Beasiswa Bill and Melinda Gates di University of Cambridge (S2, S3) – UK

Peluang beasiswa di Inggris makin ramai. Kesempatan untuk mengajukan aplikasi lebih banyak. Selain beasiswa University of Oxford yang dibuka baru-baru ini, juga sedang dibuka beasiswa University of Cambridge, UK. Tawaran beasiswa di universitas top dunia ini disediakan oleh Bill and Melinda Gates Foundation melalui skema Gates Cambridge Scholarship. Beasiswa internasional untuk studi master dan doktor di University of Cambridge.

Didirikan pada 2000, beasiswa Gates Cambridge menerima sekitar 90 kandidat terbaik setiap tahunnya. Jangan lewatkan jika Anda berminat. Sebab, beasiswa ini menangguh penuh biaya studi dan salah satu beasiswa yang banyak diperebutkan. Pelamar akan bersaing dengan kandidat-kandidat dari berbagai belahan negara.

Selain menanggung biaya kuliah penuh, Gates Cambridge Scholarship (www.gatescambridge.org ) juga memberikan tunjangan hidup. Di 2019 - 2020 nilainya sekurangnya 17.500 poundsterling per tahun dan kemungkinan bertambah. Kemudian disediakan tiket pesawat ke Inggris dan kembali ke tanah air setelah selesai studi. Serta biaya visa masuk dan biaya tambahan terkait dengan NHS

Menariknya, ada komponen biaya lain yang disediakan berdasarkan pertimbangan aplikasi yang diterima, di antaranya tunjangan keluarga, dana pengembangan akademik misalnya untuk menghadiri seminar, tunjangan kerja lapangan, biaya kesulitan yang tak terduga, dan beberapa biaya lain.

Persyaratan:
1. Bukan warganegara Inggris (kesempatan buat warganegara Indonesia)
2. Mendaftar salah satu program kuliah full-time di University of Cambridge, seperti gelar PhD (tiga tahun penelitian), MSc atau MLitt (dua tahun penelitian), atau program pascasarjana satu tahun (misalnya MPhil, LLM, MBA, dll)
3. Atau telah menjadi mahasiswa di University of Cambridge dan ingin mengajukan kuliah pascasarjana yang baru di kampus yang sama. Misalnya, Anda kuliah S2 mengambil gelar MPhil kemudian ingin mengajukan beasiswa Gates Cambridge untuk mengambil gelar PhD
4. Atau sudah menjadi penerima beasiswa Gates Cambridge dan ingin mengajukan beasiswa untuk kedua kalinya melalui pemeringkatan di fakultas, shortlisting, maupun wawancara.

Simak juga » Beasiswa Full S2, S3 di University of Oxford

Kriteria pelamar:
1. Memiliki prestasi akademik
2. Memiliki potensi kepemimpinan
3. Memiliki komitmen meningkatkan kehidupan orang lain
4. Memiliki kecocokan akademik dengan Cambridge

Pendaftaran: 
Pelamar dapat mengajukan beasiswa di University of Cambridge dengan menggunakan paket aplikasi tunggal. Maksudnya tidak ada aplikasi terpisah antara pendaftaran ke universitas atau beasiswa. Setelah menentukan progam studi yang diminati, Anda bisa langsung mendaftar melalui Graduate Admission Office secara online serta melengkapi formulir dan dokumen pendukung yang dibutuhkan.

Setelah mendaftar secara online, pelamar akan disediakan formulir aplikasi GRADSAF, formulir yang digunakan untuk mendaftar di program studi sekaligus pendaftaran beasiswa (di dalamnya disediakan kolom khusus beasiswa Gates Cambridge).

Dokumen yang dilampirkan di antaranya:
1. Formulir aplikasi GRADSAF
2. Transkrip akademik
3. 2 referensi akademik
4. 1 referensi personal (khusus untuk beasiswa Gates Cambridge
5. CV/resume
6. Proposal riset (bagi pelamar PhD)

Universitas bisa saja meminta dokumen tambahan melalui program studi yang diminati, seperti:
1. Skor tes kemampuan bahasa Inggris
2. Proposal penelitian, contoh karya tulis, skor GRE/GMAT, dll.

Dokumen tambahan tersebut bisa dilihat langsung melalui masing-masing program studi yang akan dilamar. 

Bagi pelamar gelar MBA dan Master of Finance (MFin) dapat mengajukan pendaftaran melalui Judge Business School (www.jbs.cam.ac.uk/home). Menggunakan sistem aplikasi online mereka. 

Pendaftaran beasiswa Gates Cambridge untuk perkuliahan Oktober 2019 paling lambat 5 Desember 2018 atau 3 Januari 2019. Tergantung pilihan program studinya. Kandidat yang telah melalui pemeringkatan departemen dan masuk shortlist akan diundang untuk mengikuti wawancara yang digelar 26 dan 27 Maret 2019 di Cambridge, Inggris. Pemenang terpilih akan diberitahu akhir Maret 2019. 
Facebook Twitter Google