Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri 2024 – 2025

Beasiswa S2 dalam negeri kini semakin banyak pilihan. Satu per satu muncul program beasiswa baru dan semoga saja terus bertambah, sehingga peluang untuk memperoleh beasiswa tersebut semakin besar. Jika Anda sudah atau sedang menyelesaikan pendidikan S1 atau DIV dan berencana melanjutkan S2 di dalam negeri saja, beberapa beasiswa S2 ini mungkin patut untuk dipertimbangkan. Apalagi memang targetnya mengejar beasiswa S2 dalam negeri 2024 – 2025. Rasanya kalau bisa dapat biaya pendidikan gratis, pengeluaran yang bisa dihemat tentu tidak sedikit.
 
Simak juga » Jadwal Pendaftaran Beasiswa 2024 - 2025

Dalam beberapa tahun terakhir, beasiswapascasarjana.com mencermati beberapa beasiswa S2 dalam negeri yang cukup rutin ditawarkan dan berpeluang besar kembali dibuka untuk periode yang baru atau di tahun akademik 2024 – 2025. Apa saja beasiswa itu? Berikut ulasannya:

Beasiswa LPDP
Sejak dimulai tahun 2013, beasiswa pemerintah satu ini kian memiliki daya tarik. Apalagi kalau bukan beasiswa LPDP. Jenis beasiswa yang ditawarkan juga beragam, seperti beasiswa LPDP reguler, beasiswa LPDP afirmasi, beasiswa pendidik, beasiswa PNS, TNI, Polri, dll. Pilihan beasiswa LPDP tersebut semuanya menawarkan beasiswa S2 di dalam negeri, khususnya di tahun akademik 2024 – 2025. Yang menarik, semua biaya kuliah ditanggung. Pendaftaran rutinnya dibuka Januari hingga Februari untuk Tahap I dan Juni hingga Juli untuk Tahap II.

Info pendaftaran » Beasiswa LPDP
 
Beasiswa GSEP 
Beasiswa GSEP adalah salah satu beasiswa S2 dalam negeri yang juga bisa dicoba. Beasiswa ini ditawarkan oleh Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP), sebuah organisasi non-profit yang peduli terhadap pengembangan energi berkelanjutan di seluruh dunia. Sasaran beasiswa GSEP adalah pelamar-pelamar dari negara berkembang, salah satunya Indonesia. Tidak saja di dalam negeri, beasiswa GSEP juga bisa dilamar untuk studi di luar negeri. Beasiswa GSEP juga bisa dilamar bagi mereka yang sudah berstatus mahasiswa S2. Penerima beasiswa akan mendapatkan $21.000 per tahun yang diberikan hingga dua tahun. Pendaftaran dibuka Februari hingga April.

Info pendaftaran » Beasiswa GSEP

Beasiswa Unggulan
Seperti halnya beasiswa LPDP, Beasiswa Unggulan juga memiliki sejumlah pilihan. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini menawarkan setidaknya dua jenis beasiswa S2 yang bisa dilamar untuk studi di dalam negeri, yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud. Beasiswa unggulan juga menawarkan beasiswa pendidikan untuk kuliah S2. Pendaftaran dibuka Agustus.

Info pendaftaran » Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa IsDB
Islamic Development Bank (IsDB) salah satu yang rutin menawarkan beasiswa bagi negara-negara anggota IsDB. Salah satunya Indonesia. Beasiswa yang mereka tawarkan merupakan beasiswa penuh yang menanggung biaya kuliah, biaya hidup, biaya berobat, tunjangan instalasi, tunjangan tesis, dll. Beasiswa IsDB bisa dilamar untuk studi S2 di dalam negeri dengan catatan Anda mendaftar pada perguruan tinggi yang masuk peringkat terbaik di tanah air. Jurusan yang mereka tawarkan sangat beragam. Pendaftaran dibuka awal tahun hingga Mei.

Info pendaftaran » Beasiswa IsDB
 
Beasiswa PMDSU
Beasiswa ini lebih tepatnya ditujukan bagi lulusan S1 fresh graduate yang ingin menjadi dosen. Namanya beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) dan ditawarkan khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Dikti. Nantinya para lulusan S1 akan menempuh pendidikan hingga doktor (S3) dengan durasi empat tahun. Beasiswa ini juga menyediakan tanggungan penuh biaya kuliah. Pendaftaran dibuka April hingga Mei.

Info pendaftaran » Beasiswa PMDSU Kemendikbud

Beasiswa Bidik Misi
Bagi Anda yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sebelumnya telah meraih beasiswa Bidik Misi S1 (sekarang beasiswa KIP Kuliah), kesempatan beasiswa tersebut juga dibuka hingga S2. Kemendikbud bersama LPDP menyediakan beasiswa Bidik Misi S2 untuk sejumlah studi di dalam maupun luar negeri. Bedanya pendaftaran online dilakukan di laman LPDP. Beasiswa ini juga menanggung biaya kuliah penuh. Pendaftaran dibuka Mei hingga Juni untuk Tahap I dan Agustus hingga September untuk Tahap II.

Info pendaftaran » Beasiswa Bidik Misi S2

Beasiswa SEARCA
Beasiswa SEARCA sebetulnya bukan beasiswa baru. Tiap tahun ditawarkan, termasuk bagi pelamar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di dalam negeri. Bedanya beasiswa SEARCA melibatkan beberapa universitas di Asia Tenggara. Di Indonesia, universitas yang cukup rutin menyediakan beasiswa SEARCA adalah Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor. Sasaran pelamarnya adalah PNS, peneliti, ataupun dosen. Program yang ditawarkan adalah pertanian dan bidang terkait seperti biologi, perikanan, ilmu lingkungan, statistik, kehutanan, dan ilmu-ilmu sosial.

Info pendaftaran » Beasiswa SEARCA

Beasiswa Pendidikan Dosen PTA
Jika kita sebelumnya mengenal beasiswa BPP-DN khusus dalam negeri atau BPP-LN untuk luar negeri. Kini tersedia Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik atau Beasiswa Pendidikan Dosen PTA. Seperti namanya beasiswa ini khusus ditujukan bagi dosen baik perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ingin melanjutkan studi jenjang S2 atau S3 baik dalam negeri maupun luar negeri. Khusus di S2 di dalam negeri, Anda bisa melamar beasiswa Pendidikan Dosen PTA ini. Beasiswa menanggung biaya studi penuh yang disediakan oleh LPDP.

Info pendaftaran » Beasiswa Pendidikan Dosen PTA

Beasiswa FINCAD
Program beasiswa S2 satu ini didanai oleh FINCAD. Sebuah lembaga penyedia portofolio perusahaan dan analisis resiko yang berbasis di Kanada. Setiap tahunnya FINCAD membuka beasiswa S2 khusus bagi perempuan yang ingin mengambil studi S2, baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Selama perguruan tinggi tujuan studi terakreditasi dan jurusan yang diambil berhubungan dengan keuangan, Anda bisa mendaftar beasiswa FINCAD. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan sebesar US$20.000 untuk menunjang biaya studi pascasarjana yang diambil. Pendaftaran dibuka Juni atau Agustus.

Info pendaftaran » Beasiswa FINCAD

Beasiswa Dexa Award
Beasiswa Dexa Award adalah satu beasiswa S2 dalam negeri yang rutin dibuka. Beasiswa ini ditawarkan oleh Dexa Group yang memberi peluang bagi lulusan S1 semua jurusan yang ingin melanjutkan S2 di dalam negeri. Syaratnya, proposal riset S2 yang Anda usulkan berhubungan dengan kesehatan manusia serta kampus yang dipilih terakreditasi A. Selain memperoleh beasiswa penuh berupa biaya pendidian dan riset penelitian, penerima beasiswa Dexa Award juga berkesempatan berkarir di Dexa Group. Pendaftaran biasanya dibuka Maret hingga April.

Info pendaftaran » Beasiswa Dexa Award

Beasiswa Unhan
Program beasiswa ini ditujukan bagi masyarakat umum, TNI, Polri, dan PNS yang ingin mengambil gelar magister sains bidang pertahanan. Beasiswa S2 ini berlangsung di Universitas Pertahanan Indonesia dan biasanya dibuka dua gelombang dalam setahun. Pelamar terpilih akan dibebaskan dari biaya pendidikan, dan disediakan beragam kebutuhan studi, termasuk uang saku, dan asrama. Pendaftaran biasa dibuka Maret.

Info pendaftaran » Beasiswa Unhan

Beasiswa JFL
Program beasiswa ini ditawarkan khusus Pemerintah Jawa Barat bagi pelamar yang memiliki KTP Jabar atau warga Jawa Barat. Namanya Jabar Future Leaders (JFL) Scholarship. Beasiswa JFL ditawarkan tidak saja ditujukan bagi mahasiswa baru, namun juga mahasiswa aktif dari berbagai jenjang. Nah, jika Anda warga Jawa Barat dan ingin melanjutkan S2 di dalam negeri, peluang beasiswa Pemprov Jabar ini layak dipertimbangkan. Pendaftaran sebelumnya dibuka Juni hingga Juli. 

Info pendaftaran » Beasiswa JFL

Beasiswa Dosen Kemendikbudristek
Bagi Anda yang berprofesi sebagai dosen, peluang beasiswa ini dibuka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Beasiswa dosen ini disediakan untuk program S2 atau S3 di dalam negeri atau luar negeri. Selain menanggung biaya pendidikan, beasiswa dosen ini juga menyediakan biaya hidup bulanan, tiket pp, tunjangan buku, dana transportasi, biaya visa, tunjangan keluarga, asuransi kesehatan, dll.

Info pendaftaran » Beasiswa Dosen

Itulah sebagian beasiswa S2 dalam negeri yang bisa Anda coba untuk tahun 2024 – 2025. Beberapa beasiswa lain mungkin belum tercantum dalam daftar ini. Namun, sudah bisa menjadi rujukan bila Anda berniat mengambil S2 di dalam negeri saja, sekaligus tersedia beasiswanya. Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter