Program Pertukaran Bilateral Ristekdikti 2017

Peluang program ini ditujukan bagi fungsional SDM Iptek Indonesia yang bekerja secara penuh (bukan paruh waktu) pada perguruan tinggi atau lembaga Litbang. Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dalam hal ini diwakili Direktorat Kualifikasi SDM mengadakan program JSPS-DG-RSTHE Joint Research Projects.

Program kerjasama ilmiah bilateral ini bertujuan untuk memberikan dukungan terhadap kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan secara bersama-sama antara SDM Iptek Indonesia dan counterpart-nya di Jepang.

Sebanyak 3 proposal akan didanai melalui Joint Research Projects ini. Bidang sasaran meliputi Humaniora, Ilmu Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Kegiatan penelitian bersama ini akan berlangsung selama tiga tahun di institusi counterpart, Japan Society for the Promotion of Science (JSPS), Jepang atau di Indonesia.

Bantuan dana dari JSPS dan Ristekdikti bagi peserta mencakup biaya perjalanan ke luar negeri, biaya hidup dan biaya perjalanan domestik di Jepang atau di Indonesia. Jumlah Dana yang disediakan maksimum 2,5 juta yen/tahun ( dari pihak Jepang) dan maksimum 45 juta rupiah/tahun (dana pendamping dari pihak Indonesia).

Kegiatan dimulai dari 1 April 20… (tahun berikutnya dari proses penerimaan dan seleksi usulan) dan akan berakhir pada 31 Maret 20…. (3 tahun kemudian).

Persyaratan umum:
1. Usulan kegiatan harus mempunyai nilai ilmiah yang tinggi dalam bidang/area yang terus berkembang sehingga berpotensi untuk dihasilkannya terobosan baru dalam konsep, pengetahuan atau metodologi dalam bidang/area tersebut.
2. Usulan kegiatan harus menjelaskan secara utuh mengapa penelitian dan pertukaran ilmuwan penting untuk dilakukan secara bersama-sama antara pendidik/peneliti Jepang dan Indonesia. (Usulan penelitian harus menjelaskan perlunya (necessity) dan pentingya (significance) pelaksanaan kegiatan bersama-sama dengan ilmuwan/pakar /pendidik dari Jepang.
3. Usulan kegiatan juga harus melibatkan pendidik muda dalam setiap kegiatan-kegiatannya (sebagai anggota Tim Kegiatan) sehingga dapat meningkatkan kompetensi pendidik muda dalam meneliti dan membangun jejaring international.
4. Usulan kegiatan yang berkontribusi besar pada kehidupan masyarakat termasuk di dalamnya pelestarian dan pengembangan budaya, perbaikan kualitas hidup masyarakat dan penyelesaian terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat modern akan mendapat perhatian khusus.

Simak juga » Beasiswa S3 di University of Canterbury, NZ

Pendaftaran:
Direktorat Kualifikasi SDM akan menerima usulan yang telah disetujui/diketahui pimpinan LPNK Ristekdikti, Lembaga Litbang Kementerian, Lembaga Litbang Pemerintah Daerah, universitas/institusi masing-masing dan dikirimkan oleh para pelamar ke Direktorat Kualifikasi SDM, utamanya melalui sistem elektronik (e-mail attachments).

Batas akhir penerimaan usulan di Direktorat Kualifikasi SDM untuk setiap tahunnya sekitar pertengahan September. (Catatan: batas akhir di masing-masing institusi bervariasi tergantung institusi masing-masing).

Pada pertengahan Oktober tiap-tiap tahun JSPS dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan bertukar daftar usulan Joint Research Projects yang masuk ke masing-masing institusi. Hanya usulan yang mempunyai patner di kedua belah pihak yang akan diteruskan ke evaluasi substansi. Lihat panduan program.

Pada bulan Desember hasil evaluasi secara independen dari kedua belah pihak akan dipertukarkan dan selanjutnya pada bulan Januari tahun berikutnya akan dilakukan diskusi untuk menentukan proposal mana yang akan didanai berdasarkan hasil dari seleksi di masing-masing institusi.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan menyampaikan hasil seleksi akhir proposal kepada institusi pengusul pada akhir Februari sedangkan kegiatan Joint Research Projects mulai dilaksanakan tanggal 1 April sesuai dengan tahun fiscal di Jepang.

Kontak:
Direktorat Kualifikasi SDM
Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung DIKTI lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman,
Pintu I Senayan, Jakarta 10270
Telp. (021) 57946100 (Hunting) Fax. (021) 57946052

Contact persons: Citra Amitiurna/Victoriana Suhartini
Email: citraami@yahoo.com

Keterangan lebih lanjut mengenai periode penerimaan proposal pada pihak JSPS dan dokumen apa saja yang harus dikirimkan ke JSPS, Pendidik/peneliti Jepang diminta menghubungi alamat berikut:

Asian Program Division, lnternational Program Department
Japan Society for the Promotion of Science
6 lchiban-cho, Chiyoda-ku, Tokyo 102-8471
Tel : +81-(0)3-3263-2367

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter