Beasiswa S2 di Flandria, Belgia 2023 - 2024

Ini keenam kalinya Pemerintah Flandria atau Flanders menawarkan beasiswa S2 bagi pelamar internasional. Namanya Master Mind Scholarships. Kuota beasiswa yang disediakan biasanya puluhan kursi. Di periode sebelumnya sebanyak 30 kursi beasiswa. Peluang ini sangat layak dicoba untuk tahun akademik 2023 - 2024, terutama bagi Anda yang memiliki ketertarikan untuk menjajal studi pascasarjana di salah satu negara bagian Belgia ini. 

Beasiswa S2 yang ditawarkan Pemerintah Flandria terbuka untuk semua jurusan pada perguruan tinggi yang ada di Flandria dan Brussels. Ada beberapa universitas terkemuka Belgia di negara bagian ini. Misalnya University of Antwerp, Hasselt University, Ghent University, dll. Penerima beasiswa nantinya berhak memperoleh bantuan dana studi sebesar 9.600 Euro (Rp 157 juta) per tahun dan juga dibebaskan dari biaya kuliah per tahun akademik (60 ECTS). Beasiswa yang diterima tersebut mencakup di dalamnya biaya akomodasi, asuransi, dan biaya hidup.

Beasiswa Master Mind diberikan berdasarkan durasi program master yang diambil. Minimum 1 tahun dan maksimum 2 tahun. Universitas bisa saja menarik biaya kuliah kepada penerima beasiswa, namun jumlahnya sangat kecil. Yakni €128,80 per tahun. Selain itu, pelamar juga bisa mendaftar beasiswa S2 di Flandria Belgia ini untuk program mobility yang tengah mengambil S2. Dengan syarat sekurangnya separo dari kredit kuliah diambil di universitas Flandria atau 60 ECTS dari 120 ECTS. 
Perguruan Tinggi di Flandria:
✫ Universities
▪ KU Leuven / University of Leuven
▪ University of Antwerp
▪ Ghent University
▪ Hasselt University
▪ Vrije Universiteit Brussel
 
Universities of Applied Sciences and Arts
▪ Antwerp Maritime Academy
▪ AP University of Applied Sciences and Arts
▪ Erasmus Brussels University of Applied Sciences and Arts
▪ HOGENT University of Applied Sciences and Arts
▪ KdG University of Applied Sciences and Arts
▪ LUCA School of Arts
▪ PXL University of Applied Sciences and Arts
 

Persyaratan:
1. Pelamar mendaftar untuk mengambil program gelar master di salah satu perguruan tinggi di Flandria.
2. Pelamar harus memiliki performa dan/atau potensi akademik yang tinggi:
~ IPK rata-rata 3.5 dari 4.0
3. Mahir berbahasa Inggris (minimum skor IELTS 7.0 atau total skor TOEFL 94, atau level C1 untuk Common European Framework of Reference). Atau hasil serupa dalam tes bahasa resmi lainnya (diakui oleh lembaga tuan rumah)
 4. Bagi yang mendaftar di bidang seni minimum skor IELTS 6.5, atau total skor TOEFL 90, atau level B2 untuk Common European Framework of Reference
5. Universitas tuan rumah juga melakukan pemeriksaan akademis terhadap file mahasiswa. Mahasiswa harus diterima di universitas untuk dapat memperoleh beasiswa meskipun keputusan universitas diambil setelah beasiswa diberikan ke mahasiswa
6. Pemohon hanya dapat dicalonkan oleh satu institusi pendidikan tinggi Flandria. Jika pemohon dipilih sebelumnya oleh lebih dari satu institusi pendidikan tinggi, dia harus memilih satu institusi pendidikan tinggi Flandria untuk mengirimkan aplikasinya ke perangkat Mobility Online.
7. Semua kewarganegaraan bisa mendaftar. Gelar yang diperoleh sebelumnya haruslah dari perguruan tinggi yang berlokasi di luar Flandria
8. Mahasiswa yang sudah terdaftar di institusi perguruan tinggi Flandria tidak bisa mendaftar. Satu-satunya pengecualian dibuat untuk mahasiswa internasional yang, pada saat pendaftaran mereka di Musim Semi 2023, sudah terdaftar dalam program persiapan khusus untuk memulai program magister pada bulan September 2023.
9. Mahasiswa yang mendaftar pada program berikut untuk tahun akademik 2023-2024 tidak memenuhi syarat untuk Beasiswa Master Mind:
- Program persiapan
- Program penghubung
- Kuliah jarak jauh
7. Mahasiswa mobility ke perguruan tinggi mitra di luar Flandria dan Brussel selama program master diperbolehkan. Namun, setidaknya separo dari kredit program master harus diambil di universitas Flandria
Dokumen aplikasi:
1. Foto ukuran paspor
2. Salinan paspor atau KTP
3. Curriculum Vitae
4. Salinan transkrip akademik. Jika tidak ditulis dalam bahasa Belanda, Prancis, Jerman atau Inggris, sediakan terjemahan resminya ke dalam bahasa tersebut.
5. Hasil tes kemampuan bahasa Inggris (ex: TOEFL/IELTS)
6. Letter of motivation dalam bahasa Inggris
7. Dua (2) surat rekomendasi dari profesor perguruan tinggi asal atau atasan kerja dalam bahasa Inggris
8. Salinan ijazah. Jika ditulis selain dalam bahasa Prancis, Belanda, Jerman, atau Inggris, sediakan terjemahan resminya
 
 
Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa Pemerintah Flandria memiliki kesamaan Beasiswa Eiffel. Pelamar tidak mengajukan langsung beasiswa tersebut ke Pemerintah Flandria. Tapi, mendaftar melalui perguruan tinggi yang dilamar. Pelamar mendaftar terlebih dahulu ke universitas serta program studi yang diminati di laman studyinflanders.be. Sekaligus mengajukan beasiswa ke universitas Belgia tersebut untuk memperoleh Master Mind Scholarships berdasarkan dokumen aplikasi di atas. Nanti pihak universitas yang akan melakukan seleksi awal, kemudian mengajukan nama calon kandidat ke Pemerintah Flandria. Mekanisme pendaftaran beasiswa bisa dilihat melalui link masing-masing universitas yang tertera di atas.

Deadline pengajuan aplikasi beasiswa ditetapkan oleh masing-masing universitas. Umumnya antara 1 Februari 2023 hingga 28 April 2023. Pengumuman hasil seleksi beasiswa disampaikan Juni 2023. Perkuliahan dimulai September 2023 untuk tahun akademik 2023 – 2024.

Bagaimana Caranya Lolos Beasiswa?
Buku Ini Menjawab Rahasianya..!

Facebook Twitter