Beasiswa Studi Singkat Bidang Pertanian di Australia

Australia Awards tidak saja menawarkan beasiswa studi jenjang S2 dan S3 bagi Indonesia, salah satu program beasiswa menarik lainnya adalah beasiswa studi singkat di bidang pertanian. Beasiswa ini berdurasi 4 minggu di Australia. Dimulai 6 Februari – 3 Maret 2017. Sebelum keberangkatan peserta akan mengikuti workshop selama 3 hari.

Nantinya para peserta akan mengikuti studi singkat bidang pertanian yang menyangkut produktivitas, jejaring (network), serta globalisasi untuk pertanian lahan kering di Australia.

Ada 25 peserta yang akan diterima melalui beasiswa singat Australia Awards kali ini. Kriteria peserta adalah berasal dari empat area fokus geografis Australia Awards, yakni Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, Maluku, dan Maluku Utara.

Studi ini bertujuan untuk meningkatkan penciptaan lingkungan yang mendukung dan manajemen bagi pertanian lahan kering yang berkelanjutan di ketujuh provinsi sasaran tersebut.

Beasiswa studi singkat dari Australia Awards menggunakan serangkaian pembelajaran, di antaranya sesi kelas, studi kasus, kunjungan lapangan ke departemen-departemen pemerintah Australia, organisasi pertanian, pusat penelitian, lahan pertanian, dan sektor swasta. Selain itu diberikan diskusi dan sesi perencanaan, simulasi dan bermain peran, acara-acara networking, dan model proyek studi singkat yang digunakan untuk semua studi singkat Australia Awards.

Persyaratan:
1. Peserta dari institusi pemerintah merupakan perwakilan senior (minimal eselon III) dari institusi-institusi pertanian pemerintah lokal (misalnya Bappeda, Dinas Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, dan Balai Benih Hortikultura.
2. Peserta dari institusi swasta atau LSM merupakan manajer yang mempunyai minimal 3 tahun pengalaman profesional pada tingkat manajemen dalam sebuah BUMN atau perusahaan swasta yang bergera di bidang pertanian lahan kering
3. Mnimimal ijazah D3 atau S1 di bidang yang relevan
4. Pelamar mendapatkan izin dan rekomendasi dari supervisor
5. Komitmen untuk menyiapkan dan mengimplementasikan sebuah proyek pengembangan sebagai bagian dari studi
6. Komitmen untuk terlibat aktif dan menjalin jejaring dengan berbagai pemangku kepentingan
7. Komitmen untuk menyebarkan pembelajaran dari studi ini kepada rekan kerja, sejawat, dan pengaku kepentingan di provinsi (misalnya petani, perusahaan, pemerintahan)
8. Mempunyai KTP dari salah satu dari tujuh provinsi yang disasar
9. Mempunyai kemampuan bahasa Inggris dasar (bukti belajar/kursus bahasa Inggris, dan/atau partisipasi dalam forum/seminar/pelatihan di luar negeri sebaiknya dilampirkan bila ada.
10. Wanita dan penyandang disabilitas sangat dianjurkan untuk mengajukan aplikasi

Simak juga » Peluang Beasiswa Terbaru S1, S2, dan S3 di Australia

Dokumen aplikasi:
1. Fotokopy KTP atau paspor halaman biodata
2. Daftar riwayat hidup (CV)
3. Ijazah terakhir
4. Surat persetujuan/izin dari atasan
5. Sertifikat TOEFL atau IELTS atau pelatihan bahasa Inggris (jika ada)

Pendaftaran:
Permohonan diajukan secara online melalui laman Australia Awards. Buat akun terlebih dahulu dan scan dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas sebelum mengirimkan aplikasi.

Aplikasi dari pelamar sudah harus diterima paling lambat 30 Oktober 2016 oleh Australia Awards Indonesia.

Kontak:
Telepon: (021) 527 7648
Email: shorttermawards@australiaawardsindonesia.org
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..