Beasiswa Pascasarjana luar negeri Kemenkeu

Program beasiswa pascasarjana (S2) luar negeri ditawarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Beasiswa 2013 ini ditujukan bagi para pegawai di lingkungan Kemenkeu dengan kuota 70 beasiswa.

Penawaran beasiswa Kemenkeu dalam rangka pelaksanaan Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution (SPIRIT) yang didanai Bank Dunia. Seleksi beasiswa pascasarjana luar negeri tersebut dilakukan tiga tahap:
1. Seleksi administrasi
2. Seleksi tertulis (TPA, TOEFL, dan Psikotes)
    Persyaratan passing grade dari seleksi tertulis adalah:
    a. Skor TOEFL PBT minimum 450
    b. Skor TPA minimum 565
    c. Tes Psikologi minimum B
3. Seleksi wawancara

Penawaran program beasiswa dan penyerahan berkas administratif dari peserta ke masing-masing Sekretariat unit eselon I mulai 1 – 23 Mei 2013. Masih tersedia waktu bagi Anda yang berminat mencoba penawaran ini. Lihat persyaratan lengkap di sini.

Calon yang memenuhi persyaratan, dapat mendaftarkan diri melalui unit masing-masing dengan melengkapi dokumen-dokumen sebagai berikut:
1. Formulir aplikasi beasiswa yang telah diisi dengan lengkap
2. 1 lembar fotokopi ijazah S1/S2 extension/DIV-STAN yang dilegalisasi beserta 1 lembar fotokopi tranksrip nilai yang telah dilegalisasi
3. 1 lembar fotokopi ijazah DIII (Prodip STAN maupun lainnya) yang dilegalisasi beserta 1 lembar fotokopi tranksrip nilai yang telah dilegalisasi
4. 1 lembar fotokopi SK Kenaikan Pangkat terakhir sebagai PNS
5. Surat keterangan tidak sedang menjalani hukuman disiplin
6. Surat pernyataan tidak sedang dicalonkan untuk memperoleh beasiswa, tidak memiliki ijazah S2 ataupun tidak mengikuti pendidikan S2
7. Surat rekomendasi atasan langsung
8. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah

Formulir dan surat keterangan di atas bisa diunduh di sini.

Legalisasi untuk fotokopi ijazah dan transkrip nilai DIII/D-IV STAN/S1/S1 extension/S2 dapat dilakukan oleh unit yang menangani urusan kepegawaian atau unit tata usaha kantor (eselon III/IV) dari calon peserta bersangkutan.

Peserta yang lulus seleksi administratif akan diumumkan untuk mengikuti seleksi tertulis yang digelar di beberapa lokasi yaitu: Jakarta dan 11 Balai Diklat Keuangan di seluruh Indonesia (Medan, Pekanbaru, Palembang, Cimahi, Yogyakarta, Malang, Pontianak, Balikpapan, Denpasar, Manado, dan Makassar).

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi dan diterima pada universitas yang dituju akan menerima tunjangan beasiswa, di antaranya tanggungan biaya aplikasi, biaya kuliah hingga selesai sesuai kalender akademik normal, tunjangan kepindahan, tunjangan biaya perjalanan pindah, tunjangan biaya hidup bulanan, tunjangan pembelian buku, tunjangan penulisan tesis, dan tunjangan biaya seminar.

Jumlah dan jenis tunjangan tersebut akan diberikan menurut ketentuan berlaku yang akan dibayarkan melalui rekening tabungan atas nama masing-masing peserta.

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Pusdiklat Pengembangan Sumberdaya Manusia-BPPK di nomor telepon 021-7244490, 7394666, email: ppsdm_center@yahoo.com, atau website: http://www.bppk.depkeu.go.id
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..