Beasiswa Stanford University Full Program S2 – S3 di Amerika

Kesempatan menarik bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Knight-Hennessy Scholars merupakan salah satu program beasiswa full program S2 – S3 di AS yang bisa mewujudkan impian Anda. Beasiswa ini ditujukan bagi warganegara mana saja yang ingin menempuh studi di salah satu kampus ternama AS, Stanford University.

Ada 90 kuota kursi beasiswa disediakan rutinnya per tahun. Pelamar dari Indonesia salah satu yang berkesempatan mengikuti beasiswa tersebut untuk perkuliahan yang dimulai musim gugur 2022. Anda bisa memanfaatkan beasiswa tersebut untuk melanjutkan studi master maupun doktor penuh waktu berbagai gelar di Stanford University, misalnya program gelar DMA, JD, MA, MBA, MD, MFA, MPP, MS atau PhD. Selain itu, pelamar juga bisa mengambil gelar joint-degree atau dual-graduate degree semisal MD+PhD, JD+MA, MBA+MS, dll.

Selain tidak dibatasi warganeagara yang bisa mendaftar, hal menarik lainnya adalah pelamar tidak dibatasi usia, program studi, aspirasi karir, maupun harus mendapatkan dukungan dari institusi bagi mereka yang bekerja. Hal yang harus Anda pastikan adalah usia kelulusan sarjana/magister paling lambat 2015.

Pendanaan beasiswa berlangsung hingga tiga tahun untuk semua program studi. Dalam hal bila program gelar yang diambil berdurasi lebih dari tiga tahun, misal program MD atau PhD, atau program gelar ganda dan bersama di Stanford, maka jurusan Anda akan mendanai sisanya misalnya tambahan satu tahun lagi.

Simak juga » Daftar Program Beasiswa S2 Terbaru 2022

Beasiswa yang diberikan di antaranya mencakup biaya kuliah serta biaya lain yang berkaitan, uang saku untuk biaya hidup dan akademik (seperti tempat tinggal, buku, perlengkapan akademik, bahan kuliah, transportasi lokal, dan pengeluaran pribadi yang wajar). Kemudian disediakan tiket pesawat pp tahunan dari dan menuju Stanford. Selain itu Knight-Hennessy Scholars dapat memberikan dana tambahan untuk mendukung pengayaan akademik, seperti perjalanan seminan, dll.

Selain itu, penerima beasiswa memungkinkan memperoleh pendanaan tambahan untuk situasi khusus jika Anda terlibat dalam proyek penelitian opsional selama musim panas. Program beasiswa Knight-Hennessy dapat menyediakan dana musim panas, melalui aplikasi terpisah.

Persyaratan:
1. Pertama, selain mendaftar ke Knight-Hennessy Scholars, Anda harus mendaftar dan diterima di program gelar pascasarjana Stanford penuh waktu. Setiap Sarjana Knight-Hennessy yang diterima harus merupakan mahasiswa baru yang mendaftar di program pascasarjana Stanford termasuk, tidak terbatas pada, program DMA, JD, MA, MBA, MD, MFA, MPP, MS, atau PhD. Tidak ada kuota berdasarkan disiplin atau program. Pertimbangan prioritas diberikan kepada mereka yang akan menghabiskan setidaknya dua tahun belajar di Stanford.
2. Kedua, Anda harus telah memperoleh, pada bulan Januari 2015 atau lebih baru, gelar sarjana AS atau yang setara dari perguruan tinggi atau universitas dengan reputasi yang diakui.

Simak juga » Program Beasiswa 2022 - 2023 Jenjang S1, S2, S3

Kriteria:
Dalam memilih kandidat, Knight-Hennessy Scholars memperhatikan tiga area utama dalam menetapkan, yakni:
1. Kemerdekaan berfikir
   - Menunjukkan ketajaman mentah
   - Mencari pengetahuan dan pengalaman baru
   - Penuh dengan ide orisinal
   - Masuk akal ambiguitas
   - Dapat memegang sudut pandang pelawan atau berbeda pendapat
2. Kepemimpinan yang penuh tujuan
   - Ambisius, dalam arti baik
   - Didorong untuk meningkatkan diri
   - Mampu membawa orang lain
   - Sadar diri
   - Gigih dan ulet
3. Civic mindset
   - Pribadi yang rendah hati dan baik
   - Sportif dan bertanggung jawab
   - Merangkul perbedaan
   - Peduli dan membantu orang lain

Dokumen aplikasi:
1. Ijazah dan transkrip sarjana/magister
2. Resume 1 halaman
3. Dua (2) surat rekomendasi (diajukan langsung oleh pemberi rekomendasi)

Simak juga » Daftar Beasiswa S3 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Pendaftaran:
Sebelum mendaftar ke program beasiswa Knight-Hennessy Scholars, pelamar terlebih dahulu harus mendaftar ke program master atau doktor yang tersedia di Stanford University. Anda bebas memilih jurusan yang tersedia, kecuali untuk program paroh waktu Honors Cooperative Program (HCP) bagi kalangan profesional, Master of Liberal Arts, dan Doctor of Science of Law (JSD). Silakan daftar program yang diminati melalui link tersebut.

Berikutnya mendaftar ke program beasiswa Knight-Hennessy Scholars. Pendaftaran beasiswa tersedia secara online mulai 1 Agustus s/d 6 Oktober 2021 di laman Knight-Hennessy Scholars. Kemudian klik ‘Start Your Application’. Selanjutnya buat akun terlebih dahulu agar bisa login dan memulai mengirim aplikasi.

Saat login, Anda akan mengisi formulir aplikasi online yang meminta data diri pelamar, seperti latarbelakang personal, pendidikan, essay, dll. Dokumen aplikasi yang diminta di atas juga harus diunggah dalam format PDF. Sementara, untuk surat rekomendasi diajukan sendiri oleh pemberi rekomendasi setelah nama mereka didaftarkan.

Batas akhir pendaftaran beasiswa Stanford University jenjang S2 dan S3 ini adalah 6 Oktober 2021 pukul 1.00 siang waktu Pasifik. Setelah aplikasi beasiswa terkirim, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengirimkan video statement. Tautan video tersebut dapat diakses melalui halaman status aplikasi Anda.

Pemberitahun finalis beasiswa akan disampaikan pada Januari 2022, kemudian pemberitahuan keputusan akhir pada 15 Maret 2022.

Kontak:
Denning House
580 Lomita Drive
Stanford, CA  94305-8207  USA
[t] +1.650.721.0771
[e] khscholars@stanford.edu
[w] https://knight-hennessy.stanford.edu
Facebook Twitter