Daftar Beasiswa S3 2018 – 2019

Jika dibandingkan beasiswa S1 atau beasiswa S2, peluang yang tersedia untuk beasiswa S3 jumlahnya tidak kalah banyak. Bahkan, beberapa universitas lebih memprioritaskan beasiswa jenjang pascasarjana tersebut terutama dalam menggaet pelajar asing. Itu biasanya terlihat dari pengalokasian kuota, jumlah dana, hingga area bidang studi/riset yang bisa diambil. Namun, kalau jumlah peminat memang terlihat masih kalah jauh dibanding pencari beasiswa S1 maupun S2, khususnya di tanah air.

Berikut ini adalah daftar peluang beasiswa S3 yang biasanya buka tiap tahun, terutama di tahun akademik 2018 - 2019. Umumnya beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa penuh. Biaya kuliah dan biaya hidup sudah ditanggung. Namun, ada juga yang menambahkan kebutuhan lain, seperti tiket perjalanan, akomodasi, biaya seminar, hingga asuransi kesehatan. Sebagai peminat, yang perlu dipertimbangkan mungkin asas kebutuhan terhadap beasiswa tersebut dengan berbagai penilaiannya.

Beasiswa Pendidikan Indonesia – BPI
Salah satu peluang beasiswa S3 2018-2019 adalah yang satu ini. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang ditawarkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Ada beberapa macam beasiswa yang ditawarkan. Khusus peminat doktor, Anda bisa mengikuti BPI Program Master dan Doktor, Beasiswa Afirmasi, ada juga Beasiswa Presiden yang biasa dibuka bulan Juli. BPI sudah mencakup semua biaya pendidikan serta biaya pendukung yang meliputi transportasi keberangkatan, asuransi kesehatan, visa, tunjangan hidup bulanan, tunjangan keluarga, tunjangan kedatangan, dll.

Info Pendaftaran » Beasiswa LPDP S3

Beasiswa Endeavour
Saat ini Pemerintah Australia resmi membuka Beasiswa Endeavour 2018 yang meliputi scholarship dan fellowship. Anda bisa memanfaatkan Beasiswa Endeavour ini untuk mengambil program S2, S3, kegiatan riset, pendidikan vokasi dan training, serta pelatihan pengembangan profesionalisme di universitas-universitas terbaik Australia. Beasiswa Endeavour terbuka untuk semua program yang tersedia di australia. 

Kandidat yang berhasil meraih Beasiswa Endeavour 2018 di antaranya akan memperoleh tunjangan kemandirian sebesar $2.000 untuk fellowship dan $4.000 untuk scholarships, biaya perjalanan $3.000, tanggungan biaya pendidikan, uang saku bulanan sebesar $3.000, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, serta dukungan bersifat pribadi seperti pengarahan sebelum keberangkatan, serta diberi kesempatan menghadiri lokakarya pengembangan profesional.

Info Pendaftaran » Beasiswa Endeavour Australia 

Beasiswa Fulbright
Belajar ke negeri Paman Sam memang jadi idaman banyak orang. Ada beragam beasiswa ke Amerika Serikat yang bisa diikuti untuk mewujudkan impian Anda tersebut. Salah satunya beasiswa Fulbright. Jenis beasiswa ini juga beragam. Peluang beasiswa S3 satu di antaranya. Program yang dapat diikuti, seperti Fulbright PhD Degree Program, USAID Funded Fulbright Agricultural MS and PhD Scholarships, dan DIKTI Funded Fulbright PhD Program. Selain menanggung biaya kuliah, Fubright juga menyiapkan tunjangan buku, tunjangan hidup bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan.

Info Pendaftaran » Beasiswa Fulbright Pemerintah AS

Beasiswa DIKTI 
Setidaknya ada dua pilihan beasiswa yang disediakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) bagi Anda yang berminat mengambil beasiswa S3 2018-2019. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) dan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN). BPP-DN ditujukan untuk studi dalam negeri, sementara BPP-LN ditujukan untuk studi di luar negeri. Keduanya adalah beasiswa penuh yang menanggung kebutuhan utama studi, seperti biaya hidup, biaya kuliah, akomodasi, tiket pesawat, dll. Bedanya, kedua beasiswa DIKTI tersebut menyasar kelompok tertentu, seperti calon dosen, dosen tetap, maupun tenaga kependidikan perguruan tinggi di bawah DIKTI. 

Info Pendaftaran » Beasiswa Dikti S3

Beasiswa Monbukagakusho
Baru-baru ini beasiswa Munbakagakusho baru saja diumumkan Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta. Beasiswa Monbukagakusho juga memiliki beragam pilihan. Salah satunya adalah beasiswa yang bisa diperuntukkan untuk jenjang S3. Beasiswa tersebut ditawarkan melalui Program Research Student. Saat menjalani program riset, penerima beasiswa diperkenankan mendaftar ke program degree, salah satunya S3, setelah lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas.

Info Pendaftaran » Beasiswa Monbukagakusho

Selain itu, pelamar juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti tahapan research student, apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan. Cakupan Beasiswa Monbukagakusho meliputi 100 persen biaya kuliah, tunjangan hidup 143.000 yen (± Rp 15 juta) per bulan, serta tiket pesawat pp Indonesia-Jepang. Selain itu penerima beasiswa tidak perlu merasa terbebani karena beasiswa Pemerintah Jepang ini diberikan tanpa ikatan dinas.

Beasiswa Epos
Tahun ini beasiswa Epos DAAD dibuka kembali. Selain beasiswa full biaya kuliah, beasiswa ini juga meliputi beasiswa parsial atau parohan. Itu berdasarkan program dan universitas yang dipilih nantinya. Ada puluhan program studi yang tersedia, baik jenjang S2 maupun S3 di universitas Jerman. Jika berminat mendaftar Beasiswa Epos 2018 – 2019, pastikan Anda sudah memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya dua tahun. Pelamar bisa berasal dari lembaga pemerintah, perguruan tinggi, BUMN, atau pun perusahaan swasta.

Info Pendaftaran » Beasiswa Epos Jerman

Beasiswa IDB 
Islamic Development Bank (IDB) merupakan salah satu lembaga dunia yang menyediakan beasiswa S3 penuh bagi negara anggotanya. Peminat dari Indonesia bisa mengajukan beasiswa tersebut yang pendaftarannya dibuka tiap tahun. Skema beasiswa IDB ini tersedia melalui Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP). Beasiswa ini dapat digunakan untuk mengambil gelar PhD berbasis studi/riset selama tiga tahun, serta riset post doktoral antara 6 – 12 bulan. Beasiswa IDB menanggung semua kebutuhan utama studi, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, tiket pesawat pp, tunjangan seminar, tunjangan persiapan makalah ilmiah, tunjangan komputer, hingga tunjangan keluarga.

Pelamar dianjurkan untuk mengambil gelar PhD mereka di universitas terkemuka di dunia. Prioritasnya adalah universitas yang telah bekerjasama dengan IDB, seperti University of Cambridge, University of Oxford, University of Nottingham, University of Birmingham, UCL di UK, Princeton University USA, Paris-Tech di Perancis, KAUST di Arab Saudi, dan universitas terbaik dunia lainnya.

Info Pendaftaran » Beasiswa S3 IDB

Beasiswa Australia Awards
Program beasiswa Australia Awards ditawarkan tiap tahun. Satu di antara Beasiswa Australia yang rutin disediakan negeri kanguru tersebut. Beasiswa ini fokus untuk jenjang pascasarjana, salah satunya program doktor (S3) yang bisa diambil di universitas-universitas terkemuka Australia. Bagi penerima Beasiswa Australia Awards mereka akan mendapatkan tanggungan penuh biaya kuliah, biaya hidup, dana penunjang awal di masa perkuliahan, asuransi kesehatan, bantuan tutorial tambahan, biaya pemeriksaan medis dan rontgen, biaya tiket perjalanan kelas ekonomi saat keberangkatan ke Australia dan pulang ke tanah air, serta penelitian lapangan di Indonesia atau Australia.  Yang menarik, disediakan pula pra-kursus bahasa Inggris di Indonesia, tunjangan hidup di Indonesia selama pelatihan, serta program pengenalan akademik di Australia sebelum dilaksanakan perkuliahan.

Info Pendaftaran » Beasiswa Australia Awards

Beasiswa NZAS 
Buat Anda yang berniat mengambil S3 di New Zealand, ini salah satu beasiswa yang rutin ditawarkan pemerintah negara tersebut. Bahkan, bagi pelamar asal Indonesia disediakan kuota khusus. Pada 2015 ada 50 orang yang akan diterima dari Indonesia. Siapa tahun Anda salah seorang di antaranya. Beasiswa tersebut ditawarkan melalui New Zealand ASEAN Scholar Awards (NZAS). Jika terpilih, kandidat akan memperoleh tanggungan biaya kuliah penuh di universitas New Zealand, tunjangan kemandirian saat pertama kali tiba, tunjangan hidup, serta tiket penerbangan kembali ke tanah air. Selain itu, sebelum menjalani studi di New Zealand, penerima beasiswa juga akan diberikan pelatihan bahasa Inggris selama setahun yang berlangsung di Indonesia Australia Language Foundation, Surabaya.

Info Pendaftaran » Beasiswa NZAS

Beasiswa Mora
daftar beasiswa s3, beasiswa doktor, beasiswa s3 luar negeri, beasiswa s3 2016, beasiswa kuliah s3Belum lama ini Kementerian Agama resmi meluncurkan program beasiswa baru bagi para dosen maupun tenaga kependidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Mora Scholarships. Ada beberapa skema yang disediakan melalui program tersebut, salah satunya adalah Beasiswa Studi S3 yang bisa ditempuh di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. setiap tahun akan dijaring 1.000 dosen, tenaga kependidikan maupun PNS di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk melanjutkan pendidikan doktor di perguruan tinggi yang mereka minati. Bagi penerima beasiswa, mereka akan mendapatkan tanggungan biaya pendidikan di perguruan tinggi tempat studi, living allowance yang meliputi biaya hidup dan operasional (6 semester untuk S3), serta biaya penyelenggaraan program.

Info Pendaftaran » Beasiswa S3 Kemenag

Beasiswa Taiwan ICDF
Anda yang berminat melanjutkan studi S3 di Taiwan, peluang ini mungkin bisa menjadi jawaban. Beasiswa Taiwan ICDF. Beasiswa tersebut cukup rutin ditawarkan melalui skema Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program. Beasiswa diberikan selama empat tahun untuk program PhD di universitas-universitas Taiwan, serta disediakan sejumlah fasilitas bagi penerimanya. Di antaranya biaya kuliah, biaya hidup, tiket penerbangan PP ke Taiwan, serta asrama mahasiswa untuk tempat tinggal. Tunjangan hidup bulanan diberikan sebesar NT$ 17.000 atau setara US$566 per bulan bagi mahasiswa program PhD.

Info pendaftaran » Beasiswa Taiwan ICDF

Beasiswa Eiffel
Nama beasiswa satu ini sudah sangat familiar. Ya, beasiswa Eiffel. Pemerintah Prancis menawarkannya setiap tahun dan kandidat dari Indonesia salah satu sasarannya. Beasiswa yang tersedia untuk jenjang S2 dan S3 ini ditawarkan melalui Eiffel Excellence Scholarship Programme. Beasiswa Eiffel menjaring mahasiswa-mahasiswa internasional berbakat untuk melanjutkan studi doktor mereka di universitas-universitas Prancis. Penerima beasiswa S3 akan mendapatkan tunjangan bulanan 1.400 Euro untuk pembiayaan maksimum 10 bulan, tiket pesawat pp, asuransi kesehatan, serta kegiatan budaya. Selain itu juga bisa memperoleh tambahan keuangan dari bantuan tempat tinggal.  Meski begitu, biaya pendaftaran ke universitas ditanggung sendiri oleh pelamar. Sementara, biaya pendidikan disediakan oleh Pemerintah Perancis sebesar 10.000 Euro selama mereka belajar di perguruan tinggi negeri.

Info Pendaftaran » Beasiswa Eiffel Prancis

Beasiswa Erasmus+
Beasiswa Erasmus+, penyebutan baru Erasmus Mundus, merupakan beasiswa pascasarjana bentukan Uni Eropa yang memiliki banyak tawaran. Program beasiswa ini diikuti oleh ratusan konsorsium yang melibatkan universitas-universitas di Eropa. Salah satu beasiswa Erasmus+ yang bisa diikuti adalah beasiswa doktor yang bisa dilihat di Action 1 – EMJDs. Program yang ditawarkan beragam, seperti teknik, manufaktur, konstruksi, humaniora, seni, ilmu sosial, bisnis, hukum, pertanian, peternakan, kesehatan, sains, matematika, dan komputer. Beasiswa yang diperoleh nantinya sudah mencakup biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi, biaya perjalanan, dll. Total yang diterima sekitar 24.000 Euro per tahun dan berlaku untuk kelipatan tahun berikutnya. Ini salah satu peluang beasiswa S3 2018-2019 yang juga bisa Anda ikuti.

Info Pendaftaran » Beasiswa Erasmus+

Beasiswa Schlumberger
Program beasiswa S3 ini khusus buat wanita. Namanya Faculty for The Future Fellowships. Schlumberger Foundation menyediakan beasiswa doktor dan postdoktoral bagi wanita dari negara-negara berkembang untuk melanjutkan pendidikan S3 di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) dan dipriotaskan pada universitas-universitas terbaik dunia. Jika berhasil diterima, ada bantuan lumayan besar dari Faculty for The Future Fellowships. Yakni hibah untuk membiaya studi S3 dengan nilai maksimal $ 50.000 (Rp ± 600 juta) per tahun dan maksimal $ 40.000 untuk postdoktoral. Beasiswa ini dapat diperpanjang di tahun berikutnya jika Anda memperlihatkan capaian yang baik, memperoleh rekomendasi dari supervisor, dan dianggap memiliki keinginan kuat untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di negara asal.

Info Pendaftaran » Beasiswa Schlumberger

Beasiswa Pemerintah Swiss
Pemerintah Swiss rutin menawarkan beasiswa S3 yang dinamai Swiss Government Excellence Scholarships. Program ini ditawarkan ke banyak negara, salah satunya Indonesia. Beasiswa S3 maksimum diberikan tiga tahun. Peminat diberi kesempatan untuk melamar di 10 universitas Swiss dan dua institut teknologi, yakni University of Basel, University of Bern, University of Fribourg, University of Geneva, University of Lausanne, University of Lucerne, University of Neuchâtel, University of St.Gallen, University of Zurich, dan University of Lugano, Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL), dan Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETHZ).

Komponen beasiswa, di antaranya tunjangan bulanan 1.920 - 3.500 Swiss Franch, tanggungan biaya kuliah, asuransi kesehatan, lump sum untuk tarif penerbangan, tunjangan khusus 300 Swiss Franch dibayar sekali di awal beasiswa, kartu transportasi umum untuk tarif satu setengah tahun, bimbingan dan berbagai perjalanan, makan malam, dan sejumlah tur wisata.

Info Pendaftaran » Beasiswa S3 Pemerintah Swiss

Beasiswa Vanier CGS
Vanier Canada Graduate Scholarships (CGS) merupakan beasiswa doktoral (S3) yang rutin ditawarkan Pemerintah Kanada. Beasiswa ini tidak saja dibuka bagi kandidat PhD asal Kanada, tapi juga mahasiswa internasional. Sekitar 167 beasiswa dialokasikan Vanier CGS setiap tahunnya. Nilai masing-masing beasiswa yang diberikan terbilang fantastis, yaitu $ 50.000 per tahun dan diberikan selama tiga tahun berturut-turut. Pengajuan beasiswa Vanier CGS tidak diajukan langsung oleh kandidat, tapi melalui universitas yang dituju. Pemohon mengajukan usulan kepada universitas, jika terpilih akan diikutsertakan sebagai nominasi penerima beasiswa Vanier CGS kepada komite seleksi.

Info Pendaftaran » Beasiswa Vanier CGS

Beasiswa ADB – JSP
Program beasiswa satu ini salah satu yang banyak diminati. Asian Development Bank-Japan Scholarship Program (ADB-JSP). Sebanyak 300 kuota disediakan untuk program beasiswa berdurasi 1 – 2 tahun. Selain beasiswa S2, beasiswa tersebut juga dapat dipergunakan untuk S3. Ada 10 negara yang nantinya menjadi pilihan tujuan studi. Selain di Jepang, kandidat terpilih juga bisa mengambil studi di Australia, Hong Kong (China), India, New Zealand, Amerika Serikat, Pakistan, Philipina, Singapura, dan Thailand. Total ada 26 perguruan tinggi yang berpartisipasi di program beasiswa ADB-JSP. Beasiswa akan menanggung biaya kuliah, tunjangan perumahan, uang saku bulanan, tunjangan buku dan materi pembelajaran, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan.

Info Pendaftaran » Beasiswa ADB - JSP

Tentunya masih banyak lagi beasiswa S3 yang tersedia di luar sana. Khusus beasiswa di atas, teknis pendaftaran beasiswa sudah pernah dimuat sebelumnya. Bisa dilihat pada menu » Beasiswa Doktor.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..