Beasiswa ADS dan ALAS di Australia 2013/2014

Mengenyam kuliah S2 dan S3 di Australia menjadi salah satu primadona mahasiswa asal Indonesia. Selain maju, negara tersebut juga memberikan sejumlah kemudahan. Salah satunya menyediakan beasiswa untuk meringankan beban kuliah di sana.

Australian Development Scholarship (ADS) dan Australian Leadership Awards Scholarhsip (ALAS) adalah dua di antara beasiswa yang ditawarkan. Pendaftaran beasiswa ini dimulai 12 Maret-17 Agustus 2012 untuk studi yang dimulai 2013/2014. Pada tahun ini, proses aplikasi ADS dan ALAS akan digabung, meski saat Anda mendaftar harus memilih salah satu.

Kedua beasiswa tersebut dinaungi oleh AusAID, hasil kerjasama Pemerintah Australia dan Indonesia. Beasiswa ini juga sangat fokus untuk kawasan seperti Papua, Papua Barat, NTB, NTT, dan Aceh.

Prioritas kajian diutamakan untuk empat sektor yang tertumpu pada pengembangan SDM dan pembangunan Indonesia. Yakni:

• Pertumbuhan berkelanjutan dan manajemen ekonomi
• Demokrasi, keadilan dan tata pemerintahan yang baik
• Investasi dalam pembangunan manusia
• Keamanan dan perdamaian.

Informasi rinci pada sektor-sektor prioritas dapat ditemukan di www.australiaawardsindo.or.id

Seleksi beasiswa ADS dan ALAS akan didasarkan pada kualitas pemohon, kompetensi akademik, dan yang paling penting dampak potensial terhadap tantangan pembangunan di negara asal.

Persyaratan beasiswa ADS dan ALAS
1. Melamar untuk program studi yang termasuk di sektor prioritas pembangunan
2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,9 atau 2,75 bagi pelamar dari AusAID bidang fokus geografis dan untuk pelamar dari kategori target
3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,75 untuk penerima beasiswa penyandang cacat sebagaimana dinyatakan dalam formulir aplikasi beasiswa ADS.
4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris minimum 5.0 pada IELTS (atau 500 dalam TOEFL berbasis kertas atau 61 berbasis internet TOEFL). Hasil IELTS atau TOEFL harus yang terbaru (hasil tes yang diperoleh pada tahun 2010 atau 2011 akan dianggap masih berlaku).
5. Jika melamar doctor (S3), pelamar akan dibatasi untuk staf universitas, institusi pendidikan tinggi, lembaga penelitian, pengambil kebijakan utama dan kandidat target pada lembaga-lembaga lain yang terkait dengan kegiatan AusAID.
6. Sertakan juga akte kelahiran, KTP/Paspor, CV, kopi ijazah terakhir, dan transkrip nilai.

Persyaratan lengkapnya bisa Anda unduh di sini atau buka http://www.ausaid.gov.au/scholar/publications.cfm

Aplikasi harus dikirim berupa hardcopy. Tiga salinan formulir dan semua dokumen yang dilampirkan harus diterima pada 17 Agustus 2012 di Kantor Awards Australia. Formulir pendaftaran dapat didownload di www.australiaawardsindo.or.id atau bisa mendatangi langsung kantornya di Jakarta.

Australian Awards Office
Alamat: Gedung Wira Usaha lantai 7
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C-5, Kuningan
Jakarta Selatan 12940, Indonesia

Telepon: +62 21 527 7648
Fax: +62 21 527 7649
Email: info@australiaawardsindo.or.id
Website: www.australiaawardsindo.or.id

Temukan Beasiswa sesuai Minat!
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini