Beasiswa D3 2013/2014 di Polman Astra, Minat?

PT Astra International Tbk melalui Politeknik Manufaktur Astra menawarkan beasiswa D3 kepada putra/putri lulusan tahun 2013 dari SMA/SMK sederajat. Tujuannya, untuk mengembangkan kualitas program pendidikan Diploma 3 Polman Astra dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas global dan membantu menunjang kemajuan industri.

Program Beasiswa Prestasi Astra ini diharapkan dapat membantu pembiayaan studi bagi siswa yang berprestasi secara akademis tetapi mengalami kendala pembiayaan.

Beasiswa Prestasi Astra 2013/2014 terdiri dari 2 jenis yaitu Program Beasiswa Penuh dan Program Beasiswa Unggulan. Program Beasiswa Penuh diberikan dalam bentuk bebas biaya kuliah selama 3 (tiga) tahun dan pemberian uang saku bagi mahasiswa yang bersangkutan setiap bulannya. Besarnya uang saku ditentukan oleh Surat Keputusan Direktur Politeknik Manufaktur Astra. Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap pemberian beasiswa di tiap semester dan berhak melanjutkan atau memberhentikan pemberian Program Beasiswa Prestasi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sementara, Program Beasiswa Unggulan diberikan kepada calon penerima beasiswa yang telah ikut dalam proses seleksi Program Beasiswa Penuh dan lolos seleksi sampai dengan tahap Psikotes dan Wawancara, akan tetapi karena keterbatasan kuota tidak masuk pada Program Beasiswa Penuh. Program Beasiswa Unggulan diberikan dalam bentuk bebas uang sumbangan pendidikan.

Tahap-tahap seleksi:
1. Tahap 1 : Seleksi Administratif
2. Tahap 2 : Psikotes
3. Tahap 3 : Wawancara
4. Tahap 4 : Tes Kesehatan
Setiap tahapan seleksi berlaku sistem gugur. Seluruh pengumuman proses seleksi dilakukan melalui website www.polman.astra.ac.id.

Persyaratan umum:

1. Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran.
2. Lulusan SMA/SMK (dibuktikan dengan ijazah/surat tanda lulus saat registrasi akademik);
3. Lulusan tahun 2013 atau saat ini sedang menempuh kelas XII;
4. Lebih diutamakan siswa SMA jurusan IPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi;
5. Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna.
Untuk pilihan Konsentrasi Teknik Otomotif (TO) dan Teknik Alat Berat (TAB), tidak memiliki masalah indra pendengaran, khusus untuk TAB, lebih diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm;
6. Penghasilan orangtua total maksimal Rp 3.000.000,- dibuktikan dengan fotokopi surat keterangan penghasilan orang tua atau pernyataan penghasilan orangtua;
7. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir;
8. Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terakhir;
9. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah;
10. Fotokopi rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl rata rata 7,5 (Matematika, Fisika, Bahasa Inggris), tidak ada nilai di bawah 7,5;
11. Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain.
12. Fotokopi identitas diri (Kartu Pelajar/KTP/SIM)

*Untuk siswa SMK program 4 tahun, usia maksimal 20 tahun

Persyaratan administrasi tersebut menjadi acuan utama untuk proses selanjutnya. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan umum akan digugurkan dari proses seleksi.
Formulir Beasiswa Prestasi Astra dapat diunduh di www.polman.astra.ac.id atau langsung ke sini. Formulir yang sudah diisi lengkap beserta lampiran persyaratan lainnya dikirimkan ke alamat:

Panitia Program Beasiswa Prestasi Astra
Politeknik Manufaktur Astra
Kampus: Komplek Astra International Gedung B Lt. 5
Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II, Jakarta Utara 14330


Formulir permohonan beasiswa harus sudah diterima panitia PMB di Politeknik  Manufaktur Astra selambat-lambatnya tanggal 4 Januari 2013. Lihat jadwal dan panduan seleksi di sini.
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini