Beasiswa University of Groningen (Eric Bleumink Fund)

Tahun ini University of Groningen, Belanda kembali membuka tawaran beasiswa master dan PhD. University of Groningen Talent Grant: Eric Bleumink Fund. Skema beasiswa yang ditujukan bagi negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia. Beasiswa ini tersedia bagi mereka yang ingin mengambil gelar master (MSC/MA/LLM) atau PhD di University of Groningen. Pelamar bisa memilih jurusan yang diinginkan sesuai jenjang studi tersebut.

Eric Bleumink Fund akan mendanai beasiswa University of Groningen dengan durasi  satu hingga dua tahun untuk program master dan maksimum empat tahun untuk program PhD. Beasiswa di antaranya meliputi biaya kuliah, biaya perjalanan internasional, tunjangan hidup, buku, dan asuransi kesehatan.

Persyaratan:
1. Keunggulan akademik, dibuktikan dengan prestasi akademik dan dapat dikonfirmasi dengan surat rekomendasi dari profesor universitas
2. Kontribusi pendidikan kandidat dalam hal penguatan kapasitas ilmiah di negara asal
3. Perspektif ke hubungan jangka panjang antara universitas asal dan University of Groningen
Beasiswa diberikan dalam jumlah terbatas. Pelamar akan diseleksi oleh pihak universitas berdasarkan pertimbangan kriteria persyaratan di atas.

Pendaftaran:
Pendaftaran dilakukan secara online di University of Groningen. Mulai 15 Oktober 2014 sampai dengan 15 Januari 2015. Agar masuk nominasi, pelamar harus diterima (conditionally) di salah satu program yang dilamar. Saat mendaftar ke universitas dan mengisi formulir aplikasi online, sebutkan bahwa Anda ingin dipertimbangkan untuk beasiswa Eric Bleumink Fund (biasanya ada kolom khusus).

Jika pengelola program studi setuju, mereka akan mengirimkan formulir aplikasi standar yang mencakup motivasi kandidat ke pengelola Eric Bleumink Fund sebelum 1 Maret. Hanya dua kandidat yang bisa dinominasikan oleh masing-masing program studi.

Berikutnya pengelola Eric Bleumink Fund akan mengambil keputusan pada Maret. Hasil keputusan akan diberitahukan baik ke pengelola program studi maupun ke kandidat. Mereka yang terpilih akan diberitahu langkah lebih lanjut terkait persiapan keberangkatan.

Bagi pelamar PhD, ada beberapa dokumen yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi, yakni:
1. Proposal riset yang terperinci
2. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik yang menjelaskan manfaat penelitian bagi departemen/University of Groningen.
3. Aplikasi juga dapat disampaikan oleh pembimbing akademik di University of Groningen atau universitas asal
4. Motivasi: harus dibuat jelas oleh pemohon yang meminta pendanaan lainnya juga telah diajukan.
Facebook Twitter