Beasiswa S2 di Jepang 2024 dari INPEX

INPEX Scholarship Foundation kembali menawarkan beasiswa S2 di Jepang tahun 2024 bagi pelajar Indonesia. Beasiswa disediakan penuh menanggung semua biaya kuliah yang dibutuhkan. Tidak hanya biaya kuliah, Beasiswa INPEX juga meliputi biaya hidup bulanan sebesar 160.000 Yen yang sudah mencakup biaya penginapan, biaya kesehatan, transportasi, akses internet, buku, dll.  Kemudian disediakan tiket pesawat kelas ekonomi pp Jakarta-Tokyo, tunjangan kedatangan 60.000 Yen, asuransi kecelakaan, serta biaya tiket komuter yang ditanggung secara terpisah oleh beasiswa. Sementara, biaya yang perlu ditanggung sendiri seperti pembuatan paspor dan visa ke Jepang.

Beasiswa tersebut diberikan hingga maksimum 2 tahun 8 bulan. Khusus pelamar Indonesia, sebanyak 3 penerima beasiswa S2 di Jepang ini akan diterima melalui Beasiswa INPEX 2024.

Persyaratan:
1. Warga negara Indonesia dan telah menyelesaikan pendidikan Sarjana di salah satu universitas terkemuka di Indonesia pada bidang Natural Science (seperti teknik, pertanian, fisika, biologi, kimia, farmasi, ilmu komputer, dll), serta berusia kurang dari 30 tahun saat mendaftar.
2. Memiliki tujuan belajar serta meneliti program Natural Science pada program master di universitas Jepang, serta diizinkan atau bakal diterima masuk universitas.
3. Memiliki prestasi yang cemerlang (IPK lebih dari 3.0)
4. Mendapat izin dari atasan baik dari institusi, universitas, maupun perusahaan untuk mengikuti beasiswa Inpex.
5. Memiliki kepedulian untuk membina hubungan Indonesia dan Jepang dan siap berkontribusi.
6. Belum pernah mendapat beasiswa serupa di Jepang.

Simak juga » Peluang Beasiswa S2 Terbaru untuk Indonesia

Dokumen aplikasi:
1. Cetak formulir aplikasi yang diisi lengkap dan ditandatangani (Unduh)
2. Pasfoto ukuran 5 cm x 3.5 cm (diambil 6 bulan terakhir). Ditempelkan di formulir aplikasi.
3. Salinan ijazah dan transkrip nilai akademik
4. Surat rekomendasi dari profesor, pimpinan, atau atasan tempat kerja (bagi yang bekerja) yang dialamatkan ke Foundation
5. Letter of Acceptance (Surat konfidensial yang ditujukan kepada Foundation dari profesor pembimbing universitas di Jepang yang ingin dilamar pemohon)
6. Riwayat Pribadi dan Data Pribadi (Curriculum Vitae)
7. Surat keterangan sehat dari dokter yang mengkonfirmasi kemampuan untuk mengikuti program (Dalam bahasa Indonesia bisa diterima)
8. Salinan sertifikat TOEFL iBT/ITP/IELTS atau TOEIC (yang diperoleh setelah Oktober 2021)
9. Salinan sertifikat bahasa Jepang (JLPT), jika ada


Pendaftaran:
Pertama kirimkan formulir aplikasi beasiswa yang telah diisi lengkap ke email: isf-foundation@inpex.co.jp

Selanjutnya lengkapi semua dokumen aplikasi yang dibutuhkan diatas, kemudian antar langsung atau kirim via pos ke alamat:

INPEX Masela, Ltd. Jakarta Office
Sentral Senayan 1 Building 13th Floor,
Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta Puat 10270
Indonesia

Tuliskan “APPLICATION FOR SCHOLARSHIPS” di salah satu sudut atas amplop. Jangan lupa setiap dokumen menggunakan bahasa Inggris atau menyertakan terjemahan resminya.

Aplikasi tersebut sudah harus diterima atau cap pos paling lambat 31 Oktober 2023.
 
Simak juga » Ingin Lolos Beasiswa S2 Luar Negeri, Miliki Buku ini!

Seleksi:
Pertimbangan seleksi berdasarkan kualifikasi pelamar dari formulir aplikasi, prestasi akademik, rencana studi, surat rekomendasi, skor kemampuan berbahasa Inggris, dan dokumen lainnya. Seleksi awal  beasiswa S2 di Jepang ini akan dilakukan awal Januari 2024 berupa wawancara, sementara putusan akhir penerima beasiswa INPEX ditetapkan pada Maret 2024.
 
Kemudian pada April atau Mei 2024, pengajuan lamaran sebagai mahasiswa riset oleh mahasiswa penerima beasiswa, September 2024 kedatangan mahasiswa ke Jepang, Oktober 2024 mulai studi.

Kontak:
INPEX Scholarship Foundation
34th Floor, Akasaka Biz Tower,
Akasaka 5-3-1, Minato-Ku, Tokyo, Japan
[t] 81-3-5572-0602
[w] http://www.inpex-s.com/en/

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter