Beasiswa Program Magang di Jepang dari Bappenas

Tawaran beasiswa kembali disediakan Bappenas. Tahun ini, badan perencanaan pembangunan itu memberikan beasiswa program magang khusus staf perencana, baik yang bekerja di Bappenas, unit perencanaan di kementerian/lembaga, Bappeda, serta unit perencanaan di dinas teknis pada pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota.

Beasiswa program magang di Jepang ini akan dilangsung selama 1 bulan. Selama  masa itu, berbagai pembekalan akan diberikan kepada penerima beasiswa program magang.

Bidang yang ditawarkan mencakup:

1. Bidang Local Economics Resources Development (LERD), yaitu suatu pendekatan pengembangan ekonomi lokal di daerah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi sehingga dapat dipasarkan ke luar daerah dan luar negeri.
2. Bidang Infrastructure Development for Public Private Partnership, yaitu pemenuhan kebutuhan infrastruktur publik yang pendanaannya dilakukan kerjasama antara swasta dan pemerintah.
3. Bidang Urban dan Regional Planning, atau perencanaan wilayah dan perkotaan.
4. Bidang Waste Management/Environmental, yaitu pengelolaan persampahan berbasis lingkungan.
5. Bidang Perencanaan lainnya.

Persyaratan peserta:
1. Pegawai negeri sipil (PNS), dengan masa kerja sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun terhitung sejak tanggal menjadi PNS. Diutamakan bagi pejabat fungsional perencana semua jenjang.
2. Bekerja pada instansi/unit kerja perencanaan pada Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.
3. Berpendidikan serendah-rendahnya S-1 dengan umur setinggi-tingginya 35 tahun, atau S-2 dengan umur setinggi-tingginya 40 tahun, atau S-3 dengan umur setinggi-tingginya 45 tahun pada saat pencalonan.
4. Penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai BAIK dalam 2 (dua) tahun terakhir.
5. Memiliki skor TOEFL Institutional sekurang-kurangnya 500 (ditunjukkan dengan skor ITP TOEFL yang masih berlaku/sekurang-kurangnya 2 tahun).
6. Mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran seperti terlampir.
7. Diusulkan oleh pimpinan minimal pejabat eselon II dan dukungan pendanaan berupa cost sharing dengan mengisi formulir kesediaan cost sharing terlampir.

Jadwal Pelaksanaan:
Pendaftaran paling lambat diterima pada tanggal 3 Mei 2013 khusus untuk topik Urban Planning, dan pengumuman disampaikan 17 Mei. Sedangkan untuk topik Waste Management, PPP dan LERD, paling lambat diterima 14 Juni 2013. Pengumuman disampaikan 12 Juli 2013 dan pelaksanaan magang dilaksanakan mulai bulan Juni sampai dengan Oktober 2013.

Unduh panduan lebih lanjut mengenai ketentuan, persyaratan dan mekanisme beasiswa di sini. Dapatkan juga formulir yang dibutuhkan.

Surat usulan, formulir dan dokumen pendukung disampaikan langsung ke Kepala Pusbindiklatren Bappenas, dengan alamat Jl. Sunda Kelapa No 9 Jakarta Pusat 10310.

Keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Pusbindiklataren telp: (021) 31931447 e-mail: pusbindiklatren@bappenas.go.id, atau kunjungi situs Bappenas di www.pusbindiklatren.bappenas.go.id.
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini