Beasiswa StuNed 2015 ke Belanda

Program beasiswa StuNed (Studerend in Nederland) 2015 hadir lagi. Beasiswa Pemerintah Belanda ini ditawarkan melalui Nuffic Neso Indonesia bagi para mid-career profesional di Tanah Air. Beasiswa yang telah buka adalah StuNed – Master dan StuNed – Short Courses. Beasiswa tersebut merupakan bagian dari kerjasama bilateral Pemerintah Belanda dan Indonesia. Yang minat melanjutkan studi ke negeri kincir angin, ini kesempatan bagus untuk Anda.

Seperti sebelumnya, beasiswa StuNed 2015 menitikberatkan pada lima bidang prioritas, yakni manajemen air (water management), ketahanan pangan (food security), sektor ekonomi (economy sector), sektor judisial (judicial sector), dan hak asasi manusia (human rights). Bagi pelamar individu dapat mengajukan beasiswa master dan short course di Belanda, sementara buat institusi bisa menyampaikan proposal untuk group application.

Beasiswa StuNed merupakan beasiswa penuh dari Pemerintah Belanda dan rata-rata setiap tahun diberikan kepada 250 kandidat terbaik. Sayang dilewatkan!  

Kriteria:  
Pelamar memiliki komitmen dan motivasi yang kuat untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi di mana dia bekerja dan memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda. 

Prioritas akan diberikan kepada calon peserta yang unggul secara akademis dan karir,  memiliki rencana studi di area-area yang berkaitan dengan kerja sama bilateral Indonesia dan Belanda (ekonomi, hak asasi manusia (HAM), ketahanan pangan, pengelolaan air, dan judisial), dan bekerja pada institusi yang berkaitan dengan area prioritas kerjasama bilateral kedua negara.

Persyaratan: 
StuNed - program master  
1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri
2. Diterima di salah satu program master yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
3. Pendidikan minimal S1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
4. Pengalaman bekerja (setelah S1) minimal 2 tahun, dibuktikan dengan menyertakan fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
5. Mendapatkan persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 79, atau IELTS minimal 6.0.
8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;
9. Tidak ada batas umur.

Stuned – Short Courses 
1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri
2. Diterima di salah satu program short course yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
3. Pendidikan minimal S1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
4. Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi terakhir, dibuktikan dengan: fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
5. Persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 68, atau IELTS minimal 5.5.
8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;
9. Prioritas diberikan untuk staf mitra kerja Kedutaan Besar Belanda;
10. Tidak ada batas umur.

Pendaftaran:  
Sebelum mengajukan aplikasi , pelamar terlebih dahulu mendaftar di universitas Belanda untuk mendapatkan Letter of Admission. Semua program studi tersebut tersedia di Studyfinder. Bagi pelamar program master, Anda bisa memilih studi dengan durasi maksimal 2 tahun dan biaya kuliah tidak lebih dari EUR 20.000 per tahun. Sementara, program studi short course dengan masa studi maksimal 6 bulan.

Formulir aplikasi dan CV bisa diperoleh di nesoindonesia.or.id. Lampirkan dokumen di bawah bersama formulir tersebut.
1. Admission letter/LoA dari institusi pendidikan tinggi Belanda
2. Salinan sertifikat IBT TOEFL/IELTS
3. CV
4. Salinan SK PNS atau kontrak kerja
5. Salinan ijazah S1 dan transkrip dilegalisir
6. Salinan KTP atau paspor
7. Pasfoto terbaru warna (3x4)

Formulir dan dokumen dibuat dua (2) rangkap dan dikirim ke:

Nuffic Neso Indonesia
Menara Jamsostek 20th Floor
Jalan Jend. Gatot Subroto No.38
Jakarta 12710

Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 15 Maret 2015 untuk program master dan 1 Maret 2015 untuk short course.

Hasil seleksi akan diberitahu paling lambat akhir Juni 2015 (program master) dan akhir April 2015 (short course) melalui email.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter