Beasiswa Eiffel 2024 – 2025 ke Perancis

Bisa melanjutkan studi ke Perancis dengan beasiswa tentunya jadi kebanggaan tersendiri. Ada banyak beasiswa tersedia. Beasiswa Eiffel salah satunya. Tepatnya Eiffel Excellence Scholarship Programme. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Perancis bagi kandidat internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana mereka di lembaga perguruan tinggi Perancis. Beasiswa Eiffel terbuka untuk jenjang master (S2) dan PhD (S3) dan kini tersedia untuk tahun akademik 2024 – 2025. Bagi Anda yang berminat, beberapa informasi berikut bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan mengikuti Beasiswa Eiffel 2024 tersebut.

Beasiswa Eiffel untuk program master berdurasi 12 bulan (M2 level) dan 24 bulan (M1 level), serta maksimum 36 bulan untuk gelar teknik, tergantung jenis program kuliah yang diambil. Beasiswa ini meliputi tunjangan bulanan sebesar 1.181 Euro. Kemudian disediakan tiket pesawat pulang-pergi, transportasi nasional, transportasi lokal, asuransi kesehatan, kegiatan rekreasi, serta memungkinkan memperoleh tunjangan perumahan. 

Sementara, beasiswa Eiffel untuk program S3 diberikan maksimum 36 bulan. Beasiswa ini meliputi tunjangan bulanan sebesar € 1.700, tiket pesawat pp, transportasi nasional dan lokal, asuransi kesehatan, kegiatan rekreasi, dll. 

Yang perlu dipahami beasiswa Eiffel tidak mencakup biaya pendaftaran ke universitas serta biaya kuliah. Namun, begitu biaya kuliah di Prancis khususnya universitas negeri relatif murah bagi mahasiswa internasional.
Bidang Studi Master dan Doktor: 

• Science and technology:
- Biology and health
- Ecological transition
- Mathematics and digital
- Science and engineering

• Humanities and social sciences:
- History, French language and civilization
- Law and political science
- Economics and management

Simak juga » Ingin Lolos Beasiswa Luar Negeri, Baca Buku Ini!

Persyaratan: 
1. Kandidat bukan warganegara Perancis atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis 
2. Usia calon tidak lebih 25 tahun untuk kuliah master selama pendaftaran 2024 (lahir setelah 31 Maret 1998), untuk jenjang PhD usia calon tidak lebih dari 30 tahun selama pendaftaran 2024 (lahir setelah 31 Maret 1993)
3. Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Perancis yang diterima
4. Beasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di perkuliahan master, termasuk sekolah teknik, dan untuk mahasiswa PhD. Hanya program yang diakui oleh pemerintah Prancis yang memenuhi syarat.
5. Tidak memenuhi syarat bagi kandidat yang telah menerima beasiswa Pemerintah Perancis di bawah program lain.
6. Institusi dapat mengajukan calon yang sebelumnya memperoleh beasiswa Eiffel pada jenjang master untuk beasiswa di jenjang PhD
7. Aplikasi tidak akan diterima untuk calon yang telah mengajukan sebelumnya tapi ditolak, bahkan jika permohonan diajukan oleh institusi yang berbeda atau dalam bidang studi lain. Siswa yang telah diberikan beasiswa Eiffel pada tingkat master tidak memenuhi syarat untuk mendaftar ulang di jenjang master.
8. Memenuhi syarat kemampuan bahasa untuk bahasa pengantar perkuliahan yang diambil
9. Jenjang master: Kandidat yang telah sedang belajar di Prancis tidak memenuhi syarat. 
    Jenjang Doktor: Mahasiswa yang terdaftar dalam program akademik di luar negeri memiliki prioritas lebih dibanding mahasiswa yang sudah berada di Prancis. 
Pendaftaran: 
Pengajuan aplikasi Beasiswa Eiffel 2024 tidak diajukan langsung oleh peserta, tapi oleh universitas atau perguruan tinggi di Perancis yang dilamar. Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu universitas yang diminati di Perancis sesuai dengan Bidang Studi yang tertera di atas, kemudian setelah diterima (memperoleh offer) mintalah agar Anda bisa diusulkan sebagai penerima Beasiswa Eiffel. 

Pendaftaran dibuka mulai 18 September 2023. Aplikasi beasiswa sudah harus diterima oleh Campus France dari pihak universitas paling lambat 10 Januari 2024. Itu artinya peserta sudah harus mendaftar dan diterima di universitas sebelum itu dan meminta diikutsertakan dalam program beasiswa.

Pengumuman hasil akan disampaikan 1 April 2024 melalui website Campus France. Anda bisa melihat pedomannya lebih lanjut melalui laman tersebut (jika sudah tersedia) atau bisa menanyakan langsung mengenai teknis beasiswa Eiffel melalui email di bawah. Semoga berhasil!
 
Kontak:
Campus France - Programme Eiffel
28 rue de la Grange-aux-Belles
75010 Paris
[e] email candidatures.eiffel@campusfrance.org
[w] https://www.campusfrance.org

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter