Beasiswa di Jerman Full dan Parsial (S2/S3)

Di Jerman ada beragam beasiswa yang ditujukan bagi pelamar asing, semisal Indonesia. Beasiswa Epos salah satunya. Sebutan Epos disingkat dari Development-Related Postgraduate Courses. Beasiswa ini bagian dari program DAAD yang dananya berasal dari Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman.

Nah, tahun ini beasiswa Epos DAAD dibuka kembali. Selain beasiswa full biaya kuliah, beasiswa ini juga menyediakan beasiswa parsial atau sebagian. Itu berdasarkan program studi dan universitas yang dipilih nantinya. Ada puluhan program studi yang tersedia, baik jenjang S2 maupun S3 di universitas Jerman.

Jika berminat mendaftar Beasiswa Epos 2024 – 2025, pastikan Anda sudah memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya dua tahun. Pelamar bisa berasal dari lembaga pemerintah, perguruan tinggi, BUMN, atau pun perusahaan swasta.

Bagi pelamar gelar master, durasi program berlangsung antara 12 – 24 bulan. Untuk program S3, durasinya 42 bulan. Lama durasi tergantung pilihan program. Kandidat terpilih akan mendapatkan beasiswa sebesar 934 Euro (sekitar Rp 15,3 juta) per bulan untuk program master, dan 1.200 Euro (sekitar Rp 19,6 juta) per bulan untuk program PhD. Kemudian asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta kursus bahasa Jerman selama 6 bulan untuk perkuliahan dalam bahasa Jerman. Selain itu disediakan juga tunjangan perjalanan, kecuali bila biaya tersebut ditanggung sendiri negara asal atau pendanaan dari sumber lain.

Simak juga » Program Beasiswa Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Dalam keadaan tertentu, penerima beasiswa juga dapat menerima manfaat tambahan, yakni subsidi sewa bulanan, serta tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani. Biaya yang tidak disediakan oleh DAAD berupa biaya pendaftaran kuliah atau biaya masuk ke universitas. Biaya ini ditanggung sendiri oleh pelamar. Hal menarik lainnya, pelamar tidak dibatasi usia asalkan gelar studi terakhir tidak lebih dari 6 tahun sejak diperoleh.

Area studi yang ditawarkan:
• Economic Sciences/ Business Administration/Political Economics
• Development Cooperation
• Engineering and Related Sciences
• Regional and Urban Planning
• Agricultural and Forest Sciences
• Natural and Environmental Sciences
• Medicine and Public Health
• Social Sciences, Education and Law
• Media Studies

Simak juga » Pendaftaran Beasiswa 2023 - 2024 untuk S1, S2, S3

Persyaratan:
1. Bekerja pada otoritas publik (pemerintahan), perusahaan negara, atau perusahaan swasta di negara berkembang.
2. Memegang gelar sarjana di bidang terkait
3. Menyelesaikan gelar akademik dengan nilai di atas rata-rata serta memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya dua tahun pada bidang terkait.
4. Gelar akademik yang sudah diraih normalnya tidak lebih dari enam tahun.
5. Merupakan warga negara dari negara yang terdaftar dalam daftar OECD-DAC (salah satunya Indonesia)
6. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Jerman: mengikuti DSH 2 atau TestDaF 4 dengan level minimum B1.
7. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris: skor IELTS (Band 6) atau TOEFL PBT 550, CBT 213, dan iBT 80 (Detil bisa dilihat di masing-masing jurusan di panduan).

Dokumen aplikasi:
1. Ceklis yang dicentang dan ditandatangani (Unduh) 
2. Formulir aplikasi DAAD (Unduh)
3. CV yang telah ditandatangani (menggunakan formulir Europass)
4. Satu Surat Motivasi dengan referensi terperinci untuk alasan akademik, profesional, dan pribadi dalam melamar program
PENTING: Jika mendaftar untuk lebih dari satu program pascasarjana (maksimal 3 program), harap berikan juga alasan rinci untuk pilihan program dan prioritas Anda dalam surat motivasi. Mohon kirimkan surat motivasi yang seragam untuk semua program gelar pascasarjana pilihan Anda.
5. Surat rekomendasi dari universitas, memiliki kepala surat, ditandatangani dan dicap resmi (tidak dimasukkan dalam amplop tertutup)
6. Surat rekomendasi dari tempat kerja/atasan, memiliki kepala surat, ditandatangani dan dicap resmi (tidak dimasukkan dalam amplop terutup)
7. Surat keterangan kerja dari atasan yang memperlihatkan minimum 2 tahun pengalaman kerja relevan dan jika memungkinkan disertai jaminan mempe kerjakan lagi jika telah kembali
8. Bukti keterampilan bahasa: IELTS atau TOEFL untuk perkuliahan dengan bahasa Inggris atau DSH atau TestDaF untuk perkuliahan berbahasa Jerman.
9. Salinan ijazah gelar akademik dilegalisir (disertai terjemahan jika tidak berbahasa Inggris atau Jerman)
10. Salinan transkrip nilai, dan skala penilaian (disertai terjemahan jika berbahasa Inggris atau Jerman)

* Beberapa program perkuliahan mungkin meminta dokumen tambahan. Silakan merujuk pada Panduan Beasiswa DAAD 2024 - 2025 (Unduh) untuk detilnya.

Simak juga » Beasiswa Stanford University Full Program S2 – S3 di AS

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi Beasiswa Epos DAAD 2024 – 2025 disampaikan langsung ke masing-masing program pascasarjana yang ingin dilamar. Alamat website dan petunjuk tertera di panduan beasiswa DAAD di atas. Deadline juga ditetapkan masing-masing. Antara Agustus 2023 s/d Maret 2024. Pelamar bisa memilih hingga tiga jurusan. Nantinya pihak universitas yang akan mempertimbangkan kandidat potensial dan mengusulkannya ke pihak DAAD. Berikutnya pihak DAAD akan menghubungi kandidat potensial yang diusulkan oleh universitas di Jerman dan meminta pelamar mengunggah aplikasi lengkap di laman portal DAAD.

Pastikan Anda tetap memiliki salinan PDF dari masing-masing dokumen aplikasi di atas untuk nantinya diunggah di laman portal DAAD. Jika memang terpilih sebagai kandidat yang diusulkan oleh pihak universitas.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter