Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri 2020 – 2021

Apakah Anda sudah menemukan beasiswa S2 yang sesuai untuk melanjutkan studi di luar negeri? Jika belum. Beberapa beasiswa S2 luar negeri berikut ini bisa menjadi pilihan untuk mewujudkan impian tersebut. Jumlah yang tersedia sebenarnya banyak sekali. Namun, beasiswa S2 luar negeri yang dimuat ini bisa Anda manfaatkan untuk studi tahun akademik 2020 – 2021.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memudahkan Anda mengajukan beasiswa tersebut. Pertama, beasiswa yang tersedia bisa saja tidak menjelaskan detil program studi yang bisa dilamar. Penyedia beasiswa seringkali hanya mencantumkan daftar universitasnya saja. Untuk mengajukan beasiswa sesuai dengan program yang diminati, Anda hanya perlu memeriksa website universitasnya. Lihat apakah ada program studi yang ditawarkan di universitas bersangkutan.

Sebagian beasiswa lainnya, hanya memberikan preferensi pada program studi tertentu. Ini lebih memudahkan karena pelamar hanya perlu menyesuaikan dengan program studi prioritas tersebut kemudia mendaftar. Ada juga beasiswa yang mengharuskan mendaftar ke universitasnya terlebih dahulu, kemudian jika telah terdaftar baru dapat mengajukan beasiswa.

Kedua, untuk mengajukan beasiswa S2 luar negeri lihat juga metode aplikasi yang digunakan, apakah secara online atau offline. Pendaftaran secara online biasanya lebih membutuhkan ketelitian ekstra, karena selain harus melengkapi aplikasi online, pelamar juga perlu menyediakan dokumen softcopy. Pendaftaran beasiswa secara online lebih banyak digunakan saat ini karena lebih efisien dan tepat waktu.

Jika pendaftaran beasiswa secara offline. Pastikan alamat tujuan pengiriman dokumen aplikasi sudah benar dan masih tersedia waktu pendaftaran yang cukup sebelum deadline berakhir. Sebaiknya, jika dokumen hardcopy dikirim via pos gunakan paket kilat, sehingga aplikasi bisa sampai tepat waktu.

Lebih detilnya, mungkin bisa disimak di uraian masing-masing beasiswa. Nah, kini saatnya menentukan beasiswa S2 luar negeri 2020 – 2021 yang mau dilamar.

Beasiswa Fulbright
Dibuka setiap tahun, Beasiswa Fulbright sudah sangat dikenal para pemburu beasiswa. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Amerika Serikat untuk Anda yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di universitas-universitas AS. Beasiswa Fulbright merupakan beasiswa full dan salah satu beasiswa S2 luar negeri yang beasiswapascasarjana.com rekomendasikan.

Info pendaftaran » Beasiswa Fulbright Pemerintah AS

Beasiswa Prestasi
Beasiswa S2 di Amerika yang pendaftarannya juga tengah dibuka adalah Beasiswa Prestasi atau lengkapnya USAID Prestasi Scholarship Program. Beasiswa ini bisa Anda manfaatkan untuk melanjutkan studi di universitas-universitas ternama AS dengan prioritas bidang kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Info pendaftaran » Beasiswa Prestasi USAID

Beasiswa Australia Awards
Beasiswa S2 luar negeri satu ini juga sudah tak asing. Australia Awards Scholarship. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Australia bagi kandidat di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Beasiswa Australia Awards merupakan beasiswa penuh yang menyediakan banyak pilihan program studi prioritas untuk studi di universitas-universitas terbaik Australia. Jika tertarik, Anda bisa mencoba beasiswa Australia Awards 2020 – 2021.

Info pendaftaran » Beasiswa Australia Awards

Beasiswa NZS
Pilihan beasiswa S2 luar negeri 2020 – 2021 yang juga terbuka bagi kandidat Indonesia adalah New Zealand Scholarship (NZS). Beasiswa ini disediakan Pemerintah New Zealand bagi kandidat di ASEAN untuk melanjutkan studi pascasarjana di universitas-universitas New Zealand. Ada cukup banyak program studi prioritas yang ditawarkan. Anda bisa mendaftar secara online atau offline.

Info pendaftaran » Beasiswa NZS New Zealand

Beasiswa Chevening
Beasiswa Chevening ditawarkan Pemerintah Inggris bagi pelamar Indonesia yang berminat melanjutkan studi S2 di universitas-universitas Inggris. Beasiswa ini menawarkan tanggungan penuh biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, dll. Pendaftaran Beasiswa Chevening dilakukan secara online.

Info pendaftaran » Beasiswa Chevening

Beasiswa SISGP
Swedish Institute Scholarships for Global Profesionals (SISGP) atau Beasiswa SISS merupakan beasiswa S2 luar negeri yang disediakan Kementerian Luar Negeri Swedia. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, perjalanan, serta asuransi bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas Swedia.

Info pendaftaran »  Beasiswa S2 SISGP Swedia

Beasiswa AMEXCID
Pemerintah Meksiko rutin menawarkan beasiswa bagi kandidat internasional yang ingin melanjutkan studi di negara mereka. Salah satu peluang beasiswa yang dibuka tersebut adalah beasiswa AMEXCID. Beasiswa ini salah satu ditujukan bagi pelamar yang ingin melanjutkan studi S2 di berbagai universitas di Meksiko. Selain tanggungan penuh biaya kuliah, beasiswa AMEXCID juga memberikan tunjangan hidup bulanan, tiket pesawat PP untuk keberangkatan dan kepulangan, asuransi kesehatan, biaya visa, hingga tunjangan transportasi umum di Meksiko.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 AMEXCID Meksiko

Beasiswa LPDP
Salah satu program beasiswa lainnya yang disediakan pemerintah untuk studi di luar negeri adalah beasiswa LPDP. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya pendidikan penuh dan menyediakan pendaftaran sepanjang tahun. Salah satu yang tersedia adalah beasiswa S2.

Info pendaftaran » Beasiswa LPDP Kemenkeu

Beasiswa Rotary
Namanya Rotary Peace Fellowships. Beasiswa ini menawarkan S2 di sejumlah negara, seperti Amerika, Jepang, Inggris, Australia, dan Swedia. Beasiswa Rotary merupakan beasiswa penuh yang menyediakan kesempatan peminat Indonesia yang ingin mendaftar. Setiap tahun ada 50 kuota khusus beasiswa S2 disediakan Rotary.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 Rotary

Beasiswa Monbukagakusho
Beasiswa Monbukagakusho merupakan beasiswa Pemerintah Jepang yang ditujukan pelamar Indonesia yang berminat melanjutkan studi pascasarjana di universitas-universitas Jepang. Beasiswa S2 salah satu yang tersedia. Beasiswa ini disediakan penuh yang menanggung kebutuhan studi kandidat terpilih. Biasanya pendaftaran dibuka April.

Info pendaftaran » Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa AUN/SEED-Net
Salah satu beasiswa S2 luar negeri yang juga bisa dicoba adalah beasiswa AUN/SEED-Net atau AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship. Beasiswa ini memberi kesempatan bagi staf maupun lulusan dari institusi anggota AUN/SEED-Net untuk melanjutkan studi jenjang S2 atau S3. Anggotanya merupakan sejumlah universitas terbaik di ASEAN, seperti UGM, ITB, ITS, dan beberapa universitas di kawasan ASEAN lainnya.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 AUN/SEED-Net

Beasiswa Eiffel
Beasiswa Eiffel adalah program beasiswa S2 luar negeri yang rutin ditawarkan Pemerintah Prancis. Beasiswa ini terbuka bagi kandidat-kandidat internasional, salah satunya Indonesia. Bagi Anda yang ingin mengecap pendidikan S2 di universitas-universitas Prancis, beasiswa Eiffel yang ditawarkan dengan nama Eiffel Excellence Scholarship Programme sayang untuk dilewatkan. Selain bisa dipergunakan untuk melanjutkan ke program master berdurasi 1 tahun, juga bisa program master durasi 2 tahun. Tiap bulan penerima beasiswa akan memperoleh tunjangan hidup bulanan, kemudian tiket pp, tunjangan transportasi, jaminan sosial, kegiatan budaya, dll.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 Eiffel Prancis

Beasiswa Master Mind
Masih di Belgia. Selain beasiswa VLIR-UOS, Anda juga bisa memanfaatkan beasiswa Master Mind atau Master Mind Scholarship yang disediakan Pemerintah Flandria, salah satu negara bagian di Belgia. Beasiswa ini memberikan kesempatan kuliah S2 di universitas-universitas Flandria, semisal University of Antwerp atau Gent University. Jika diterima, pelamar hanya perlu membayar biaya kuliah sangat murah.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 Master Mind Flandria

Beasiswa AMA
Ini peluang beasiswa S2 di Korea yang ditujukan bagi Anda yang menyukai seni. Art Major Asian (AMA) Scholarship atau beasiswa AMA. Beasiswa ini ditawarkan full untuk program-program studi seni di Korean National University of Arts (K’ARTS). Manfaat yang disediakan, seperti tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, tiket pp Korea, dll.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 AMA K’ARTS

Beasiswa KGSP
Beasiswa KGSP adalah beasiswa Pemerintah Korea yang ditujukan bagi kandidat internasional yang ingin mengenyam studi pascasarjana di Korea. Beasiswa ini tersedia melalui Korean Government Scholarship Program (KGSP). Anda bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk studi S2 di universitas-universitas Korea. Ada sekitar 66 universitas pilihan yang bisa dilamar. Yang menarik, beasiswa ini juga disediakan full.

Info pendaftaran » Beasiswa KGSP Pemerintah Korea

Beasiswa Türkiye
Türkiye Scholarships merupakan beasiswa kuliah yang ditawarkan Pemerintah Turki setiap tahun. Beasiswa ini bisa dimanfaatkan untuk sejumlah jenjang studi, salah satunya S2. Pendaftaran sepenuhnya online dan menawarkan beasiswa full bagi penerima beasiswanya.

Info pendaftaran » Beasiswa Pemerintah Turki

Beasiswa Taiwan ICDF
Namanya Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program. Beasiswa Taiwan ICDF menawarkan beasiswa kuliah full di Taiwan. Tidak saja tanggungan biaya kuliah dan biaya hidup yang disediakan, tapi juga tiket pesawat pp Indonesia – Taiwan, tempat tinggal di asrama mahasiswa, biaya kredit kuliah, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta tunjangan buku. 

Info pendaftaran » Beasiswa S2 Taiwan ICDF

Beasiswa DAAD Epos
Salah satu beasiswa S2 di Jerman yang bisa Anda manfaatkan untuk studi luar negeri adalah Beasiswa DAAD Epos. Beasiswa ini ditawarkan oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Setiap tahun rutin dibuka dan menyasar kandidat-kandidat di berbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan berupa dana beasiswa sebesar 8.050 Euro per bulan untuk program master serta asuransi kesehatan dan kecelakaan.. Beasiswa dapat dimanfaatkan untuk studi S2 di universitas-universitas yang ada di Jerman.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 DAAD Epos

Beasiswa StuNed
Program Beasiswa StuNed merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia. Pelamar bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk mengambil kuliah S2 berbahasa pengantar Inggris di universitas-universitas Belanda. Beasiswa StuNed terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. Beasiswa StuNed juga ditawarkan full bagi kandidat Indonesia.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 StuNed di Belanda

Beasiswa Open Doors
Beasiswa S2 satu ini ditawarkan oleh Pemerintah Rusia bekerjasama dengan Global Universities Association, organisasi yang menaungi universitas-universitas di Rusia. Beasiswa Open Doors dibuka dalam bentuk kompetisi di mana kandidat pemenang kompetisi dihadiahi beasiswa S2 untuk melanjutkan studi di universitas Rusia. Menariknya beasiswa Open Doors menawarkan ratusan kursi beasiswa, sehingga membuka lebih besar peluang terpilih. Yang ditanggung dari beasiswa S2 di Rusia ini ada biaya kuliah. 100 persen biaya kuliah akan ditanggulangi oleh Open Doors.

Info pendaftaran » Beasiswa S2 Open Doors Rusia

Itulah sebagian beasiswa S2 luar negeri 2020 - 2021 yang tersedia bagi pelamar Indonesia. Jika berminat, Anda bisa mendaftar untuk periode pendaftaran yang sedang dibuka atau periode berikutnya. Info beasiswa S2 lebih lengkap bisa disimak di beasiswapascasarjana.com pada menu » Beasiswa Master. Semoga berhasil!
Facebook Twitter