Beasiswa S1 Glow & Lovely Bintang Beasiswa buat Lulusan SMA/MA/SMK di PTN

Bagi Anda yang belum kenal Glow & Lovely Bintang Beasiswa, mungkin penjelasan ini bisa membantu sebelum memutuskan untuk mendaftar. Program Glow & Lovely Bintang Beasiswa adalah beasiswa S1 yang ditujukan bagi siswi kelas 12 atau lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat di tanah air untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dalam negeri pada 2023. Beasiswa ini spesial karena hanya ditujukan bagi kaum perempuan. Jadi, bila Anda adalah perempuan tamatan SMA/SMK atau MA atau siswi kelas 12, kesempatan ini sayang untuk dilewatkan.

Glow & Lovely Bintang Beasiswa menawarkan bantuan biaya pendidikan tunai sebesar Rp 17.500.000 dengan rincian Tahun 1: Rp 10.000.000, Tahun 2: Rp 2.500.000, Tahun 3: Rp 2.500.000, dan  Tahun 4: Rp 2.500.000.  Beasiswa disalurkan kepada penerima setiap awal semester ganjil selama 4 tahun. Selain dukungan biaya pendidikan, kandidat penerima beasiswa juga memperoleh laptop serta pendampingan (capacity building) setiap tahunnya untuk 4 tahun perkuliahan. Materi pendampingan disesuaikan dengan kurikulum dari Hoshizora Foundation.

Tawaran Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2023 ditawarkan Hoshizora Foundation bersama Glow & Lovely. Hoshizora Foundation sendiri merupakan organisasi non profit prrofesional yang berbasis di Yogyakarta yang bergerak di bidang pendidikan.

Tahun ini, sebanyak 75 kandidat akan dipilih sebagai penerima beasiswa dari Glow & Lovely Bintang Beasiswa. Sasarannya adalah perempuan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang memenuhi kriteria masuk PTN berakreditasi A atau B tahun 2023 serta memiliki gagasan untuk berkontribusi di masyarakat, berprestasi, dan memiliki motivasi tinggi namun memiliki keterbatasan secara finansial.

Simak juga » Beasiswa S1 untuk Mahasiswa S1 dan Lulusan SMA/MA/Sederajat

Persyaratan:
1. Siswi kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dan atau yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir yang dapat mendaftar seleksi masuk PTN/PN/PTAIN tahun 2023.
2. Siswi yang mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Politeknik Negeri (PN)/Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) melalui jalur :
    a. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)/Seleksi Prestasi/sederajat.
    b. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)/sederajat.
3. Memiliki kriteria sebagai berikut:
    a. Memiliki potensi akademik dibuktikan dengan scan raport atau scan ijazah & Surat Keterangan Kelulusan bagi yang sudah lulus sekolah dan piagam prestasi lomba (jika ada).
    b. Memiliki rencana studi di PTN yang diinginkan dan gagasan untuk berkontribusi kepada masyarakat.
    c. Berkomitmen untuk menyelesaikan studi dengan tepat waktu.

Simak juga » Pilihan Beasiswa S1 Terbaru 2023 - 2024

Mekanisme pendaftaran:
1. Sosialisasi online dilakukan mulai bulan Februari 2023 di seluruh Indonesia. Calon peserta mendaftarkan diri dengan mekanisme simple sign up di laman web www.kelasberbagicerah.com paling lambat 30 April 2023
2. Setelah peserta mendaftarkan diri melalui simple sign up, peserta akan menerima email dari Glow and Lovely Bintang Beasiswa yang dikelola oleh Hoshizora Foundation tentang tahapan penyelesaian pendaftaran dan mengunggah dokumen yang harus dilakukan peserta.
3. Tim Hoshizora Foundation akan menyeleksi berkas pendaftar dan mengumumkan hasil seleksi berkas pada bulan Mei-Juni 2023.*
4. Calon peserta yang lolos seleksi berkas akan melanjutkan ke tahap seleksi interview secara online selama bulan Juni-Juli 2023.*
5. Peserta yang lolos seleksi interview akan melanjutkan ke tahap home-visit secara online selama bulan Juli-Agustus 2023.*
6. Proses seleksi diselenggarakan oleh tim Hoshizora Foundation menggunakan media online seperti telepon dan video call
7. Pengumuman akhir peserta Glow & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan di bulan Agustus 2023 dan inaugurasi dilaksanakan pada pertengahan September 2023.*
8. Setiap peserta yang dinyatakan lolos di setiap tahap seleksi akan menerima konfirmasi melalui SMS/Email/WhatsApp dari Hoshizora Foundation. Bagi yang tidak menerima konfirmasi tersebut, dinyatakan tidak lolos seleksi.
9. Peserta yang tidak lolos seleksi masuk PTN lewat jalur apapun, secara otomatis gugur.
10. Timeline dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila terdapat perubahan akan diinformasikan lebih lanjut.
11. Komunikasi resmi terkait seleksi Glow & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan melalui galbeasiswa@hoshizora.org dan 0821 3439 5655 (Milah).
*dapat berubah sesuai dengan kondisi.

Simak juga » Beasiswa Taiwan MOE 2023 - 2024 (S1, S2, S3)

Seleksi berkas: 
1. Calon peserta melakukan simple sign up registration di laman www.kelasberbagicerah.com. Setelah mengisi simple sign up, setiap peserta akan mendapat email terkait langkah selanjutnya yaitu mengunggah kelengkapan berkas.
2. Persyaratan yang wajib dilakukan dalam kelengkapan berkas adalah:
    a. Alamat email yang terverifikasi
       Pastikan email yang digunakan untuk registrasi adalah email yang terverifikasi. Direkomendasikan untuk menggunakan akun Gmail. Dan setiap pendaftar hanya diperbolehkan menggunakan satu akun.
    b. Kontak pribadi yang bisa dihubungi.
    Pastikan untuk mengisi nomor handphone yang tetap dan bisa dihubungi, siapkan juga nomor Whatsapp yang bisa dihubungi.
    c. Scan berkas yang diperlukan. File yang akan diupload dengan format “pdf” dan berukuran maksimal 1 MB. Semua file yang akan diupload menggunakan berkas terbaru. Berkas yang di scan adalah :
        1). Pas foto terbaru ukuran 3x4 (latar belakang foto berwarna bebas)
        2). Salah satu dari:
            a) Surat keterangan penghasilan/slip gaji orang tua dari instansi tempat bekerja, atau
            b) Surat keterangan penghasilan dari Kelurahan atau Balai Desa dengan menuliskan nominal rata-rata penghasilan dalam satu bulan. Saat menuliskan pekerjaan orang tua, jika pekerjaan wiraswasta, ditulis secara detail bidang pekerjaannya, misal pedagang buah,dll
        3). Jika memiliki, lampirkan salah satu dari berikut:
            a) Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau
            b) Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau
            c) Bukti Program Indonesia Pintar (PIP), atau
            d) Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau sejenis, atau
            e) Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan atau Desa.
        4) Kartu Keluarga (KK).
        5) Salah satu dari:
           a) Rekening listrik terbaru (meteran lama)/ struk pembelian token listrik yang tertera nominal pembelian dan kwh-nya (meteran baru), atau
           b) Surat keterangan penggunaan listrik per bulan bagi yang tidak memiliki rekening listrik. (ditulis nominalnya), atau
           c) Bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali.
        6) Scan Nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5.
        7) Jika memiliki, lampirkan scan Piagam prestasi baik akademik maupun non-akademik selama 3 tahun terakhir
    d. Persiapkan Esai Motivasi dengan maksimal 300 kata pada setiap pertanyaan. Pertanyaan esai sebagai berikut:
        1) Ceritakan mengenai profesi yang adik impikan setelah lulus dari universitas dan ceritakan mengapa adik memilih profesi tersebut?
        2) Selama 3 tahun di SMA, ceritakan apa saja kegiatan yang sudah adik lakukan baik di sekolah maupun di dalam kegiatan sehari-hari untuk mencapai profesi yang adik impikan!
        3) Untuk mencapai profesi yang adik impikan, ceritakan rencana adik nanti saat mulai kuliah hingga lulus, serta ceritakan bagaimana adik akan menerapkan ilmu yang nantinya didapatkan di dunia perkuliahan!
3. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran online
4. Dengan mengisi formulir pendaftaran online maka calon peserta:
    a. Menyatakan bahwa data yang dikirim adalah benar. Jika di kemudian hari terdapat kesalahan maka akan bersedia mempertanggungjawabkannya.
    b. Mengizinkan pihak Hoshizora Foundation dan Unilever untuk menggunakan data yang telah diunggah.
5. Setiap peserta yang dinyatakan lulus di setiap tahap seleksi akan menerima konfirmasi melalui SMS/Email/WhatsApp dari Hoshizora Foundation. Bagi yang tidak menerima konfirmasi tersebut, dinyatakan tidak lolos seleksi.

Simak juga » Jadwal Pendaftaran Beasiswa Terbaru S1, S2, S3

Seleksi wawancara dan home visit:
Interview online:
1.  Calon peserta beasiswa yang telah lulus tahap seleksi berkas akan mendapat undangan interview di waktu yang telah ditentukan.
2.  Calon peserta beasiswa harus menunjukan identitas diri dan wajib menunjukkan bukti jika peserta sudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Jika masih menunggu pengumuman, peserta harus menunjukan bukti bahwa peserta telah mendaftar PTN
3.  Interview terhadap calon peserta beasiswa akan dilakukan tim Hoshizora Foundation menggunakan guideline yang telah ditentukan.
4.  Interview dilakukan dengan media online seperti telepon atau video call.

Home-visit online:
1.  Calon peserta beasiswa yang telah lolos seleksi interview akan berlanjut ke dalam tahap seleksi home-visit online.
2.  Home-visit akan dilaksanakan sesuai dengan guideline yang telah ditentukan untuk menjamin obyektifitas dalam seleksi.
3.  Home-visit online dilakukan dengan media online seperti telepon atau video call
4.  Pelaksanaan home-visit akan turut melibatkan orang tua atau wali pendaftaran

Hasil seleksi akhir diumumkan selambat minggu kedua Agustus 2023.  Inaugurasi dan sesi orientasi diadakan di bulan September 2023 dengan waktu yang ditentukan oleh Hoshizora Foundation.*
 
Kontak: 
[wa] 0821-3439-5655
[e] galbeasiswa@hoshizora.org
[w] https://www.kelasberbagicerah.com

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter