Program Pertukaran Pemuda Antarnegara (PPAN) 2015

Tahun ini program Pertukaran Pemuda Antarnegara (PPAN) kembali diselenggarakan Kementerian Olahraga dan Pemuda Republik Indonesia. Pelaksanaannya bekerjasama Dinas Olahraga dan Pemuda di tiap provinsi serta Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) selaku wadah alumni PPAN. Kegiatan PPAN memiliki beberapa jenis berdasarkan negara tujuan, seperti Pelatihan Kepemudaan Indonesia di Kanada (PPIK), Pertukaran Pemuda Indonesia – Australia (PPIA), Kapal Pemuda ASEAN – Jepang (SSEAYP), Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea Selatan (IKYEP), serta beberapa negara tujuan lainnya.

PPAN sendiri telah dibiayai oleh Kementerian Olahraga dan Pemuda. Namun, pembuatan paspor serta kebutuhan yang sifatnya pribadi, misalnya pembelian cendera mata itu menjadi tanggungan sendiri.

Pendaftaran PPAN 2015 dapat dilihat di masing-masing website PCMI masing-masing provinsi. Teknis persyaratan dan deadline pendaftaran setiap daerah dapat berbeda. Misalnya pendaftaran PPAN bagi Anda warga Jakarta dapat dilakukan di pcmijakarta.com. 

Persyaratan PPAN 2015 DKI Jakarta:
1. Belum menikah
2. Pendidikan minimal SLTA/Sederajat
3. Kopi KTP DKI Jakarta ukuran A4, 3 lbr
4. Kopi Akta Lahir ukuran A4, 3 lbr
5. Kopi Paspor ukuran A4, 3 lbr
6. Kopi Kartu Tanda Mahasiswa ukuran A4, 3 lbr
7. Kopi SKCK dari Polsek atau Polres setempat
8. Kopi hasil tes kecakapan bahasa asing dari lembaga yang kredibel (mis. LIA/ILP/EF/LBI UI, dll) TOEFL(PBT/CBT/IBT) min. 450/133/45 TOEIC min. 520 IELTS min. 4.0
9. Kopi transkrip nilai terbaru
10. Ijazah terbaru
11. ASLI Surat Ijin Kampus (Minimal Penasihat Akademik)
12. ASLI Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat/pimpinan organisasi yang diikuti yang menyatakan bahwa kamu adalah pemuda/i yang potensial
13. Fotokopi piagam/penghargaan/sertifikat prestasi, atas nama pribadi atau kelompok
14. Bukti (foto/liputan) kegiatan pemberdayaan/pelayanan masyarakat diberbagai bidang, baik yang pernah dilakukan atau sedang berlangsung

Kuota (Masing-masing 1 Peserta):
▪ Pelatihan Kepemudaan Indonesia di Kanada (Pria, 20-24 tahun)
▪ Pertukaran Pemuda Indonesia-Tiongkok (Pria, 20-30 tahun)
▪ Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (Perempuan, 21-25 tahun)
▪ Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Selatan (Perempuan, 18-24 tahun)
▪ Kapal Pemuda ASEAN-Jepang-SSEAYP (Perempuan, 20-30 tahun)

Pendaftaran:
Lengkapi formulir aplikasi. Simpan dengan format : FirstNameLastNameApplication.doc lalu kirimkan ke email: ppan.disordajakarta@gmail.com

Subjek email adalah nama pertama Anda diikuti nama terakhir. Misalnya: RahmatSetiawan

Berikutnya print formulir aplikasi yang telah diisi tersebut lalu ajukan bersama dokumen persyaratan yang diminta di atas. Serahkan ke:

Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta UP: Bid. Kepemudaan/Ita Suryani,
Jl. Jatinegara Timur No.55, Jakarta Timur 13310

Email maupun dokumen aplikasi sudah harus diterima paling lambat 11 Juni 2015. Pertanyaan terkait dapat disampaikan melalui email pcmijakarta@gmail.com atau website PCMI Jakarta.

Pengumuman peserta seleksi dapati dilihat melalui website pada 12 Juni 2015 pukul 17.00. Proses seleksi pada Sabtu-Minggu (13 -14 Juni 2015) di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur. Pengumuman peserta terpilih Minggu, 14 Juni 2015.

Website PCMI:
pcmijatim.org, pcmijabar.org, pcmijogja.com, pcmijateng.wordpress.com, pcmiaceh.com, pcmibali.org, pcmisulsel.org

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter