarkan prestasi akademik sesuai persyaratan masuk universitas, dan disiplin ilmu yang dipilih. Seleksi akan didasarkan pada hasil yang sebenarnya (kemampuan akademis dan bahasa Inggris). Proses seleksi dilakukan langsung oleh panitia University of Sydney yang bersifat final. Pengumuman pemenang beasiswa akan disampaikan Juni 2012.

Bila Anda pelamar beasiswa S1, maka harus mempertahankan kemajuan akademik yang memuaskan. Bila gagal mempertahankan prestasi tersebut, maka beasiswa yang diberikan bisa saja dihentikan.

Selain beasiswa di atas, Anda juga harus menyiapkan sejumlah kebutuhan bila terpilih meraih beasiswa di University of Sydney. Mulai dari biaya hidup sehari-hari, tiket pesawat, bahan belajar, dan buku.

Resource: http://goo.gl/3wXlU
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini