Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2019

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2019 sudah mulai dibuka. Jadwalnya dibagi dalam dua tahap. Yakni jadwal beasiswa LPDP Tahap 1 dan beasiswa LPDP Tahap II untuk studi dalam negeri dan luar negeri. Sedikit berbeda dari jadwal pendaftaran Beasiswa LPDP tahun sebelumnya, di mana beasiswa LPDP 2019 tidak membagi tahapan pendaftaran beasiswa berdasarkan lokasi tujuan studinya. Bagi Anda yang berminat mendaftar atau sudah menunggu pengumuman beasiswa LPDP ini, di bawah ini bisa Anda simak jadwal pendaftaran beasiswa LPDP 2019.

Seperti dimuat di laman LPDP, jadwal pendaftaran dan seleksi beasiswa LPDP 2019 ada dua tahap. Untuk pendaftaran tahap I dibuka mulai 10 Mei - 31 Mei 2019, untuk pendaftaran beasiswa tahap II dibuka mulai 1 Juli - 10 September 2019.

A. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa LPDP 2019:
Tahap I: Dalam Negeri dan Luar Negeri
Beasiswa Reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Alumni Bidikmisi, Beasiswa Prasejahtera Berprestasi, Beasiswa Santri, Beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) tujuan Dalam Negeri dan Luar Negeri, Beasiswa PNS/TNI/POLRI, Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional, Beasiswa Prestasi Seni Internasional
▪ Pembukaan pendaftaran: 10 Mei 2019
▪ Penutupan pendaftaran: 31 Mei 2019
▪ Pelaksanaan seleksi administratif: 1 - 31 Juni 2019
▪ Pengumuman Hasil seleksi administratif: 14 Juni 2019
▪ Seleksi berbasis komputer: 24 Juni - 5 Juli 2019
▪ Pengumuman hasil seleksi berbasis komputer: 12 Juli 2019
▪ Seleksi wawancara I: 17 Juli - 1 Agustus 2019
▪ Pengumuman hasil seleksi wawancara I: 7 Agustus 2019
▪ Seleksi wawancara II: 12 Agustus - 6 September 2019
▪ Pengumuman hasil seleksi wawancara II: 16 September 2019

Tahap II: Dalam Negeri dan Luar Negeri 
Beasiswa Reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Alumni Bidikmisi, Beasiswa Prasejahtera Berprestasi, Beasiswa Santri, Beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) hanya untuk tujuan Luar Negeri, Beasiswa PNS, TNI, POLRI, Beasiswa Olimpiade Internasional, Beasiswa Dokter Spesialis (hanya untuk dalam negeri), Beasiswa Disertasi, Beasiswa Indonesia Timur


▪ Pembukaan pendaftaran: 1 Juli 2019
▪ Penutupan pendaftaran: 10 September 2019
▪ Pelaksanaan seleksi administratif: 11 - 23 September 2019
▪ Pengumuman hasil seleksi administratif: 24 September 2019
▪ Seleksi berbasis komputer: 2 - 18 Oktober 2019
▪ Pengumuman hasil seleksi berbasis komputer: 25 Oktober 2019
▪ Seleksi wawancara: 4 November - 6 Desember 2019
▪ Pengumuman hasil seleksi wawancara: 18 Desember 2019

Simak juga » Pendaftaran Beasiswa LPDP 2019 Program S2, S3, dan Riset

B. Ketentuan yang perlu diperhatikan:
1. Seleksi Beasiswa LPDP tahun 2019 dibuka dalam 2 tahap baik untuk tujuan Dalam Negeri dan Luar Negeri.
2. Pendaftar Beasiswa yang tidak Lulus pada Tahap Adiministrasi atau Seleksi Berbasis Komputer, diperbolehkan mendaftar kembali pada Seleksi Tahap 2 ditahun yang sama pada program yang sama atau berbeda.
3. Pendaftar Beasiswa yang Tidak Lulus pada Tahap Wawancara, tidak diperbolehkan mendaftar lagi pada Seleksi Tahap 2 ditahun yang sama pada semua Program
4. Mulai perkuliahan yang diperbolehkan untuk Seleksi Beasiswa Tahap 1 dengan ketentuan sebagai berikut:
   a. Seleksi Wawancara pada Seleksi Beasiswa Tahap I akan dibagi ke dalam 2 gelombang yaitu Wawancara I dan Wawancara II
   b. Seleksi Wawancara I untuk pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional  pada saat melakukan pendaftaran Online.
   c. Seleksi Wawancara II untuk pendaftar yang tidak melampirkan LoA Unconditional pada saat melakukan pendaftaran Online.
   d. Bagi pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional pada saat melakukan pendaftaran online terdapat ketentuan sebagai berikut:
      i. Seleksi Berbasis Komputer akan dilakukan sesuai pilihan lokasi seleksi saat pendaftaran online,
      ii. Jika dinyatakan lulus Seleksi Berbasis Komputer dan selanjutnya mengikuti tahap wawancara yang akan dipusatkan pada 4 (empat) kota yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung atau Yogyakarta karena peserta tersebut akan mengikuti Wawancara I. Sehingga pendaftar yang pilihan saat pendaftaran online diluar dari 4 lokasi seleksi tersebut, LPDP akan persilahkan menyesuaikan lokasi agar dapat mengikuti Wawancara I.
   e. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional pada saat pendaftaran online dapat memulai perkuliahan paling cepat pada bulan Agustus tahun 2019 untuk Dalam Negeri dan bulan September tahun 2019 untuk Luar Negeri berdasarkan peringkat dan kuota;
   f. Pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional tetapi tidak masuk peringkat dan kuota tahun 2019, maka diharuskan memulai perkuliahan pada tahun 2020.
   g. Pendaftar yang tidak melampirkan LoA Unconditional saat melakukan pendaftaran secara online mulai perkuliahan tahun 2020.
5. Seleksi Beasiswa Tahap 2 diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat pada bulan Januari tahun 2020.
6. Bagi pendaftar yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi wawancara kecuali karena sakit yang menyebabkan calon penerima beasiswa tidak dapat melanjutkan studi dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter/rumah sakit yang mencantumkan rekomendasi untuk tidak melanjutkan studi maka akan dilakukan pemblokiran untuk mengikuti program LPDP di masa mendatang.

C. Daftar Lokasi Seleksi Berbasis Komputer dan Seleksi Substansi (Reguler, Afirmasi, dan Targeted Group)
1. Aceh
2. Ambon
3. Bandung
4. Banjarmasin
5. Jakarta
6. Jayapura
7. Kupang
8. Makassar
9. Medan
10. Padang
11. Pekanbaru
12. Pontianak
13. Manokwari
14. Surabaya
15. Ternate
16. Yogyakarta
17. Denpasar
18. Manado

Persyaratan dan cara pendaftaran BPI Program Magister dan Doktoral serta Beasiswa Afirmasi bisa dilihat pada uraian sebelumnya. 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter