Beasiswa Hitachi Jepang Buat Dosen dan Peneliti

Buat Anda yang berkecimpung sebagai dosen dan peneliti, ada tawaran beasiswa S2/S3 dari Hitachi Scholarship Foundation. Beasiswa ini ditujukan untuk studi di Jepang dengan durasi maksimal 2,5 tahun untuk master dan 3,5 tahun untuk PhD. Beasiswa dibuka untuk empat universitas di tanah air, yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, ITB, dan ITS.

Beasiswa Hitachi menyediakan dukungan keuangan dan bantuan konsultasi dan pribadi. Bantuan beasiswa meliputi tiket penerbangan kelas ekonomi, uang saku bulanan ¥ 180,000, kursus bahasa Jepang selama 6 bulan, biaya kunjungan lapangan ¥ 50,000, biaya konferensi internasional, tunjangan kedatangan dan kembali masing-masing ¥ 50,000, biaya kuliah, hingga tunjangan rumah.

Persyaratan:
Jenjang master

1. Pemegang gelar sarjana yang ingin meraih gelar master di bidang sains dan teknologi, kecuali ilmu hewan, di sekolah pascasarjana Jepang.
2. Berusia di bawah 30 tahun (lahir pada atau setelah 1 November 1983).
3. Memiliki posisi atau profesi di universitas
Jenjang doktor  
1. Pemegang gelar master yang ingin meraih gelar PhD di bidang sains dan teknologi, kecuali ilmu hewan, di sekolah pascasarjana Jepang.
2. Berusia di bawah 35 tahun (lahir pada atau setelah 1 November 1978).
3. Memiliki posisi atau profesi di universitas

Prosedur aplikasi:
Semua kelengkapan dokumen dan formulir aplikasi dikirimkan ke masing-masing universitas. Deadline bisa berbeda. Misalnya UI disampaikan melalui International Office UI paling lambat 10 Oktober 2013 atau ITB yang diajukan melalui Dekan/Sekolah dan sudah harus diterima di Kantor Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Organisasi paling lambat 31 Oktober 2013. Informasi deadline bisa ditanyakan di perguruan tinggi bersangkutan. 

Dokumen yang diperlukan:
1. Formulir aplikasi yang telah diketik bersama pasfoto ukuran 3 x 4 cm yang diambil tidak lebih dari 6 bulan terakhir.
2. Salinan ijazah dan transcript nilai (S1 dan S2)
3. Surat rekomendasi dari pimpinan atau dekan fakultas. Rekomendasi tersebut disahkan oleh rektorat.
4. Letter of acceptance (LoA) dari ilmuan universitas di Jepang
5. Bukti pemeriksaan fisik

Kandidat terpilih didasarkan pada seleksi awal, wawancara, dan seleksi akhir. Seleksi awal dilakukan pada November-Desember, interview pada Desember-Maret, dan putusan final pada April-Mei. Hasil seleksi tersebut akan disampaikan pihak rektorat pada Juni 2014. Unduh formulir aplikasi dan panduan di sini.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..