Beasiswa Ilmu Politik dan Pemerintahan UGM

Peluang menarik dibuka Universitas Gadjah Mada buat Anda yang ingin studi S2 dan S3 di bidang ilmu politik dan pemerintahan. UGM menawarkan beasiswa master dan PhD di bidang keahlian tersebut melalui skema beasiswa power, welfare, and democracy. PWD merupakan proyek berbasis penelitian yang dikelola bersama oleh UGM dan Universitas Oslo.

Para akademisi dan aktivis yang memiliki perhatian di bidang demokrasi dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa PWD ini. Seluruh program beasiswa akan dilakukan di Jurusan Politik dan Pemerintahan UGM.

Program beasiswa doktor
Skema beasiswa ini menawarkan beasiswa PhD bagi peneliti dan aktivis berpengalaman untuk melakukan penelitian dalam area studi proyek PWD. Penerima beasiswa akan mendapatkan:
~ Tunjangan bulanan untuk tinggal di Yogyakarta selama masa studi
~ Biaya kuliah (SPP) fulltime program Doktor selama empat tahun (8 semester) di Program S3 Ilmu Politik, Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol UGM
~ Dana penelitian untuk penulisan disertasi.
Pelamar tidak sedang menerima program beasiswa lain. Karena program ini diintegrasikan ke dalam kegiatan akademis reguler di UGM, pelamar harus memenuhi semua persyaratan dasar yang sah untuk mendaftar sebagai mahasiswa pascasarjana UGM, antara lain:
1. Skor Test Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Test Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM. Skor minimal 550,
2. Kemampuan berbahasa Inggris:
    a. Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM minimal skor 268, atau;
    b. Skor IELTS minimal 5.5 atau;
    c. Skor TOEFL Internet-Based (IBT) minimal 62 atau;
    d. Skor TOEFL Computer-Based Test (CBT) minimal 180 atau;
    e. Skor TOEFL Institutional Testing Program (ITP) minimal 500.

Proses Seleksi Tahap I
1. Pelamar mengirimkan berkas substantif sebagai berikut:
• Paper berfokus pada salah satu tema project PWD (kewarganegaraan dan publik, ragam dan praktik kesejahteraan, dan demokrasi lokal) dengan panjang tulisan 3.000-3.500 kata.
• Application Form (format terlampir)
• Personal statement (format terlampir)
• Curriculum Vitae (format terlampir)
• Skore TPA atau PAPS terbaru (masih berlaku)
• Skor AcEPT, IELTS atau TOEFL terbaru (masih berlaku)
2. Pengiriman berkas substantif dilakukan via email: jpp.fisipolugm@gmail.com dengan mencantumkan subject email: Aplikasi Beasiswa PWD.
3. Paper harus diterima oleh panitia seleksi paling lambat: 31 Mei 2013.
4. Sebanyak 30 pelamar yang terpilih berdasarkan penilaian terhadap paper yang dikirimkan akan diundang mengikuti workshop selama tiga hari di Yogyakarta pada pekan pertama Juni 2013. Setiap pelamar diberikan kesempatan untuk mempresentasikan papernya pada saat workshop di hadapan komite seleksi. Selanjutnya, setiap pelamar diberi kesempatan memperbaiki papernya dan mengirimkannya kembali dalam bentuk proposal disertasi kepada panitia selambat-lambatnya pada 22 Juni 2013.

 Proses Seleksi Tahap II
1. Pelamar melakukan pendaftaran calon mahasiswa doktoral UGM dan membayar biaya pendaftaran ke Bank BNI (sistem host to host) untuk mendapatkan username dan password pendaftaran. Username dan password digunakan untuk mendaftarkan diri secara online di alamat: http://um.ugm.ac.id/2013/pasca/idx.php. Pendaftaran harus sudah dilakukan paling lambat 28 Juni 2013.
2. Pelamar mengirimkan/mengantar berkas administratif ke Sekretariat Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol, UGM:

Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol, UGM
Gedung PAU UGM, Lantai 3, Sayap Timur.
Jalan Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta. 55281.


3. Daftar berkas administratif dan formatnya dapat didownload di sini.
4. Pelamar yang tidak melakukan pendaftaran calon mahasiswa doktoral UGM otomatis dinyatakan gugur sebagai peserta seleksi.

Proses Seleksi Tahap III:
1. Komite seleksi melakukan penilaian terhadap proposal disertasi yang telah dikirimkan pelamar.
2. Komite seleksi melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan berkas-berkas yang diperlukan untuk menjadi calon mahasiswa UGM.
3. Komite seleksi memilih 12 pelamar yang memperoleh penilaian tertinggi terhadap proposal disertasi dan telah melakukan registrasi sebagai calon mahasiswa doktoral UGM.
4. Ke-12 pelamar akan diundang mengikuti workshop 3-hari di Yogyakarta pada pekan pertama Juli 2013. Setiap peserta diberikan kesempatan mempresentasikan proposalnya di hadapan komite seleksi.

Pengumuman empat penerima beasiswa PWD program doktoral akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman penerimaan mahasiswa baru UGM, yaitu sekitar pekan terakhir Juli 2013.

Program beasiswa master
Program ini menawarkan beasiswa Master bagi peneliti dan aktivis berpengalaman untuk melakukan penelitian dalam area studi proyek PWD. Penerima beasiswa akan mendapatkan:
~ Tunjangan bulanan untuk tinggal di Yogyakarta selama masa studi;
~ Biaya kuliah (SPP) fulltime program Master selama 2 tahun (empat semester) di Program S2 Politik Pemerintahan, Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol UGM
~ Dana penelitian untuk penulisan tesis.

Pelamar harus memenuhi semua persyaratan dasar yang sah untuk mendaftar sebagai mahasiswa pascasarjana UGM, antara lain:
• Skor Test Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Test Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM. Skor minimal 500,
• Kemampuan berbahasa Inggris:
  ~ Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM minimal skor 209, atau;
  ~ Skor IELTS minimal 5.0 atau;
  ~ Skor TOEFL Internet-Based (IBT) minimal 50 atau;
  ~ Skor TOEFL Computer-Based Test (CBT) minimal 145 atau;
  ~ Skor TOEFL Institutional Testing Program (ITP) minimal 450.

Pendaftar mengirimkan berkas substantif sebagai berikut:
• Paper berfokus pada salah satu tema project PWD (kewarganegaraan dan publik, ragam dan praktik kesejahteraan, dan demokrasi lokal) dengan panjang tulisan 3.000-3.500 kata.
• Application Form
• Personal statement
• Curriculum Vitae
• Skore TPA atau PAPS terbaru (masih berlaku)
• Skor AcEPT, IELTS atau TOEFL terbaru (masih berlaku)
Pengiriman berkas substantif dilakukan via email: jpp.fisipolugm@gmail.com. Dengan subject email: Aplikasi Beasiswa PWD. Paling lambat: 31 Mei 2013

Pendaftar kemudian membayar biaya pendaftaran ke Bank BNI (sistem host to host) untuk mendapatkan username dan password pendaftaran. Username dan password digunakan untuk mendaftarkan diri secara online di alamat: http://um.ugm.ac.id/2013/pasca/idx.php. Paling lambat 28 Juni 2013.

Berikutnya, pelamar mengirimkan/mengantar berkas administratif ke Sekretariat Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol, UGM:

Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol, UGM
Gedung PAU UGM, Lantai 3, Sayap Timur.
Jalan Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta. 55281.


Batas akhir penyerahan berkas adalah 28 Juni 2013. Daftar berkas administratif dan formatnya dapat didownload di sini. Komite akan menyeleksi pelamar berdasarkan paper yang dikirimkan, juga berdasarkan pada persyaratan administratif yang ditentukan universitas.

Informasi lebih lanjut, mohon menghubungi Sekretariat Jurusan Politik dan Pemerintahan (cq. Rangga Herdi) dengan nomor telpon: 0274–552212/555880, HP: 08112502020.

Informasi detil mengenai prosedur umum pendaftaran mahasiswa pascasarjana UGM silahkan kunjungi: http://um.ugm.ac.id/2013/home.php?title=page&p=130401

Persyaratan dan cek list administratif (S2 dan S3)
Berkas untuk dikumpulkan paling lambat 31 Mei 2013:
1. Application form beasiswa PWD
2. Fotokopi  legalisir ijazah tingkat pendidikan sebelumnya, dilegalisir oleh institusi penerbit ijazah;
3. Fotokopi legalisir transkrip akademik pendidikan tingkat sebelumnya, dilegalisir oleh institusi penerbit transkrip;
4. Draft Usulan Topik Penelitian (S2) atau Draft Proposal Disertasi (S3)
5. Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen ataupun atasan. Yang mengetahui kemampuan akademik dan kapasitas pelamar dalam bidangnya
6. Proyeksi keinginan calon/personal assessment dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan dan rencana setelah selesai kuliah
7. Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan

Berkas untuk dikumpulkan paling lambat 28 Juni 2013:
1. Bukti Pendaftaran yang dicetak setelah menyelesaikan proses pendaftaran secara online
2. Bukti pendaftaran sebagai pelamar program pascasarjana yang ditandatangani oleh yang bersangkutan dan dilengkapi dengan foto berwarna ukuran 3X4;
3. Fotokopi  legalisir ijazah tingkat pendidikan sebelumnya, dilegalisir oleh institusi penerbit ijazah;
4. Fotokopi legalisir transkrip akademik pendidikan tingkat sebelumnya, dilegalisir oleh institusi penerbit transkrip;
5. Fotokopi sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya;
6. Draft Usulan Topik Penelitian (S2) atau Draft Proposal Disertasi (S3)
7. Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik
8. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan dan rencana setelah selesai kuliah
9. Surat Pernyataan Pelamar Program Pascasarjana, bermaterai Rp 6.000,-
10. Surat keterangan jaminan pembayaran dari instansi atau surat keterangan bermaterai yang menyatakan kesanggupan untuk membayar sendiri seluruh biaya pendidikan program pascasarjana (format terlampir);
11. Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit;
12. Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan
13. Surat izin untuk mengikuti pendidikan pascasarjana dari atasan/pimpinan instansi khusus bagi yang sudah bekerja
14. Surat rekomendasi dari Perguruan Tinggi, institusi pemerintah atau swasta bagi yang dipersyaratkan oleh prodi (hubungi prodi);
15. Bukti karya ilmiah yang pernah diterbitkan;
16. Bukti pendidikan tambahan yang pernah diikuti (apabila ada);
17. Daftar kegiatan ilmiah yang pernah diikuti (apabila ada);
Ctt: Masing-masing dokumen dibuat rangkap 2.
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini