Beasiswa Erasmus Mundus 2013/2014 untuk S2/S3

Tawaran beasiswa Erasmus Mundus TA 2013/2014 mulai digulirkan. Sebanyak 5.300 beasiswa S2 dan 440 beasiswa S3 disediakan untuk periode 2009-2013. Tahun ini kesempatan mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus juga cukup besar. Ini karena pemberian beasiswa ditujukan bagi mahasiswa di luar Uni Eropa (27 negara), di mana Indonesia adalah satu negara tujuan diberikannya beasiswa Erasmus Mundus. Tahun lalu sekitar 90 mahasiswa Indonesia berhasil mendapatkan beasiswa tersebut.

Kriteria pelamar:
1. Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa
2. Tidak terdaftar sebagai penduduk di negara anggota Uni Eropa manapun
3. Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di negara anggota Uni Eropa manapun;
4. Telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1/S2.
5. Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah Program Magister Erasmus Mundus

Mengenai persyaratan lebih lengkap Anda dapat memperolehnya di masing-masing situs konsorsium yang menyediakan beasiswa Erasmus Mundus, baik untuk program master maupun doktor. Lihat laman ini untuk lebih jelas.

Manfaat beasiswa:
Beasiswa Erasmus Mundus akan menanggung biaya pendidikan, termasuk biaya hidup, tempat tinggal, biaya perjalanan, dan asuransi. Sebagai gambaran, tahun sebelumnya untuk program master disediakan € 24.000 per mahasiswa untuk pendidikan 1 tahun atau € 48.000 per mahasiswa untuk jangka waktu maksimal 2 tahun.

Bidang studi yang ditawarkan:
~ Erasmus Mundus Masters Courses (EMMCs)
Agriculture, Veterinary, Engineering, Manufacture, Construction, Health, Welfare, Humanities, Arts, Science, Mathematics, Computing, Social Sciences, Business, and Law. Lihat rincian di sini.

~  Erasmus Mundus Joint Doctorates (EMJDs)
Agriculture, Veterinary, Engineering, Manufacture, Construction, Health, Welfare, Humanities, Arts, Science, Mathematics, Computing, Social Sciences, Business, and Law. Lihat rincian di sini.

Batas deadline pengajuan aplikasi bervariasi, biasanya antara September hingga Januari. Anda dapat melihatnya di masing-masing situs konsorsium. Saat ini beberapa di antaranya sudah membuka pendaftaran. Berminat daftar?
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini