Beasiswa Pemerintah Kanada (Vanier CGS) Program S3 di Kanada

Selain beasiswa mandiri yang ditawarkan oleh masing-masing universitas, Pemerintah Kanada juga membuka kesempatan beasiswa luar negeri bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan S3 atau program doktor di universitas-universitas Kanada.

Beasiswa Pemerintah Kanada ini dikenal juga dengan Vanier Canada Graduate Scholarships  (Vanier CGS). Didirikan sejak 2008 dan membuka kesempatan tidak saja bagi warganegara setempat, tapi juga mahasiswa asing semisal dari Indonesia yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut.  Beasiswa S3 Vanier CGS merupakan beasiswa S3 riset yang berdurasi selama 3 tahun. Area riset yang menjadi fokus beasiswa ini adalah riset kesehatan, riset ilmu-ilmu alam dan/atau teknik, serta penelitian di bidang ilmu sosial dan humaniora.

Nominal beasiswa yang disediakan cukup besar, yakni $50.000 (± Rp 565 juta) per tahun dan diberikan selama 3 tahun. Tahun 2024 ini, kuota beasiswa yang tersedia 166 beasiswa yang disebar ke sejumlah perguruan tinggi atau universitas di Kanada untuk tahun akademik yang dimulai 2024.

Simak juga » Jadwal Beasiswa 2024 - 2025 Jenjang S1, S2, S3

Persyaratan:
1. Dicalonkan oleh sebuah perguruan tinggi Kanada, yang memperoleh kuota Vanier CGS (Lihat daftar kuota)
2. Sedang mengejar gelar doktor pertamakali (termasuk joint program sarjana/pascasarjana seperti: MD/PhD, DVM/PhD, JD/PhD, MBA/PhD - jika memiliki komponen penenelitian yang signifikan dan diperlihatkan).
3. Verniat untuk melanjutkan, pada semester musim panas atau tahun akademik setelah pengumuman hasil, studi dan penelitian doktoral penuh waktu (atau program penelitian pascasarjana bersama seperti MD/PhD, DVM/PhD, JD/PhD, MBA/PhD) di lembaga pencalonan; Untuk program penelitian pascasarjana bersama, hanya bagian PhD dari program tersebut yang memenuhi syarat untuk didanai.
4. Sudah menyelesaikan studi penuh waktu tidak lebih dari 20 bulan di program doktor per 1 Mei 2024.
   - Program doktor akan dimulai setelah menyelesaikan gelar master. Bulan studi selesai dihitung dari tanggal pendaftaran doktor.
6. Telah menyelesaikan studi penuh waktu tidak lebih dari 32 bulan di program doktor (Yaitu, program peneleitian pascasarjana bersama, akselerasi, sebelumnya terdaftar tanpa memperoleh gelar Master), sebelum 1 Mei 2024, jika:
   ▪ Terdaftar dalam program penelitian pascasarjana bersama, MD/PhD, MA/PhD, DVM, PhD. Pelamar dalam kategori ini memiliki akses ke jendela 32 bulan apakah mereka sebelumnya terdaftar dalam program master atau tidak.
     - Bulan studi dihitung mulai dari tanggal pelamar terdaftar secara resmi dalam program bersama (termasuk bagian program Master).
   ▪ Terdaftar langsung dari Sarjana ke PhD (sebelumnya tidak terdaftar dalam program Master);
     - Bulan studi selesai dihitung dari tanggal pendaftaran doktor.
   ▪ Sebelumnya terdaftar dalam program Master tanpa memperoleh gelar.
     - Bulan studi selesai dihitung dari tanggal pendaftaran Master asli.
9. Meraih predikat first-class (setara cumlaude), sebagaimana yang ditentukan oleh perguruan tinggi Anda
10. Tidak meraih, atau sudah memperoleh beasiswa jenjang doktor atau fellowship dari CIHR, NSERC, atau SSHRC untuk mengambil atau menyelesaikan gelar doktor

Simak juga » Beasiswa S3 Full di SUTD Singapura

Pendaftaran:
Pengajuan beasiswa Pemerintah Kanada tidak diajukan langsung oleh pelamar ke penyelenggara Vanier CGS. Tapi melalui usulan oleh pihak fakultas atau program pascasarjana dari universitas yang dilamar. Jadi, ketika mendaftar ke salah satu universitas, mintalah juga mereka untuk mengusulkan Anda sebagai calon penerima beasiswa Vanier CGS. Usulan yang diterima dari pihak kampus tersebut nantinya yang akan diteruskan ke Vanier CGS untuk diseleksi.

Meski begitu, untuk mendapatkan nominasi dari pihak kampus, pelamar tetap harus mengikuti prosedur dan ketentuan dari masing-masing kampus. Salah satunya adalah mengisi formulir researchnet, kemudian di-print dan diserahkan ke fakultas atau unit pascasarjana dengan menyertakan dokumen-dokumen lain yang diminta. Prosedur pengajuan nominasi ini bisa dilihat di laman vanier.gc.ca untuk detilnya.

Deadline pengajuan nominasi ini berbeda-beda tiap kampus. Mulai Juli hingga November 2023. Misalnya McGill University batas pengajuan nominasi biasanya September.

Selanjutnya batas akhir pengusulan nominasi dari universitas ke Vanier CGS adalah 1 November 2023. Penilaian dan evaluasi nominasi akan dilakukan mulai November 2023 – Maret 2024. Pengumuman hasil seleksi pada awal April 2024 yang akan diberitahukan melalui email. Pembayaran beasiswa sendiri dimulai 1 Mei 2024, 1 September 2024, atau 1 Januari 2025. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran beasiswa bisa dilihat di laman Vanier CGS (https://vanier.gc.ca) Semoga berhasil!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter