Daftar Beasiswa S3 2024 – 2025 Dalam Negeri & Luar Negeri

Jika dibandingkan beasiswa S1 atau beasiswa S2, peluang yang tersedia untuk beasiswa S3 jumlahnya tidak kalah banyak. Bahkan, beberapa universitas lebih memprioritaskan beasiswa jenjang pascasarjana tersebut terutama dalam menggaet pelajar asing. Itu biasanya terlihat dari pengalokasian kuota, jumlah dana, hingga area bidang studi/riset yang bisa diambil. Namun, kalau jumlah peminat memang terlihat masih kalah jauh dibanding pencari beasiswa S1 maupun S2, khususnya di tanah air.
 

Berikut ini adalah daftar peluang beasiswa S3 yang biasanya buka tiap tahun, terutama di tahun akademik 2024 - 2025. Umumnya beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa penuh. Biaya kuliah dan biaya hidup sudah ditanggung. Namun, ada juga yang menambahkan kebutuhan lain, seperti tiket perjalanan, akomodasi, biaya seminar, hingga asuransi kesehatan. Sebagai peminat, yang perlu dipertimbangkan mungkin tingkat kebutuhan terhadap beasiswa tersebut dengan berbagai penilaiannya.

Beasiswa DAAD Epos
Tahun ini beasiswa DAAD Epos dibuka kembali. Selain beasiswa full biaya kuliah, beasiswa ini juga meliputi beasiswa parsial atau parohan. Itu berdasarkan program dan universitas yang dipilih nantinya. Ada puluhan program studi yang tersedia, baik jenjang S2 maupun S3 di universitas Jerman. Jika berminat mendaftar Beasiswa DAAD Epos 2024 – 2025, pastikan Anda sudah memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya dua tahun. Pelamar bisa berasal dari lembaga pemerintah, perguruan tinggi, BUMN, atau pun perusahaan swasta. Pendaftaran dibuka Agustus 2023 s/d Januari 2024.

Info Pendaftaran » Beasiswa DAAD Epos Jerman
 
Beasiswa BPI LPDP
Salah satu peluang beasiswa S3 2024-2025 adalah yang satu ini. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang ditawarkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Ada beberapa macam beasiswa yang ditawarkan. Khusus peminat doktor, Anda bisa mengikuti BPI Program Master dan Doktor, Beasiswa Afirmasi, serta ada juga Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia. BPI sudah mencakup semua biaya pendidikan serta biaya pendukung yang meliputi transportasi keberangkatan, asuransi kesehatan, visa, tunjangan hidup bulanan, tunjangan keluarga, tunjangan kedatangan, dll. Yang menarik dari beasiswa LPDP, selain menyediakan beasiswa S3 di luar negeri, juga membuka beasiswa S3 dalam negeri. Sehingga pelamar bisa leluasa memilih tujuan studi mereka. Pendaftaran biasa dibuka Januari hingga Februari untuk tahap I dan Juni - Juli untuk tahap II.
beasiswa s3, beasiswa s3 dalam negeri, beasiswa s3 luar negeri, beasiswa s3 2024, beasiswa doktor, beasiswa

Info Pendaftaran » Beasiswa LPDP S3

Beasiswa Gates Cambridge
Buat Anda yang berniat mengambil S3 di University of Cambridge, ini salah satu beasiswa yang rutin ditawarkan Bill and Melinda Gates Foundation. Bagi pelamar internasional, salah satunya asal Indonesia diberikan kuota 80 kursi. Siapa tahun Anda salah seorang di antaranya. Beasiswa tersebut ditawarkan melalui Gates Cambridge Scholarship. Jika terpilih, kandidat akan memperoleh tanggungan biaya kuliah penuh di Universitas Cambridge, tunjangan pemeliharaan, tiket pesawat pp, biaya visa, tunjangan keluarga, tunjangan konferensi, dll. Pendaftaran biasa dibuka mulai 4 September 2023 s/d 4 Januari 2024.

Info Pendaftaran » Beasiswa Gates Cambridge 
 
Beasiswa HKPFS
Hong Kong PhD Fellowship Scheme (HKPFS) merupakan program beasiswa S3 yang bisa diikuti untuk studi doktoral di universitas-universitas Hong Kong. Program beasiswa HKPFS rutin ditawarkan setiap tahun dan memberi kesempatan luas bagi mahasiswa-mahasiswa internasional untuk meraih beasiswa ini. Kuota beasiswa yang disediakan juga tidak sedikit. Sekitar 300 kursi. Beasiswa HKPFS terbuka bagi Anda yang ingin melanjutkan studi pada bidang sains, kedokteran, teknik, teknologi, humaniora, ilmu sosial, dan bisnis. Per tahunnya, beasiswa diberikan sebesar HK$ 319.200 (sekitar USD 40.900) serta tunjangan perjalanan penelitian dan konferensi per tahun sebesar HK$ 13.300 (sekitar USD 1.700). Pendaftaran dibuka September hingga Desember 2023.

Info Pendaftaran » Beasiswa HKPFS

Beasiswa Fulbright
Belajar ke negeri Paman Sam memang jadi idaman banyak orang. Ada beragam beasiswa ke Amerika Serikat yang bisa diikuti untuk mewujudkan impian Anda tersebut. Salah satunya beasiswa Fulbright. Jenis beasiswa ini juga beragam. Peluang beasiswa S3 satu di antaranya. Program yang dapat diikuti, seperti Fulbright PhD Degree Program dan DIKTI Funded Fulbright PhD Program. Selain menanggung biaya kuliah, Fubright juga menyiapkan tunjangan buku, tunjangan hidup bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan. Pendaftaran biasanya tersedia mulai Desember hingga Maret.

Info Pendaftaran » Beasiswa Fulbright Pemerintah AS

Beasiswa Dosen
Bagi Anda para dosen dan tenaga kependidikan, peluang beasiswa dosen satu ini juga menarik untuk diikuti. Beasiswa dosen ditawarkan Kemendikbudristek bekerjasama dengan LPDP. Sasarannya adalah dosen yang ingin melanjutkan studi pascasarjana. Salah satunya jenjang S3, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa yang ditawarkan Kemendikbudristek merupakan beasiswa penuh mencakup tanggungan kebutuhan utama studi, seperti biaya hidup, biaya kuliah, akomodasi, tiket pesawat, asuransi kesehatan, biaya visa, tunjangan keluarga, dll. 
beasiswa s3, beasiswa s3 dalam negeri, beasiswa s3 luar negeri, scholarship, beasiswa kuliah s3, beasiswa, beasiswa s3 terbaru, beasiswa s3 2024

Info Pendaftaran » Beasiswa Dosen S3

Beasiswa Monbukagakusho
Belum lama ini beasiswa Munbakagakusho baru saja diumumkan Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta. Beasiswa Monbukagakusho juga memiliki beragam pilihan. Salah satunya adalah beasiswa yang bisa diperuntukkan untuk jenjang S3. Beasiswa tersebut ditawarkan melalui Program Research Student. Saat menjalani program riset, penerima beasiswa diperkenankan mendaftar ke program degree, salah satunya S3, setelah lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas.

Info Pendaftaran » Beasiswa Monbukagakusho

Selain itu, pelamar juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti tahapan research student, apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan. Cakupan Beasiswa Monbukagakusho meliputi 100 persen biaya kuliah, tunjangan hidup 143.000 yen (± Rp 15 juta) per bulan, serta tiket pesawat pp Indonesia-Jepang. Selain itu penerima beasiswa tidak perlu merasa terbebani karena beasiswa Pemerintah Jepang ini diberikan tanpa ikatan dinas. Pendaftaran biasanya dibuka April atau Mei.

Beasiswa IsDB 
Islamic Development Bank (IsDB) merupakan salah satu lembaga dunia yang menyediakan beasiswa S3 penuh bagi negara anggotanya. Peminat dari Indonesia bisa mengajukan beasiswa tersebut yang pendaftarannya dibuka tiap tahun. Skema beasiswa IsDB ini tersedia melalui IsDB Scholarship. Beasiswa ini dapat digunakan untuk mengambil gelar PhD berbasis studi/riset selama tiga tahun. Beasiswa IDB menanggung semua kebutuhan utama studi, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, tiket pesawat pp, tunjangan seminar, tunjangan persiapan makalah ilmiah, tunjangan komputer, hingga tunjangan keluarga.

Pelamar bebas memilih universitas atau perguruan tinggi yang dilamar dengan syarat universitas tersebut masuk dalam peringkat 10 universitas terbaik di negara tujuan. Termasuk bila ingin melanjutkan kuliah di kampus dalam negeri. Pendaftaran biasanya dibuka Desember hingga awal tahun.

Info Pendaftaran » Beasiswa S3 IsDB

Beasiswa Australia Awards
Program beasiswa Australia Awards ditawarkan tiap tahun. Satu di antara Beasiswa Australia yang rutin disediakan negeri kanguru tersebut. Beasiswa ini fokus untuk jenjang pascasarjana, salah satunya program doktor (S3) yang bisa diambil di universitas-universitas terkemuka Australia. Bagi penerima Beasiswa Australia Awards mereka akan mendapatkan tanggungan penuh biaya kuliah, biaya hidup, dana penunjang awal di masa perkuliahan, asuransi kesehatan, bantuan tutorial tambahan, biaya pemeriksaan medis dan rontgen, biaya tiket perjalanan kelas ekonomi saat keberangkatan ke Australia dan pulang ke tanah air, serta penelitian lapangan di Indonesia atau Australia.  Yang menarik, disediakan pula pra-kursus bahasa Inggris di Indonesia, tunjangan hidup di Indonesia selama pelatihan, serta program pengenalan akademik di Australia sebelum dilaksanakan perkuliahan. Pendaftaran rutinnya dibuka Februari hingga April.

Info Pendaftaran » Beasiswa Australia Awards

Beasiswa Open Doors
beasiswa s3, beasiswa s3 dalam negeri, daftar beasiswa s3, beasiswa doktor, s3, beasiswa s3 luar negeri, beasiswa s3 2024, beasiswa kuliah s3, beasiswa dalam negeri, beasiswa luar negeriJika Anda mengincar beasiswa S3 luar negeri dengan tujuan negara Rusia, program beasiswa Open Doors bisa dipertimbangkan. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Rusia bekerjasama dengan Global University Association yang menyediakan beasiswa studi S3 di universitas-universitas terkemuka Rusia. Total 300 kursi beasiswa disediakan. Beasiswa diselenggarakan dalam bentuk kompetisi secara online. Pemenang nantinya akan memperoleh beasiswa di Rusia berupa potongan biaya kuliah 100 persen ditambah beasiswa dari Pemerintah Rusia. Menariknya, ada puluhan universitas terkemuka Rusia yang bisa menjadi tujuan studi. Jika tertarik Anda bisa mendaftar secara online. Pendaftaran dibuka 15 September hingga Desember 2023.

Info Pendaftaran » Beasiswa Open Doors

Beasiswa Taiwan ICDF
Anda yang berminat melanjutkan studi S3 di Taiwan, peluang ini mungkin bisa menjadi jawaban. Beasiswa Taiwan ICDF. Beasiswa tersebut cukup rutin ditawarkan melalui skema Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program. Beasiswa diberikan selama empat tahun untuk program PhD di universitas-universitas Taiwan, serta disediakan sejumlah fasilitas bagi penerimanya. Di antaranya biaya kuliah, biaya hidup, tiket penerbangan PP ke Taiwan, serta asrama mahasiswa untuk tempat tinggal. Tunjangan hidup bulanan diberikan sebesar NT$ 17.000 atau setara US$566 per bulan bagi mahasiswa program PhD. Pendaftaran rutin dibuka Februari atau awal tahun.

Info pendaftaran » Beasiswa Taiwan ICDF

Beasiswa Eiffel
Nama beasiswa satu ini sudah sangat familiar. Ya, beasiswa Eiffel. Pemerintah Prancis menawarkannya setiap tahun dan kandidat dari Indonesia salah satu sasarannya. Beasiswa yang tersedia untuk jenjang S2 dan S3 ini ditawarkan melalui Eiffel Excellence Scholarship Programme. Beasiswa Eiffel menjaring mahasiswa-mahasiswa internasional berbakat untuk melanjutkan studi doktor mereka di universitas-universitas Prancis. Penerima beasiswa S3 akan mendapatkan tunjangan bulanan 1.400 - 1.700 Euro untuk pembiayaan maksimum 10 bulan, tiket pesawat pp, asuransi kesehatan, serta kegiatan budaya. Selain itu juga bisa memperoleh tambahan keuangan dari bantuan tempat tinggal. Selain itu, bila Anda mendaftar ke perguruan tinggi negeri, maka akan dibebaskan dari biaya kuliah. Pendaftaran kemungkinan dibuka Oktober hingga Januari 2024.

Info Pendaftaran » Beasiswa Eiffel Prancis

Beasiswa Türkiye
Beasiswa Türkiye merupakan beasiswa Pemerintah Turki yang dibuka tiap tahun bagi pelamar internasional, termasuk Indonesia. Beasiswa Turki merupakah salah satu beasiswa yang banyak peminat. Termasuk para pelamar Indonesia. Cakupan beasiswa yang diberikan di antaranya tunjangan bulanan sebesar 1.400 TL (± Rp 3,7 juta) untuk beasiswa S3. Kemudian ditanggung penuh biaya perkuliahan dan penempatan program, akomodasi, tiket pesawat PP ke Turki, asuransi kesehatan, serta kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan dimulai. Pendaftaran rutin dibuka mulai Januari.

Info Pendaftaran » Beasiswa Türkiye

Beasiswa PMDSU
Program beasiswa S3 satu ini cukup menarik, karena kesempatan diberikan kepada lulusan S1 untuk langsung melanjutkan studi S2 hingga S3 dalam satu kali waktu. Beasiswa PMDSU ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini rutin dibuka setiap dua tahun dan pelamar bisa melanjutkan S3 mereka di beberapa perguruan tinggi dalam negeri yang menjadi penyelenggaran beasiswa PMDSU. Jadi, bila Anda mengincar beasiswa S3 di dalam negeri, beasiswa PMDSU salah satu solusinya. Beasiswa yang diberikan mencakup dana hibah penelitian yang nantinya digunakan untuk kegiatan riset di kelompok peneliti/promotor, kemudian diberikan biaya kegiatan outsourcing fasilitas riset di luar negeri sesuai rencana studi paripurna yang diusulkan, serta biaya pendidikan yang meliputi SPP/UKT di masing-masing PT. Selain biaya tersebut, juga diberikan biaya hidup dan tunjangan mahasiswa sesuai standar beasiswa. Pendaftaran biasanya dibuka Juni.

Info Pendaftaran » Beasiswa PMDSU

Beasiswa Pemerintah Swiss
Pemerintah Swiss rutin menawarkan beasiswa S3 yang dinamai Swiss Government Excellence Scholarships. Program ini ditawarkan ke banyak negara, salah satunya Indonesia. Beasiswa S3 maksimum diberikan tiga tahun. Peminat diberi kesempatan untuk melamar di 10 universitas Swiss dan dua institut teknologi, yakni University of Basel, University of Bern, University of Fribourg, University of Geneva, University of Lausanne, University of Lucerne, University of Neuchâtel, University of St.Gallen, University of Zurich, dan University of Lugano, Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL), dan Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETHZ).

Komponen beasiswa, di antaranya tunjangan bulanan 1.920 Swiss Franch, dibebaskan biaya kuliah, asuransi kesehatan, lump sum untuk tarif penerbangan, tunjangan khusus 300 Swiss Franch dibayar sekali di awal beasiswa, kartu transportasi umum untuk tarif satu setengah tahun, bimbingan dan berbagai perjalanan, makan malam, dan sejumlah tur wisata. Pendaftaran dibuka 2 Agustus 2023 hingga 8 Desember 2023.

Info Pendaftaran » Beasiswa S3 Pemerintah Swiss

Beasiswa Vanier CGS
Vanier Canada Graduate Scholarships (CGS) merupakan beasiswa doktoral (S3) yang rutin ditawarkan Pemerintah Kanada. Beasiswa ini tidak saja dibuka bagi kandidat PhD asal Kanada, tapi juga mahasiswa internasional. Sekitar 166 beasiswa dialokasikan Vanier CGS setiap tahunnya. Nilai masing-masing beasiswa yang diberikan terbilang fantastis, yaitu $ 50.000 per tahun dan diberikan selama tiga tahun berturut-turut. Pengajuan beasiswa Vanier CGS tidak diajukan langsung oleh kandidat, tapi melalui universitas yang dituju. Pemohon mengajukan usulan kepada universitas, jika terpilih akan diikutsertakan sebagai nominasi penerima beasiswa Vanier CGS kepada komite seleksi. Pendaftaran tersedia mulai Juli hingga November 2023.

Info Pendaftaran » Beasiswa Vanier CGS

Beasiswa SINGA
Beasiswa S3 luar negeri yang menarik lainnya adalah Beasiswa SINGA yang disediakan oleh universitas terkemuka di Singapura. Beasiswa ini merupakan hasil kolaborasi sejumlah lembaga Singapura, yakni Agency for Science, Technology & Research (A*STAR), Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), dan Singapore University of Technology and Design (STUD). Pelamar beasiswa S3 diberi kesempatan melanjutkan studi doktoral mereka di salah satu kampus Singapura, yakni NUS, NTU, atau STUD. Per tahunnya disediakan 240 kursi beasiswa SINGA. Selain biaya pendidikan yang ditanggung penuh, diberikan pula biaya hidup bulanan, tunjangan penyisihan, serta biaya tiket pesawat. Pendaftaran dibuka Juli hingga 1 Desember 2023.

Info Pendaftaran » Beasiswa SINGA

Tentunya masih banyak lagi beasiswa S3 dalam negeri dan beasiswa S3 luar negeri yang tersedia di luar sana. Khusus beasiswa S3 di atas, teknis pendaftaran beasiswa sudah pernah dimuat sebelumnya. Kunjungi link info pendaftaran atau bisa juga dilihat pada menu » Beasiswa S3. Semoga berhasil!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter