Beasiswa Amgen Scholars untuk Penelitian Singkat Mahasiswa S1/DIV

Ingin mengecap penelitian singkat di universitas-universitas kelas dunia? Bagi Anda mahasiswa S1 atau DIV yang kuliah di dalam negeri, Program beasiswa Amgen Scholars mungkin bisa menghantarkan impian Anda tersebut. Beasiswa Amgen Scholars merupakan program global yang ditawarkan  Amgen Foundation dengan dukungan teknis dan arahan dari Harvard University. Beasiswa ini dibuka secara internasional dengan sasaran pelamar-pelamar dari sejumlah kawasan, seperti Amerika, Asia, Eropa, Kanada, dan Australia.

Bagi pelamar dari Asia, termasuk Indonesia, Amgen Scholars membuka Amgen Scholars Asia Program. Beasiswa penelitian singkat ini menerima aplikasi seluruh dunia, utamanya pelamar Asia untuk mengikuti riset singkat di beberapa universitas terbaik mitra Amgen Scholars di Asia.

Ada empat universitas yang menjadi pilihan penelitian singkat bagi mahasiswa S1 ini, yakni Kyoto University (Jepang), National University of Singapore (Singapura), The University of Tokyo (Jepang), dan Tsinghua University (Cina).

Kegiatan penelitian ini berlangsung sekitar 7 – 8 pekan atau dua bulan. Mulai Juni hingga Agustus 2024. Mahasiswa nantinya akan melakukan pelatihan penelitian singkat di laboratorium-laboratorium universitas dengan bimbingan mentor-mentor dan dosen universitas. Area fokus penelitian mencakup semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pengobatan, biomedis, bioteknologi, dll. Misalnya di Kyoto University, bidang-bidang penelitian yang ditawarkan kepada mahasiswa meliputi Kedokteran Molekuler, Biologi Sel, Ilmu Saraf, Mikrobiologi, Bioteknologi, Kimia, dan Dinamika Kuantum.

Simak juga » Beasiswa CCIP di AS untuk Lulusan SMA/SMK, Diploma/S1

Sementara, di NUS Singapura beberapa penelitian singkat yang ditawarkan seperti Genomik Molekuler, Penuaan, Pengembangan dan Pencitraan Seluler, Penyakit Menular, Kanker dan Sel Induk, Struktur Protein dan Desain Obat. Pilihan penelitian singkat yang ditawarkan di tiap universitas ini bisa berbeda.

Di The Univerisity of Tokyo milsanya, selama program, setiap mahasiswa akan ditempatkan di laboratorium, masing-masing dipimpin oleh seorang ilmuan terkemuka dari lima lembaga di universitas, yaitu Graduate School of Science, Graduate School of Engineering, Graduate School of Pharmaceutical Sciences, Graduate School of Agricultural and Life Sciences, dan the Institute of Industrial Science.

Beasiswa Amgen Scholars mencakup kebutuhan dasar selama menjalani penelitian singkat di universitas tujuan, di antaranya biaya perjalanan, uang saku, tempat tinggal, dan akomodasi. Asuransi kesehatan disediakan sendiri oleh peserta. Detilnya diatur diatur oleh masing-masing universitas. 

Persyaratan:
1. Terdaftar di perguruan tinggi atau universitas di seluruh dunia yang memberikan gelar sarjana atau setara
2. Minimum telah menyelesaikan tahun pertama studi sarjana pada musim panas program dimulai
3. Belum lulus kuliah sebelum program musim panas dimulai, dan setelah program musim panas berakhir  melanjutkan studi sarjana kembali untuk sekurangnya satu atau seperempat semester
4. Memiliki prestasi akademik yang bagus
5. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan Skor TOEFL (iBT) 72, skor IELTS 5.5, Cambridge English FCE, TOEIC 1095, skor TOEIC L&R 785, atau skor TOEIC S&W 310 jika buka pengguna bahasa Inggris native atau bahasa Inggris bukan bahasa pertama Anda
6. Minat untuk mengejar gelar Ph.D

Simak juga » Daftar Beasiswa S1 Terbaru 2024 - 2025

Pendaftaran:
Pengajuan beasiswa penelitian Amgen Scholars dilakukan secara online di laman masing-masing universitas. Detil link universitas tertera di laman Amgen Scholars. Perlu dipahami, masing-masing universitas memiliki mekanisme pendaftaran yang berbeda, karena itu sebaiknya dipelajari terlebih dahulu sebelum mengirimkan permohonan.

Batas akhir pendaftaran Amgen Scholars Asia Program adalah 1 Februari 2024. Sebaiknya ajukan aplikasi jauh sebelum deadline berakhir. Hasil seleksi akan diberitahukan oleh universitas kepada pelamar terpilih pada awal April 2024.

Kontak:
Kyoto University
Dr. Fuyuki Ishikawa, Program Director
Dr. Shigehiro Yoshimura, Program Director
Ms. Sayaka Seike, Program Assistant
[t] +81-75-753-3317
[e] amgenscholars@mail2.adm.kyoto-u.ac.jp

National University of Singapore
Dr. Henry MOK, Associate Professor
Mr. Ambert ANG, Program Manager
[t] +65 65162711
[e] amgen_nus@nus.edu.sg

The University of Tokyo
Ms. Midori Arakawa, Program Officer
[t] 81-(0)3-5841-0773
[e] amgenscholars.adm@gs.mail.u-tokyo.ac.jp

Tsinghua University
Dr. Ligong Chen, Program Director
Ms. Linan Cang, Program Manager
[t] +86-10-6277-3295
[e] amgenscholars@tsinghua.edu.cn

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter