Beasiswa PhD, Posdoc, dan Riset di Swiss

Baru-baru ini, Pemerintah Swiss membuka peluang beasiswa pascasarjana buat sejumlah negara. Mahasiswa Indonesia salah satu yang diberi kesempatan mengikuti beasiswa tersebut. Yang berminat, tahun ini disediakan beasiswa untuk jenjang studi S3 (PhD), postdoktoral, maupun riset. Pendaftaran online dibuka hingga 10 Desember untuk tahun akademik terbaru.

Pemerintah Swiss melalui Federal Comission for Scholarships for Foreign Students (FCS) memberi kebebasan bagi kandidat untuk memilih studi di 10 universitas Swiss, dua institut teknologi, pusat penelitian, maupun universitas-universitas ilmu terapan yang ada di negara tersebut.

Universitas umum:
University of Basel, University of Bern, University of Fribourg, University of Geneva, University of Lausanne, University of Lucerne, University of Neuchâtel, University of St.Gallen, University of Zurich, dan University of Lugano.

Institut teknologi:
Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL)
Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETHZ)

Lembaga penelitian:
Graduate Institute of International and Development Studies (IHEID)
Swiss Graduate School of Public Administration (IDHEAP)
Institut universitaire Kurt Bösch

Universitas ilmu terapan (hanya untuk postdoktoral dan riset): 
University of Applied Sciences Western Switzerland, Bern University of Applied Sciences, University of Applied Sciences Northwest Switzerland, University of applied Sciences Eastern Switzerland, Lucerne University of Applied Sciences and Arts, University of Applied Sciences and Arts of Southern Switzerland, The Zürcher Fachhochschule.

Beasiswa PhD maksimum diberikan tiga tahun, beasiswa postdoktoral 12 bulan (dapat diperbaruhi maksimum enam bulan), dan beasiswa riset 12 bulan (tidak dapat diperbarui). Keuntungan beasiswa, di antaranya tunjangan bulanan 1.920 Swiss Franch, tanggungan biaya kuliah, asuransi kesehatan, lump sum untuk tarif penerbangan, tunjangan khusus 300 Swiss Franch dibayar sekali di awal beasiswa, kartu transportasi umum untuk tarif satu setengah tahun, bimbingan dan kegiatan perjalanan, makan malam, dan sejumlah tur wisata.

Kriteria dan Persyaratan (PhD):
1. Bergelar master atau setara yang diakui universitas Swiss
2. Usia saat mendaftar tidak lebih dari 35 tahun
3. Pelamar yang telah menetap di Swiss lebih dari satu tahun tidak memenuhi syarat
4. Adanya surat (e-mail) dari seorang profesor dari institusi di Swiss yang menyatakan kesediaannya untuk memberikan supervisi. Dalam kasus di mana PhD dijalankan dalam sebuah sekolah doktor terstruktur, pelamar harus memberikan surat penerimaan atau bukti bahwa Anda sedang
dipertimbangkan untuk masuk.
5. Pelamar harus memiliki proposal penelitian termasuk kerangka waktu (ini adalah
bagian utama dari aplikasi).
6. Pelamar memiliki keterampilan bahasa yang diperlukan untuk studi PhD
7. Pelamar yang telah mendapat beasiswa Pemerintah Swiss tidak berhak lagi mengajukan permohonan beasiswa kedua.

Simak juga » Daftar Beasiswa S3 Terbaru untuk Indonesia

Dokumen aplikasi: 
1. Formulir aplikasi FCS (diketik dan dicetak)
2. Salinan ijazah beserta nilai (S1 dan S2) yang telah dilegalisir (Harus diterjemahkan jika aslinya tidak dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, atau Italia)
3. Dua (2) surat rekomendansi dari profesor di bidang pemohon. (Menggunakan formulir FCS)
4. Proposal penelitian lengkap (maksimal 5 halaman). (Menggunakan formulir FCS)
5. Letter of motivation (maksimal 2 halaman)
6. Curriculum vitae beserta daftar publikasi akademik
7. Salinan konfirmasi surat atau email dari seorang profesor dari perguruan tinggi di Swiss yang menyatakan kesediaannya untuk memberikan supervisi. Termasuk CV singkat dari supervisor akademik tersebut.
8. Dalam kasus di mana PhD dijalankan dalam sebuah sekolah doktor terstruktur, pelamar harus memberikan admission letter atau bukti bahwa Anda sedang dipertimbangkan untuk masuk universitas.
9. Surat keterangan sehat (menggunakan formulir FCS)
10. Dua copy paspor

Pendaftaran:

Formulir aplikasi lengkap bisa diperoleh di Kedutaan Besar Swiss di Jakarta atau minta melalui email dengan menghubungi: jak.vertretung@eda.admin.ch
 
Aplikasi dibuat rangkap 3 (tiga) dan dikirim ke:
Swiss Embassy in Jakarta
Jl.H.R. Rasuna Said Kav X3/2, 12950 Jakarta



Buat Anda yang ingin mengajukan beasiswa postdoktoral dan riset dapat mengunduh persyaratan dan dokumen yang diperlukan di laman Pemerintah Swiss. Lihat penjelasan terbaru di sini: Beasiswa Pemerintah Swiss.

Pendaftaran online dibuka hingga 10 Desember. Kandidat yang lulus berkas akan mengikuti seleksi wawancara yang digelar Kedutaan Besar Swiss. Beasiswa akan dimulai 1 September.

Informasi tambahan bisa menghubungi telp. +62215256061 dan mengunjungi www.eda.admin.ch/jakarta. Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter