Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa sesuai Jurusan

Mendapatkan beasiswa sesuai keinginan merupakan impian utama dari pencari beasiswa. Salah satu indikatornya beasiswa tersebut menerima jurusan atau program studi yang diminati. Beasiswa berdasarkan jurusan ini biasanya peminatnya adalah mereka yang memenuhi kriteria tertentu. Persaingan pun terbilang tidak mudah karena spesifikasi pelamar yang hampir sama. Tapi, sebenarnya bukan persaingan itu yang jadi persoalan. Melainkan bagaimana mendapatkan beasiswa yang sesuai jurusan. 

Anda akan menemukan banyak beasiswa yang dimuat di www.beasiswapascasarjana.com bukan berdasarkan jurusan, tapi jenjang gelar yang ditawarkan. Mengapa demikian? Sebenarnya maksudnya untuk lebih memudahkan pencari beasiswa. Beasiswa yang ditawarkan berdasarkan jenjang gelar akan memberi kesempatan lebih banyak kepada pelamar dibanding beasiswa berdasarkan jurusan atau spesifikasi tertentu. 

Langkah berikuti ini akan menjelaskan bagaimana cara mudah mendapatkan beasiswa sesuai jurusan. Sehingga usaha memperoleh beasiswa berdasarkan program studi tersebut bisa lebih efektif. 

Tidak Mengabaikan Beasiswa Universitas 
Beasiswa yang ditawarkan oleh universitas memberi peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa sesuai jurusan. Meskipun memiliki beragam skema, misalnya bekerjasama dengan lembaga tertentu, universitas seringkali juga memiliki beasiswa mandiri yang pendanaan dan pengelolaannya diatur oleh universitas bersangkutan. Nah, beasiswa seperti itu biasanya dibuka umum dan mereka menerima aplikasi pelamar jika mendaftar untuk jenjang gelar yang ditawarkan. 

Sebagai contoh Beasiswa Clarendon, University of Oxford. Beasiswa ini ditawarkan bagi pelamar internasional yang ingin mengambil gelar S2 atau S3 penuh di University of Oxford. Pelamar bisa mendaftar beasiswa selama program studi atau jurusan yang diajukan tersedia di universitas. Untuk mengetahui jurusan yang akan dilamar tersedia, Anda harus masuk ke website universitas, lalu mencarinya. Jika menemukan bahwa program studi tersebut tersedia, maka apply beasiswa bisa dilakukan. 

Contoh lain, Beasiswa University of Adelaide. Universitas di Australia ini memberi kesempatan bagi kandidat internasional yang ingin mengambil gelar S2 / S3 riset di University of Adelaide. Program studi tidak dibatasi selama memang tersedia di University of Adelaide dan merupakan gelar riset. Jadi, jika Anda kesulitan mendapatkan beasiswa sesuai jurusan, maka cobalah melamar beasiswa universitas kemudian lihat apakah ada jurusan yang Anda minati tersedia di kampus tersebut. 

Melamar Beasiswa Pemerintah 
Ini juga cara gampang jika ingin mendapatkan beasiswa sesuai jurusan. Melamar ke beasiswa pemerintah. Selain dikenal banyak menyediakan beasiswa penuh, beasiswa pemerintah juga memberikan peluang mengajukan beasiswa sesuai jurusan. Umumnya, beasiswa pemerintah tidak membatasi jurusan yang harus dilamar oleh peminatnya, tapi mereka menetapkan jenjang gelar dan universitas yang dituju. Hampir setiap negara memiliki beasiswa pemerintah. Ada beasiswa yang ditawarkan khusus bagi warganegaranya saja, ada pula yang menawarkan beasiswa internasional. 

Sebagai contoh beasiswa Fulbright dari Pemerintah AS, Beasiswa Chevening dari Pemerintah Inggris, Beasiswa StuNed dari Pemerintah Belanda, Beasiswa Monbukagakusho dari Pemerintah Jepang, dll. Di dalam negeri misalnya ada Beasiswa LPDP, Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Dikti, dll. 

Nah, beasiswa pemerintah tersebut ada yang menetapkan universitas yang harus dilamar ada pula yang tidak, asalkan mendaftar untuk jenjang gelar yang ditentukan dan memenuhi kriteria. Terkait jurusan biasanya tidak dibatasi selama tersedia di universitas tujuan, kalaupun ditentukan itu berdasarkan kategori umum saja, misalnya sains, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, teknik, dll. Sehingga peluang memperoleh beasiswa untuk jurusan yang diinginkan semakin terbuka. 

Meminta Dukungan Sponsor 
Cara ini bisa Anda tempuh bila masih kesulitan mendaftar beasiswa berdasarkan jurusan yang diminati. Cobalah untuk mencari dukungan sponsor. Bisa siapa saja, misalkan pemerintah daerah tempat tinggal, perusahaan, yayasan, organisasi nirlaba, atau individu yang memiliki jiwa sosial dan kepedulian. Cara ini memang tidak mudah, namun jika mampu meyakinkan dan didukung kemampuan yang memadai, ada saja donatur atau sponsor yang bersedia membantu. Bantuan yang diberikan bisa berbentuk beasiswa atau hibah. Yang jelas, jika berhasil mendapatkan dukungan sponsor tersebut, Anda bisa leluasa melanjutkan studi sesuai jurusan yang diminati. 

Menelusuri Mesin Pencari 
Mengetikkan kata kunci di mesin pencari, seperti Google, Bing, dll bisa sangat membantu dalam menemukan beasiswa yang diinginkan. Cara ini juga bisa sangat jitu dalam mencari beasiswa sesuai jurusan yang diminati. Misalnya dengan mengetikkan kata kunci “beasiswa S2 pendidikan” “beasiswa dokter spesialis”, dll. Kelemahannya, Anda mungkin harus membuka alamat situs satu per satu untuk memastikan beasiswa yang dimaksud tersedia. Tapi, sebagai salah satu rujukan, tips ini salah satu cara yang direkomendasikan. :)
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..