Beasiswa Kuliah S1 di Universitas Jepang 2024

Tiap tahun ada beragam pilihan beasiswa kuliah S1 di Jepang yang terbuka bagi pelajar Indonesia. Mulai dari beasiswa Pemerintah Jepang, beasiswa universitas, hingga beasiswa dari perusahaan maupun yayasan non profit. Baru-baru ini Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia kembali dibuka. Beasiswa yang memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS di Tanah Air untuk mengambil gelar sarjana di universitas-universitas Jepang. Beasiswa yang didanai Mitsui & Co. Ltd ini menyediakan beasiswa penuh bagi pelamar terpilih. 

Beasiswa kuliah S1 untuk studi di universitas Jepang berlangsung selama lima tahun enam bulan (5 ½ tahun) terhitung mulai Oktober 2024 hingga Maret 2030. Rinciannya 1,5 tahun (18 bulan) dipergunakan untuk kursus bahasa Jepang, dan 4 tahun (48 bulan) untuk kuliah S1 di universitas Jepang. 

Penerima beasiswa Mitsui-Bussan ini nantinya akan memperoleh tanggungan penuh biaya studi, di antaranya tunjangan hidup bulanan sebesar 145.000 Yen (Rp 15 juta), biaya transportasi untuk tiket pesawat pp Jakarta-Jepang dan sebaliknya, tunjangan kedatangan sebesar 50.000 Yen, biaya kuliah dan kursus bahasa di Jepang, tempat tinggal, makan, transportasi lokal, serta biaya lain yang diperlukan. Tak kalah menarik juga disediakan berbagai jenis asuransi, di antaranya asuransi perjalanan dan asuransi kecelakaan.
Bidang studi: 
1. Studi tentang sains dan teknik (4 tahun kuliah), seperti: 
▪ Mathematics, Physics, Chemistry, Information & Computer Science, Biology, Biophysics & Biochemistry, Geology, etc. 
▪ Civil Engineering, Architecture, Urban Engineering, Environmental Engineering, etc. Mechanical Engineering, Precision Engineering, etc. 
▪ Ship Building & Ocean Engineering, Aeronautics, etc. 
▪ Electrical Engineering, Electronics, Information & Communication Engineering, etc.
▪ Metallurgy, Materials Science, etc. 
▪ Applied Chemistry, Chemical Engineering, etc. 
▪ Industrial Engineering, Factory & Production Management, Plant Management, etc.
▪ Agricultural Engineering, Forest & Fishery Science, Agricultural Chemistry, Agro biology, Food Engineering, etc.

*Pengecualian untuk ilmu kedokteran, farmasi, dan kedokteran hewan 

2. Studi tentang ilmu sosial, bisnis, dan niaga (4 tahun kuliah), seperti:
▪ Civil Law, Public Law, Political Science, etc. 
▪ Economic Theory, Economic History, Economic Policy, etc. 
▪ Enterprise Management, Accounting, Commerce & Marketing, Finance, Insurance, Industrial Relations, Econometrics, International Economics, etc. 

Persyaratan: 
1. Pelamar merupakan warganegara Indonesia 
2. Pelamar berusia kurang dari 20 tahun pada 1 April 2024 serta belum menikah. Kandidat terpilih harus mempertahankan status lajang tersebut selama periode beasiswa. 
3. Pelamar telah lulus SMA jurusan IPA atau IPS dengan nilai paling rendah 80 atau lebih dari dua semester berturut-turut, yaitu nilai semester 2 pada tahun ke-2 dan nilai semester 1 pada tahun ke-3. Tapi jika tidak ada, nilai semester 1 tahun ke-2 dan semester 2 pada tahun ke-2. Pada bidang studi berikut: 
   › Jurusan IPA: Matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris 
   › Jurusan IPS: Matematika, Ekonomi, Geografi, dan Bahasa Inggris. 
4. Pelamar berkeinginan belajar bahasa Jepang dan menerima pendidikan di universitas Jepang dalam bahasa Jepang 
5. Sehat jasmani dan rohani, serta tidak mengidap penyakit
Pendaftaran: 
Ada dua tahapan pengajuan beasiswa S1 Jepang Mitsui-Bussan 2024. Pertama, pelamar diminta terlebih dahulu mendaftar secara online di www.mbkscholarship-id.com. Isi kolom yang diminta untuk memulai pendaftaran online tersebut. Selanjutnya cek email Anda untuk konfirmasinya. Setelah aktif login lagi ke website tersebut untuk melengkapi formulir aplikasi online yang disediakan. Kemudian cetak formulir yang telah dilengkapi tersebut.

Setelah melengkapi formulir aplikasi online, selanjutnya siapkan dokumen berikut untuk diunggah melalui akun yang telah dibuat melalui website Mitsui-Bussan di atas: 
1. Fotokopi formulir aplikasi setelah mengisi data yang diperlukan di situs web yang memperlihatkan nomor pendaftaran pemohon (1 lembar) 
2. Pas foto ukuran 4x3 cm yang diambil dalam 6 bulan terakhir (2 lembar) 
3. Nilai semester (dilegalisir) mulai dari tahun pertama, kedua, dan ketiga di SMA (1 lembar)
    ▪ Jika nilai semester 2 pada tahun ketiga masih belum keluar, ajukan hingga nilai semester 1 tahun ketiga SMA 
4. Surat rekomendasi dari kepala sekolah di SMA (dalam bahasa Inggris) (1 lembar) 

Simak juga » Daftar Beasiswa Kuliah S1, S2, S3 Terbaru

Pengajuan aplikasi dibuka mulai 15 Januari 2024 hingga paling lambat 16 Februari 2024. Pelamar yang lolos seleksi berkas nantinya akan diberitahu melalui email untuk mengikuti beberapa tahap seleksi berikutnya. Seleksi pertama adalah ujian tertulis (Matematika dan Bahasa Inggris) yang digelar online pada 21 April 2024.

Pelamar yang lolos tahap seleksi pertama harus mengirimkan dokumen tambahan berikut, di mana alamat dan batas akhir pengirimannya akan diberitahukan kemudian oleh pihak penyelenggara program. Dokumen tersebut di antaranya:

▪ 1 lembar copy ijazah SMA beserta copy Nilai Ujian Akhir Nasional
▪ 1 lembar copy KTP atau Kartu Pelajar (jika belum memiliki KTP)
▪ 1 lembar surat persetujuan dari orangtua atau wali (dalam bahasa Inggris)
▪ 1 lembar copy sertifikat TOEFL, TOEIC, IELTS, JLPT atau certifikat lainnya yang dikeluarkan oleh institusi bahasa yang diakui internasional (jika ada)
▪ 1 lembar copy sertifikat penghargaan atau pujian yang dikeluarkan oleh organisasi internasional (jika ada)
▪ Esai dalam bahasa Inggris (detailnya akan diinformasikan secara terpisah kepada pelamar yang memenuhi syarat.)
 
Pada seleksi tahap kedua, pelamar juga akan mengikuti tes bakat dan pemeriksaan kesehatan. Tes bakat digelar secara online pada 7 Mei 2024. Sementara, pemeriksaan kesehatan pada 20 Mei 2024 di rumah sakit yang telah ditunjuk.
 
Peserta yang lolos tahap kedua akan mengikuti seleksi tahap ketiga yaitu wawancara bersama pimpinan komite program di PT Mitsui Indonesia Office pada 11 Juni 2024. Mereka yang lolos pada tahap ini nantinya akan dinyatakan sebagai penerima beasiswa.
 
Informasi lebih lanjut bisa disimak melalui website Mitsui-Bussan yang tertera di atas atau dapat juga menghubungi panitia penyelenggara. Selamat mencoba!
 
Kontak:
MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP PROGRAM FOR INDONESIA
PERSADA : c/o Kampus Universitas Darma Persada (UNSADA)
Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca), Pondok Kelapa,
Jakarta Timur 13450 , Indonesia
Telephone: (021) 8647373
Facsimile: (021) 86900241
http://www.sadanet.or.id/

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter