Beasiswa S1 2018 – 2019 : Info Pendaftaran dan Peluangnya!

Semakin hari peluang beasiswa S1 bertambah banyak. Ini peluang bagus karena semakin banyak pula kesempatan memperoleh beasiswa tersebut. Khususnya bagi Anda yang berniat kuliah di tahun akademik 2018 - 2019. Selain beasiswa pemerintah, banyak di antaranya juga berasal dari swasta atau yayasan. Bukan soal darimananya, tapi manfaat yang didapatkan. Sebuah beasiswa penuh misalnya. Bisa menanggung biaya pendidikan penerimanya hingga ratusan juta. Sangat lumayan kan untuk menghemat biaya studi. Belum lagi kalau kuliahnya di luar negeri. Hmm.. bisa dihitung sendiri berapa besar biaya yang dibutuhkan.

Lebih kurang tujuh tahun berjalan, beasiswapascasarjana.com mencatat ada beberapa beasiswa S1 yang rutin ditawarkan. Bagi yang merencanakan studi S1 di dalam atau di luar negeri, ini kesempatan untuk memperolehnya. Tidak melulu buat mereka yang baru memulai kuliah ternyata, sejumlah beasiswa justru ditawarkan kepada kandidat yang sudah terdaftar di perguruan tinggi tertentu dan berada di jenjang semester tertentu pula.

Nah, daripada penasaran. Silakan simak uraian beasiswa S1 ini satu per satu.

Beasiswa S1 Unggulan
Nama Beasiswa Unggulan sudah tidak asing. Beasiswa yang dikelola Kementerian Pendidikan ini menyediakan beasiswa dalam beberapa jenjang sekaligus, salah satunya beasiswa S1 bagi lulusan SLTA di tanah air. Beasiswa Unggulan mulai ditawarkan awal tahun. Bagi Anda yang ingin merebut Beasiswa S1 2018-2019 kesempatan ini sangat terbuka lebar. Beasiswa ini bisa dipergunakan untuk kuliah di dalam maupun luar negeri. Semoga beasiswa ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Info pendaftaran » Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa S1 Bidik Misi
Mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu, Beasiswa Bidik Misi bisa menjadi solusinya. Beasiswa ini memang secara khusus didesain pemerintah melalui Kementerian Ristek Dikti untuk membantu siswa lulusan SLTA dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi. Melalui Beasiswa Bidik Misi, pelamar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dari berbagai perguruan tinggi di tanah air. Beasiswa tersebut sudah mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. Pelamar yang memenuhi kriteria ini bisa mengikuti Beasiswa Bidik Misi 2018 yang biasanya ditawarkan ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru.

Info pendaftaran » Beasiswa Bidik Misi S1 Kemristekdikti

Beasiswa Etos
Beasiswa Etos menyediakan bantuan studi bagi mereka yang lolos diterima mahasiswa di sejumlah PTN, terutama dari keluarga kurang mampu. Penerima beasiswa nantinya akan memperoleh Capacity building/Development Program selama 4 tahun yang meliputi : Career coaching, team building, Spiritual awareness, character building, persiapan pasca kampus, dll. Selain itu disediakan asrama mahasiswa selama 2 tahun, uang saku selama 8 semester (quota terbatas), biaya pendidikan selama 8 semester (quota terbatas), serta dukungan prestasi dalam dan luar negeri.

Info pendaftaran » Beasiswa Etos S1 untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Beasiswa S1 BII-Maybank
Beasiswa S1 ini ditawarkan oleh BII-Maybank Foundation. Tepatnya BII-Maybank Foundation Scholarship. Beasiswa ditujukan bagi lulusan SLTA di tanah air yang ingin mengambil S1 dari salah satu universitas di tiga negara, yakni Indonesia, Singapura, atau Malaysia. Beasiswa BII-Maybank ini  full untuk biaya studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket, tunjangan buku, asuransi, biaya riset, dll. Sebelumnya beasiswa ini cukup rutin. Bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mengincar beasiswa kuliah S1 tahun 2018 - 2019. Program terbaru ditawarkan BII-Maybank Foundation adalah Maybank GO Ahead. Challenge (MGAC).

Info pendaftaran » Maybank GO Ahead. Challenge (MGAC)

Beasiswa PPA /BPP PPA
Peluang beasiswa satu ini ditujukan bagi Anda yang sudah berstatus mahasiswa, baik yang tengah kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) atau pun perguruan tinggi swasta (PTS). Namanya sudah tidak asing. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA). Penerima beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA akan memperoleh dana pendidikan sebesar Rp 350 ribu/bulan.

Info pendaftaran » Beasiswa PPA / BPP PPA Kemenristek Dikti

Beasiswa S1 Monbukagakusho
Banyak negara menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing untuk kuliah di negaranya. Salah satunya Jepang. Negeri Sakura ini tiap tahun membuka beasiswa Monbukagakusho. Ada beberapa jenis. Salah satu yang cukup dikenal adalah beasiswa Monbukagakusho khusus SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan diploma (D2, D3) dan S1 di universitas-universitas Jepang. Beasiswa tersebut menyediakan pendanaan penuh untuk studi di Jepang. Biasanya beasiswa ini ditawarkan awal Mei tiap tahunnya.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Monbukagakusho Jepang

Beasiswa Astra 1st
Beasiswa Astra 1st (dibaca: first) yang ditawarkan Astra International bagi mahasiswa S1. Beasiswa Astra 1st  tidak saja memberikan dukungan dana pendidikan, tapi juga pengembangan berupa pelatihan sekaligus bimbingan langsung ke mahasiswa bersangkutan untuk menghadapi dunia kerja. Saat ini, Beasiswa Astra 1st hanya ditujukan bagi mahasiswa dari Fakultas Teknik, Ekonomi, dan Bisnis pada perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa. Bagi Anda yang memenuhi kriteria tersebut, Beasiswa Astra 1st siap menampung aplikasi Anda sebagai kandidat calon penerima beasiswa S1 ini.

Info penaftaran » Beasiswa Astra 1st untuk Mahasiswa S1

Beasiswa S1 Djarum
Beasiswa Djarum rutin ditawarkan bagi mahasiswa S1 di tanah air. Berbeda dari beasiswa di atasnya, beasiswa ini khusus ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah S1 pada semester IV. Beasiswa Djarum menggandeng sejumlah universitas di Indonesia sebagai mitranya. Jadi, harus dilihat apakah perguruan tinggi Anda termasuk di dalamnya. Nah, biasanya beasiswa ini dibuka awal April (tentatif).

Info pendaftaran » Beasiswa Djarum untuk Mahasiswa S1

Beasiswa S1 OTS
Jika punya rencana kuliah di Belanda, pertimbangkanlah Orange Tulip Scholarship atau Beasiswa OTS. Beasiswa ini selain menawarkan beasiswa jenjang pascasarjana, juga tersedia beasiswa S1 bagi lulusan SLTA di tanah air. Pendaftaran beasiswa S1 2018 - 2019 dari OTS justru saat ini masih sedang dibuka hingga 1 April 2016. Beasiswa OTS bisa dipergunakan untuk melanjutkan studi S1 di berbagai universitas di Belanda.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 OTS di Belanda untuk Indonesia

Beasiswa S1 Kemenag
Beasiswa S1 ini mulai rutin ditawarkan Kementerian Agama (Kemenag). Yakni beasiswa S1 bagi lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) untuk melanjutkan pendidikan mereka di universitas-universitas luar negeri terbaik. Beasiswa ini didukung Kemenag dalam bentuk biaya hidup di luar negeri serta biaya transportasi pp, visa, dan asuransi kesehatan. Pelamar hanya perlu mencari universitas di luar negeri yang siap menanggung biaya kuliah.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Kemenag untuk Lulusan MAN/MAS

Beasiswa S1 Tanoto Foundation
Belum lama ini, Tanoto Foundation mengumumkan beasiswanya. Beasiswa ditawarkan untuk jenjang S1 dan S2. Untuk mendaftar, pelamar memang harus mahasiswa dari universitas mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu disediakan pula beasiswa khusus S1 ikatan dinas. Universitasnya juga ditetapkan Tanoto Foundation. Beasiswa disediakan berupa biaya kuliah semester dan biaya hidup.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Tanoto Foundation

Beasiswa S1 BCA Finance
Beasiswa BCA Finance salah satu program beasiswa S1 yang rutin ditawarkan bagi mahasiswa di Indonesia. Kelebihannya, beasiswa terbuka untuk seluruh mahasiswa PTN/PTS di tanah air. Jika Anda sudah menginjak semester II ke atas , beasiswa ini patut dicoba. Beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah. Tahun 2017 nilainya Rp 3 juta per semester. Pendaftaran biasanya buka awal Juni. Jika punya rencana mengikuti beasiswa S1 di 2018, beasiswa ini layak dipertimbangkan.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 BCA Finance

Beasiswa ORBIT HAH
Beasiswa ORBIT HAH merupakan program bantuan biaya studi pelajar/mahasiswa berprestasi yang mengalami kendala dalam membiayai pendidikannya. Beasiswa ini ditawarkan Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie (YAAB-ORBIT HAH). Beasiswa terbuka bagi mahasiswa S1 di tanah air atau yang baru akan memasuki bangku perkuliahan. Pendaftaran terbaru juga sudah dibuka.

Info pendaftaran » Beasiswa ORBIT HAH untuk Mahasiswa S1

Beasiswa S1 ISRA
Anda yang ingin mendalami bidang keuangan syariah, tawaran ini mungkin tepat untuk Anda. ISRA (International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance) yang berada di Malaysia menawarkan beasiswa tersebut bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia untuk mengambil jenjang S1 dan pascasarjana di bidang syariah. Beasiswa ini didanai Bank Negara Malaysia dan dibuka tiap tahun. Beasiswa ini biasanya diumumkan awal tahun.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 ISRA di Malaysia

Beasiswa Karya Salemba Empat
Beasiswa Karya Salemba Empat ditujukan bagi Anda yang tengah kuliah S1 minimal semester dua di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dalam negeri. Tunjangan beasiswa yang diberikan sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk selama setahun. Yang menarik dari Beasiswa Karya Salemba Empat ini, pelamar beasiswa dapat memperpanjang beasiswa tersebut di periode berikutnya. Atau bila saat ini sedang menerima beasiswa tersebut, bisa melakukan pengusulan kembali untuk memperoleh Beasiswa Karya Salemba Empat

Info pendaftaran » Beasiswa Karya Salemba Empat

Beasiswa S1 GE Foundation
Peluang beasiswa ini juga menarik untuk diikuti. GE Foundation Scholar-Leaders Program. Yaitu beasiswa S1 yang disediakan GE Foundation untuk mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi mitra di tanah air untuk mengikuti beasiswa tersebut. Beasiswa biasanya disediakan awal November dan terbuka bagi mahasiswa yang sudah duduk di tahun kedua kuliah (semester 3). Beasiswa yang diberikan senilai $1.200 (USD) untuk tahun kedua, ketiga, dan keempat kuliah S1.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 GE Foundation untuk Mahasiswa S1

Beasiswa S1 Pemerintah Brunei
Tiap tahun Pemerintah Brunei Darussalam menawarkan beasiswa penuh bagi mahasiswa internasional. Dalam skema tersebut juga tersedia beasiswa S1 yang dapat diambil di beberapa universitas ternama di Brunei, seperti  Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Institut Teknologi Brunei (ITB). Pendaftaran biasanya mulai buka November atau Desember.

Info pendaftaran » Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam

Beasiswa S1 Sobat Bumi
Beasiswa Sobat Bumi ditawarkan oleh Pertamina Foundation dan tersedia bagi mahasiswa S1 untuk sejumlah perguruan tinggi mitra di tanah air. Pelamar beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang sedang/telah menyelesaikan semester IV di program S1. Kandidat terpilih akan memperoleh beasiswa UKT maksimal Rp 10.000.000 untuk jangka waktu selama setahun. Serta diberikan pula biaya hidup masing-masing sebesar Rp 500.000 per bulan

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Sobat Bumi Pertamina

Beasiswa S1 Ancora – Khazanah
Ancora-Khazanah Asia Scholarship Program. Skema beasiswa S1 ini dibuka tiap tahun. Beasiswa Ancora – Khazanah ditujukan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan S1 di universitas-universitas terbaik di Malaysia. Beasiswa diberikan penuh dan menanggung sebagian besar kebutuhan studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket, dll.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Ancora - Khazanah di Malaysia

Beasiswa S1 VDMS
Bagi Anda yang berstatus mahasiswa D3 atau pun S1, ini salah satu beasiswa dalam negeri yang tersedia. Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) Scholarship. Beasiswa cukup rutin ditawarkan, terutama bagi universitas dan perguruan tinggi mitra VDMS. Penerima beasiswa akan memperoleh dana pendidikan setiap bulan yang dibayarkan ke rekening pribadi, diberikan satu kali Bonus TOEFL (jika ada) dan Bonus Lulus Tepat Waktu, serta mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building).

Info pendaftaran » Beasiswa VDMS untuk Mahasiswa D3/S1

Beasiswa KPMG ASEAN
Anda yang tengah kuliah S1 jurusan bisnis dan akuntansi, bisa mengikuti program beasiswa KPMG ASEAN atau KPMG ASEAN Scholarship. Tawaran beasiswa yang disediakan KPMG cukup menarik. Salah satunya adalah bantuan dana kuliah sebesar Rp 45 juta per tahun yang diberikan selama tiga tahun berturut-turut. Tidak itu saja, ketika mahasiswa bersangkutan berada di tahun ketiga dan keempat jenjang S1, KPMG akan memberikan kegiatan magang.

Info pendaftaran
» Beasiswa KPMG ASEAN untuk S1

Beasiswa Pertukaran Mahasiswa S1 Aminef
Kesempatan beasiswa ini ditujukan bagi Anda mahasiswa S1 pada perguruan tinggi Indonesia yang ingin mengikuti program pertukaran mahasiswa di Amerika. Namanya Global Undergraduate Exchange Program yang disediakan oleh Aminef. Nantinya Anda akan menjalani kuliah singkat selama satu semester di universitas AS. Yang menarik, biaya di sana ditanggung oleh Aminef.  


Beasiswa Mizan
Yang perlu juga diintip tawaran Beasiswa Mizan. Lebih spesifiknya beasiswa ini ditujukan bagi Anda yang tengah mempersiapkan menyelesaikan skripsi, tesis, atau disertasi kuliah. Beasiswa tugas akhir tersebut disediakan dalam bentuk bantuan dana penelitian. Yang menarik, karya tulis yang dihasilkan juga berpeluang untuk diterbitkan.

Info pendaftaran » Beasiswa Mizan untuk Skripsi S1

Itulah sebagian info beasiswa S1 2018 - 2019, baik yang sedang dibuka maupun akan tersedia di hari-hari mendatang. Silakan kunjungi menu » Beasiswa Sarjana untuk mengetahui lebih banyak pilihan beasiswa S1 yang sedang buka saat ini. Selamat mencoba!
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..