Beasiswa di Kyoto University Jepang

Kyoto University, Jepang memberi kesempatan bagi para sarjana maupun peneliti yang bekerja di Asia Tenggara untuk melakukan penelitian, penulisan, maupun kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan bidang studi. Beasiswa ini ditawarkan Center for Southeast Asian Studies (CSEAS), Kyoto University. Programnya dinamai, CSEAS Fellowship for Visiting Research Scholars 2016. Tahun ini ada enam kursi tersedia, termasuk satu posisi untuk pustakawan.

Beasiswa Kyoto University tersebut berdurasi enam bulan dan pada kasus tertentu dapat diperpanjang selama enam bulan. Bagi penerima CSEAS Fellowship, fasilitas yang diberikan di antaranya uang saku untuk biaya perjalanan internasional serta biaya hidup di Kyoto, dana penelitian, serta dana untuk perjalanan domestik.

Penerima beasiswa juga dapat memberikan kuliah umum serta berpartisipasi dalam konferensi maupun kegiatan akademik lainnya di Jepang sebagai perwakilan dari CSEAS.

Persyaratan:
1. Pelamar merupakan sarjana/intelektual produktif yang bereputasi tinggi serta berusia di bawah 65 tahun pada saat penetapan beasiswa. Usia di atas 65 tahun bisa dipertimbangkan hanya jika dianggap luar biasa.
2. Beasiswa tidak tersedia bagi individu yang sedang menempuh gelar sarjana atau studi post doktoral.
3. Hanya pustakawan berpengalaman yang memenuhi syarat untuk mendaftar posisi perpustakaan
4. Pelamar yang sebelumnya telah memperoleh CSEAS Fellowship harus menunggu selama enam tahun setelah selesainya beasiswa sebelum mengajukan kembali.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi lengkap (unduh)
2. Curriculum vitae (tidak lebih dari 5 halaman, harus mencantumkan pengalaman penelitian dan daftar publikasi utama)
3. Dua surat rekomendasi

Pendaftaran:
Siapkan dokumen di atas. Ukuran A4 dibuat dalam format PDF atau MS Word. Lalu kirimkan melalui email ke: grants@cseas.kyoto-u.ac.jp

Perlu diingat surat rekomendasi harus diajukan sendiri oleh pemberi rekomendasi ke email tersebut. Surat harus memiliki kop institusi. Pelamar dapat menghubungi mereka terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi dan memintanya mengirimkan ke email yang tertera.

Tuliskan “CSEAS Fellowship” sebagai subjek email sebelum dikirim.

Jika tidak memiliki akses internet, pelamar dapat mengirimkan dokumen yang diminta dalam bentuk hard copy lalu mengajukannya via pos ke:

General Affairs Section
Attention: CSEAS Fellowship
Center for Southeast Asian Studies Kyoto University
46 Shimoadachi-cho, Yoshida Sakyo-ku, Kyoto 606-8501, Japan

Dokumen aplikasi tersebut sudah harus diterima paling lambat 30 April 2015. Informasinya bisa dilihat di www.cseas.kyoto-u.ac.jp/en/. Pelamar akan diberitahu terkait status aplikasi mereka akhir Juli 2015. Selamat mencoba!
Facebook Twitter