Beasiswa S1 2024 – 2025 untuk Mahasiswa S1, Tamatan SMA/MA/SMK

Sudah memiliki rencana melanjutkan studi S1 di 2024? Atau saat ini tengah duduk di bangku kuliah dan berniat mengambil beasiswa S1. Nah, sambil mengasah kemampuan diri, Anda mungkin perlu tahu beasiswa S1 untuk mahasiswa dan juga siswa tamatan SMA/MA, dan SMK yang sudah menunggu dan siap menerima aplikasi Anda. Siapa tahu satu di antara beasiswa tersebut berhasil diraih. Dan bukan saja menjadi kebanggaan bagi diri sendiri tentunya, tapi juga membantu meringankan atau bahkan membebaskan Anda dari ‘belenggu’ biaya kuliah. 

Seperti tahun lalu, beasiswapascasarjana.com akan mengulas peluang-peluang beasiswa S1 yang dapat Anda ikuti di 2024 atau tepatnya beasiswa S1 2024 – 2025 untuk mahasiswa S1, lulusan SMA, MA, dan SMK. Beasiswa ini beragam jenis. Ada beasiswa S1 dalam negeri, sebagian lagi beasiswa S1 luar negeri. Jumlah beasiswa S1 sendiri sebenarnya cukup banyak. Tapi, memang perlu sedikit usaha untuk mencarinya. Nah, berikut ini adalah beberapa di antaranya dan umumnya dibuka setiap tahun dengan jumlah kuota dan nilai beasiswa yang berbeda-beda.

Beasiswa S1 Dalam Negeri 2024 – 2025

Program beasiswa KIP Kuliah (sebelumnya Bidikmisi) merupakan salah satu beasiswa S1 bagi calon mahasiswa yang rutin ditawarkan pemerintah. Beasiswa ini menyasar lulusan SLTA dari keluarga kurang mampu yang berminat melanjutkan studi S1. Setiap tahun penerima beasiswa KIP Kuliah cukup besar. Sekitar 185 ribu mahasiswa pada 2022 dan kemungkinan bertambah. Jika Anda memenuhi kriteria dan berniat meraih beasiswa S1 ini di 2024 – 2025, ada baiknya sudah mempertimbangkannya dari sekarang. Beasiswa KIP Kuliah umumnya mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. KIP Kuliah biasanya ditawarkan Februari atau ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru.

Info Pendaftaran » Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa Amgen Scholars merupakan beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa S1. Beasiswa ini selain bisa dilamar oleh mahasiswa yang kuliah di luar negeri, juga bisa dilamar oleh mahasiswa S1 di dalam negeri. Beasiswa dibuka lagi untuk tahun 2025. Beasiswa Amgen Scholars rutin dibuka setiap tahun, dan kandidat Indonesia salah satu yang berpeluang memperoleh beasiswa ini. Nantinya, bila terpilih Anda akan mengikuti pelatihan riset singkat yang berlangsung di sejumlah negara Asia, seperti Singapura, Jepang, dan Cina di universitas-universitas top Asia. Kebutuhan hidup, biaya perjalanan, tempat tinggal disediakan oleh Amgen Scholars. beasiswa s1 2024, beasiswa S1, beasiswa, beasiswa S1 luar negeri 2024, beasiswa S1 dalam negeri 2024, beasiswa 2024, beasiswa S1 untuk mahasiswa, beasiswa kuliah S1, beasiswa S1 terbaru, beasiswa mahasiswa S1, beasiswa mahasiswa 2024, beasiswa s1 2024

Info Pendaftaran » Beasiswa Amgen Scholars

Peluang beasiswa S1 2024 – 2025 lainnya berasal dari Tanoto Foundation. Program beasiswa ini cukup rutin ditawarkan. Pelamar memang harus mahasiswa dari universitas mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu disediakan pula beasiswa khusus S1 ikatan dinas. Beasiswa disediakan berupa biaya kuliah semester dan biaya hidup. Pengumuman biasanya pertengahan Agustus.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 Tanoto Foundation

Beasiswa Sea merupakan beasiswa S1 yang ditawarkan bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sudah diterima di universitas maupun bagi mahasiswa yang sudah berada di semester terakhir kuliah. Beasiswa ini ditawarkan rutin beberapa tahun sebelumnya, dan tidak menutup kemungkinan dibuka kembali di 2024. Bagi yang baru memulai kuliah di tahun pertama, selain penerima beasiswa mendapatkan biaya pendidikan mulai dari semester 1 hingga 8 (4 tahun), manfaat lain yang diperoleh adalah diberikan biaya hidup bulanan, kesempatan magang di bisnis-bisnis Sea (Garena, Shopee, Airpay), juga tersedia program pengembangan hingga diberikan laptop.

Info Pendaftaran » Beasiswa Sea untuk Mahasiswa S1

Beastudi Etos ID ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat dan akan masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UM jalur reguler. Peluang ini juga tepat untuk Anda yang mengincar beasiswa S1 2024 – 2025. Selain menyediakan bantuan biaya pendidikan selama delapan semester (4 tahun), beasiswa yang dikelola Dompet Dhuafa ini juga memberikan uang saku, asrama mahasiswa selama tiga tahun, pembinaan selama empat tahun (program persiapan pasca kampus di tahun ke empat), serta bantuan biaya penelitian skripsi. Fasilitas yang didapat juga mencakup support prestasi dalam dan luar negeri, serta pembuatan paspor. Biasanya pendaftaran mulai buka Januari.

Info Pendaftaran » Beasiswa Etos ID S1 untuk Lulusan SMA/Sederajat

Beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dan bantuan biaya pendidikan peningkatan prestasi akademik (BPP-PPA) disediakan pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa PPA dan BPP PPA ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air. Penerima beasiswa PPA – BPP PPA akan mendapatkan Rp 350 ribu per bulan yang diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Pendaftaran biasanya dibuka di masing-masing kampus. Pendaftaran saat ini Belum dibuka lagi.
Beasiswa S1 Wardah
Beasiswa Wardah atau Wardah Scholarship menyediakan beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa S1 di sejumlah universitas tanah air. Beasiswa ini bisa dilamar oleh mahasiswa yang berada di tahun kedua atau semester tiga kuliah S1/D4. Peraih beasiswa akan memperoleh bantuan dana pendidikan setiap bulan yang diberikan hingga maksimum semester delapan. Selain itu mendapatkan berbagai pelatihan pengembangan diri dan kepemimpinan. Kemudian ditawarkan juga Beasiswa Pemberdayaan. Beasiswa S1 dari Wardah ini ditujukan bagi mahasiswa semester 3 yang memperoleh IPK baik. Peraih beasiswa ini akan memperoleh bantuan dana pendidikan.
beasiswa s1, beasiswa, beasiswa s1 dalam negeri, beasiswa s1 luar negeri, beasiswa s1 2024, beasiswa s1 terbaru, beasiswa kuliah s1, beasiswa mahasiswa s1, S1 2024
Tawaran beasiswa S1 yang juga rutin diberikan adalah Beasiswa Mizan. Lebih spesifiknya beasiswa ini ditujukan batu mereka yang tengah mempersiapkan penyelesaian skripsi, tesis, atau disertasi kuliah. Beasiswa tugas akhir tersebut disediakan dalam bentuk bantuan dana penelitian. Yang menarik, karya tulis yang dihasilkan juga berpeluang untuk diterbitkan. Beasiswa Mizan biasanya dibuka Maret. 

Info Pendaftaran » Beasiswa Mizan untuk Tugas Akhir

Beasiswa Mahaghora adalah salah satu beasiswa S1 yang cukup rutin ditawarkan tiap tahun. Beasiswa menyasar bagi siswa lulusan SMA/SMK dan sederajat maupun siswa SMA/sederajat yang berada di kelas 12 yang kurang mampu untuk melanjutkan studi ke jenjang S1 atau DIV. Beasiswa Mahaghora menanggung biaya kuliah mulai dari semester 1 s/d maksimal semester 8 serta biaya pendaftaran kuliah. Bila Anda merupakan keluarga kurang mampu dan berniat melanjutkan studi, beasiswa mahaghora bisa dipertimbangkan.
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa unggulan yang ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa yang baru diterima kuliah, tapi juga yang sudah aktif menjalani perkuliahan. Beasiswa yang diberikan bisa berupa biaya pendidikan, biaya hidup, atau biaya buku. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi termasuk salah satu beasiswa pemerintah yang ditawarkan rutin bagi masyarakat umum. Salah satu pertimbangan utama dari beasiswa ini adalah capaian prestasi akademik dan prestasi lainnya yang telah diperoleh selama ini.
Beasiswa S1 Luar Negeri 2024 – 2025

Peminat beasiswa S1 Pemerintah Jepang ini cukup tinggi. Monbukagakusho. Dalam beberapa tahun ini beasiswa tersebut rutin ditawarkan, dan tampaknya akan kembali tersedia di 2024 – 2025. Beasiswa Monbukagakusho ditujukan bagi lulusan SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan diploma (D2, D3) dan S1 di universitas-universitas Jepang. Beasiswa tersebut menyediakan pendanaan penuh untuk studi di Jepang, seperti biaya hidup, biaya kuliah, biaya perjalanan, dll. Biasanya beasiswa ini ditawarkan April. 

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 Monbukagakusho 2024

Orange Tulip Scholarship atau Beasiswa OTS adalah salah satu beasiswa kuliah Belanda yang rutin ditawarkan. Beasiswa ini selain menyediakan beasiswa pascasarjana, juga tersedia beasiswa S1 bagi lulusan SLTA di tanah air. Beasiswa OTS untuk S1 salah satu yang berpeluang besar dibuka kembali untuk tahun akademik 2024 – 2025.

Info Pendaftaran » Beasiswa OTS 2024 - 2025

Bagi Anda lulusan SMA/MA/sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 di University of Oxford dan University of Cambridge, Inggris, program beasiswa ini layak dipertimbangkan. Namanya Jardine Foundation Scholarship Awards. Pelamar dari Indonesia salah satu yang diberi kesempatan untuk mengikuti beasiswa Jardine. Nantinya bila diterima lulus, biaya kuliah Anda selama S1 akan ditanggung di University of Oxford atau University of Cambridge. Selain itu diberikan tunjangan tahunan untuk biaya makan, penginapan, dan kebutuhan lainnya.

Info Pendaftaran » Beasiswa Jardine untuk S1

Salah satu beasiswa luar negeri yang menawarkan studi S1 diberikan Pemerintah Brunei Darussalam. Pengamatan beasiswapascasarjana.com beasiswa tersebut tersedia tiap tahun dan berpeluang kembali tersedia di 2024 – 2025. Beasiswa S1 dapat diambil di beberapa universitas ternama di Brunei, seperti  Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Institut Teknologi Brunei (ITB). Biasanya pendaftaran dibuka Desember. 
 
Beasiswa S1 Cargill Global
Program beasiswa disediakan melalui Cargill Global Scholars Program. Sasarannya adalah mahasiswa S1 yang berada di dua tahun terakhir masa kuliah atau mulai semester 4. Beasiswa disediakan selama dua tahun oleh Cargill Global dalam bentuk bantuan dana sebesar $2.500 per tahun (± Rp 34 juta) dan diberikan hingga 2 tahun, untuk membantu pendanaan biaya studi pada 2 tahun terakhir masa kuliah S1. Selain itu, kandidat terpilih juga akan memperoleh kesempatan mengembangkan potensi kepemimpinan melalui kegiatan seminar, sesi pengembangan jaringan profesi, serta kegiatan pendampingan dari Pemimpin Cargill selama masa pemberian beasiswa.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Cargill Global

Beasiswa KGSP ditawarkan oleh Pemerintah Korea bagi lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan S1 maupun diploma di universitas-universitas terkemuka di Korea. Beasiswa KGSP rutin ditawarkan setiap tahun, dan salah satu sasarannya adalah pelajar dari Indonesia. Bila Anda ingin melanjutkan kuliah S1 di Korea, beasiswa KGSP patut dipertimbangkan. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang menanggung semua kebutuhan studi penerimanya. Misalnya biaya kuliah, biaya perjalanan, tiket pesawat, uang saku bulanan, biaya kursus bahasa Korea, dll. Pendaftaran dibuka September.
Jika Anda ingin mendalami dunia seni, beasiswa kuliah yang disediakan Korea National University of Arts ((K’ARTS) bisa menjadi pilihan menarik. K’ARTS memberikan beasiswa bagi peminat internasional yang ingin studi di kampus mereka. Beasiswa yang diberikan di antaranya meliputi tiket pesawat pp Korea, tunjangan bulanan sebesar 700.000 won, tanggungan penuh kursus bahasa Korea, tanggungan biaya kuliah, asuransi kesehatan, serta perumahan. Pendaftaran biasanya sudah tersedia pada pertengahan tahun melalui laman K’ARTS (http://eng.karts.ac.kr). Cara mendaftar lihat tulisan sebelumnya. 
Qatar University tiap tahun menyediakan beasiswa kuliah S1 yang dapat diikuti oleh pelamar internasional. Bagi Anda yang berminat kuliah di negeri minyak ini, Qatar University menyediakan 400 kuota setiap tahun yang dapat diperebutkan. Beasiswa berupa tanggungan biaya kuliah, selain itu disediakan juga asrama mahasiswa, biaya transportasi ke universitas, serta tiket pesawat tahunan jika ingin pulang ke negara asal. Pendaftaran biasanya sekitar April atau Mei melalui laman Qatar University (www.qu.edu.qa).  

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 di Qatar University

Boston University, AS bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengajukan aplikasi beasiswa S1. Ada beberapa pilihan beasiswa kuliah yang tersedia bagi pelamar internasional, seperti Indonesia. Salah satunya Trustee Scholarship. Beasiswa ini full tanggungan biaya kuliah serta biaya wajib lainnya yang harus dikeluarkan saat menjalani studi di Boston University. Pengajuan aplikasi paling lambat 1 Desember setiap tahunnya melalui laman Boston University (www.bu.edu). 

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 di Boston University

Salah satu universitas yang menyediakan beasiswa kuliah di Australia adalah Australian National University (ANU). Bagi para lulusan SLTA yang berminat mengambil S1 di ANU (www.anu.edu.au) bisa mencoba tawaran ini. Peluang tersedia melalui ANU International University Scholarship. Beasiswa disediakan dalam bentuk tanggungan biaya kuliah (tuition fee) selama durasi program untuk semua bidang studi, serta asuransi kesehatan khusus bagi mahasiswa internasional (OSHC). Umumnya pendaftaran dibuka dua kali setahun dan sudah mulai tersedia pada awal tahun melalui laman universitas.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 di Australian National University

Demikianlah beberapa pilihan beasiswa S1 di 2024 – 2025. Tentunya masih banyak pilihan yang lain. Anda bisa menemukannya di menu 'Beasiswa S1' di laman beasiswapascasarjana.com. 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter