Beasiswa Meksiko 2020 (AMEXCID Scholarship) - S1, S2, S3

Pemerintah Meksiko kembali menawarkan beasiswa internasional 2020 bagi mahasiswa asing yang ingin menjalani studi di universitas-universitas Meksiko. Ada beberapa jenis beasiswa yang disediakan, di antaranya mobility program untuk mahasiswa sarjana (S1) dan pascasarjana dengan durasi 3 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Kemudian beasiswa riset pascasarjana dan postdoktoral selama 12 bulan (minimum 1 bulan), program spesialisasi (1 tahun), program gelar master (2 tahun), program doktor (3 tahun), dan spelisialisasi dan subspesialisasi kedokteran (3 tahun).

Beasiswa Pemerintah Meksiko 2020 tersebut ditawarkan Kementerian Luar Negeri Meksiko melalui Mexican Agency for International Development Cooperation (AMEXCID). Beasiswa tersebut dinamai 2020 Mexican Government Scholarship Program for International Students. Ada sekitar 100 lebih perguruan tinggi Meksiko yang berpartisipasi dalam beasiswa tersebut dan mahasiswa Indonesia salah satu yang diberi kesempatan mendaftar.

Pelamar dipersilakan untuk mendaftar beasiswa dengan pengecualian untuk beberapa jurusan, yaitu administrasi bisnis, operasi plastik, akuntansi, marketing, periklanan, kedokteran gigi dan odontologi, serta bidang yang berhubungan.

Beasiswa dapat diikuti oleh kandidat yang baru akan memulai studi di universitas Meksiko atau mereka yang sedang menjalani kuliah di negara tersebut saat ini. 

Beasiswa yang diberikan meliputi:
▪ Tunjangan bulanan sebesar 4 kali gaji minimum di Mexico City untuk beasiswa mobilitas sarjana, spesialisasi, gelar master atau riset tingkat master, dan jurusan bahasa Spanyol dan budaya Meksiko setara $10,274 peso (sekitar Rp 7,4 juta) per bulan
▪ Tunjangan bulanan sebesar 5 kali gaji minimum di Mexico City untuk studi dan riset doktoral, postdoktoral, spesialisasi dan subspesialisasi kedokteran setara $12,251 peso (sekitar Rp 9,2 juta) per bulan.
▪ Biaya kuliah dan pendaftaran
▪ Asuransi kesehatan dari Lembaga Keamanan Sosial Meksiko (IMSS), dimulai bulan ketiga saat beasiswa berjalan
▪ Biaya visa mahasiswa untuk masa tinggal yang lebih dari 180 hari
▪ Tiket pesawat PP di awal dan akhir beasiswa
▪ Tunjangan transportasi umum dari Mexico City ke perguruan tinggi tujuan pada awal dan akhir beasiswa, jika belajar di luar Mexico City.

Persyaratan:
1. Bergelar sarjana, master, atau doktor, sesuai yang dipersyaratkan program
2. Minimum nilai rata-rata 8.0 untuk skala 0 - 10 (Setara IPK minimum 3.2 untuk skala 4)
3. Diterima atau saat ini sedang menjalani program di salah satu perguruan tinggi Meksiko yang berpartisipasi.

Simak juga » Beasiswa S2, S3 di University of Cambridge, UK

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (Unduh), diisi lengkap dan dipasang pasfoto digital
2. Statement of Purpose yang memperlihatkan alasan pelamar tertarik belajar atau melakukan penelitian di Meksiko (maksimum 2 halaman, ditulis dengan font Arial ukuran 12, dengan spasi tunggal)
3. Curriculum vitae (maksimum 3 halaman, ditulis dengan font Arial ukuran 12, dengan spasi tunggal)
4. Surat pernyataan jaminan untuk kembali (Unduh)
5. Acceptance letter dari perguruan tinggi Meksiko, ditandatangani oleh pihak yang bertanggung jawab ((Direktur Kantor Urusan Internasional, Direktur Pertukaran Akademik, Kepala Departemen Studi Pascasarjana, Koordinator Pascasarjana, dll), yang menyatakan lama studi dengan mencantumkan tanggal awal dan akhir serta jenis studi. Untuk jurusan riset, acceptance letter juga harus menyatakan bahwa kandidat akan menerima pendampingan yang dibutuhkan untuk proyek penelitian, jika memungkinkan nama pembimbing.
6. Copy ijazah gelar terakhir (untuk program mobility S1, transkrip nilai semester terakhir)
7. Copy transkrip nilai terakhir yang memperlihatkan IPK- atau IPK rata-rata bagi pelamar program mobility sarjana
   - Untuk beasiswa mobility, sertakan surat dari perguruan tinggi pelamar yang menyetujui pemberian kredit akademik untuk kelas kuliah yang diambil di Meksiko
   - Untuk hibah penelitian, copy dokumen akadmik memperlihatkan pelamar telah tamat atau saat ini terdaftar di program master atau doktor
8. Copy akte kelahiran
9. Copy paspor atau KTP
10. Surat keterangan sehat dari lembaga pemerintah atau swasta yang menunjukkan pelamar dalam kondisi sehat dan bisa melakukan perjalanan ke luar negeri serta menjalankan studi mereka.
11. 4 (empat) pasfoto asli terbaru, dengan latarbelakang putih, ukuran 3cm x3cm, disertai nama dan kewarganegaraan di belakangnya
12. Letter of acceptance untuk syarat dan ketentuan program, disertai tandatangan kandidat (Unduh)
13. Bagi pelamar yang telah berada di Meksiko harus memiliki dokumen imigrasi terbaru, dibuktikan dengan kartu visa mahasiswa menetap sementara
14. Bagi pelamar yang telah sedang studi di Meksiko, wajib menyampaikan dokumen resmi dilegalisir dari IPK rata-rata 85, atau skala 80/100, yang dikeluarkan oleh institusi di mana mahasiswa bersangkutan terdaftar saat ini (ditandatangani serta dicap oleh otoritas berwenang)
15. Jika Bahasa Spanyol bukan bahasa asli dari pelamar, sertakan sertifikat mahir berbahasa Spanyol dari universitas atau pusat bahasa. Minimum adalah level B2.
16. Untuk beasiswa penelitian di dalam bahasa yang berbeda dari bahasa Spanyol, wajib mengirimkan komunikasi resmi dari institusi tuan rumah, yang menyatakan komitmen untuk menyediakan bimbingan dalam bahasa berbeda, menentukan nama bahasa dan pengajar

Simak juga » Beasiswa 2020 - 2021 Program S1, S2, dan S3

Pendaftaran: 
Pendaftaran beasiswa Pemerintah Meksiko 2020 untuk  program S1, S2, S3, riset, dan spesialisasi tersebut dilakukan secara online di laman sigca.sre.gob.mx

Pelamar perlu membuat akun terlebih dahulu sebelum bisa mengajukan aplikasi secara online dengan melampirkan dokumen aplikasi yang diminta. Anda juga dapat melihat panduannya di laman AMEXCID untuk teknis pendaftaran serta daftar perguruan tinggi di Meksiko.

Batas akhir pendaftaran online adalah 27 September 2019 pukul 15.00 waktu Meksiko. Hasil seleksi akan diumumkan pada 15 Januari 2020 melalui kantor diplomatik Meksiko. Biasanya melalui Kedubes Meksiko di Jakarta serta hasil akhir diumumkan melalui website AMEXCID.

Kontak:
Email: infobecas@sre.gob.mx

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter