Beasiswa S1 2024 – 2025 : Info Pendaftaran dan Peluangnya!

Semakin hari peluang beasiswa S1 bertambah banyak. Ini peluang bagus karena semakin banyak pula kesempatan memperoleh beasiswa tersebut. Khususnya bagi Anda yang berniat kuliah di tahun akademik 2024 - 2025. Selain beasiswa pemerintah, banyak di antaranya juga berasal dari swasta atau yayasan. Bukan soal darimananya, tapi manfaat yang didapatkan. Sebuah beasiswa penuh misalnya. Bisa menanggung biaya pendidikan penerimanya hingga ratusan juta. Sangat lumayan kan untuk menghemat biaya studi. Belum lagi kalau kuliahnya di luar negeri. Hmm.. bisa dihitung sendiri berapa besar biaya yang dibutuhkan.

Lebih kurang dua belas tahun berjalan, beasiswapascasarjana.com mencatat ada beberapa beasiswa S1 yang rutin ditawarkan. Bagi yang merencanakan studi S1 di dalam atau di luar negeri, ini kesempatan untuk memperolehnya. Tidak melulu buat mereka yang baru memulai kuliah ternyata, sejumlah beasiswa justru ditawarkan kepada kandidat yang sudah terdaftar di perguruan tinggi tertentu dan berada di jenjang semester tertentu pula.

Nah, daripada penasaran. Silakan simak uraian beasiswa S1 ini satu per satu.

Beasiswa S1 Unggulan
Nama Beasiswa Unggulan sudah tidak asing. Beasiswa yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini menyediakan beasiswa dalam beberapa jenjang sekaligus, salah satunya beasiswa S1 bagi lulusan SLTA di tanah air. Beasiswa Unggulan mulai ditawarkan awal tahun. Bagi Anda yang ingin merebut Beasiswa S1 2024-2025 kesempatan ini sangat terbuka lebar. Beasiswa ini biasanya dipergunakan untuk kuliah di dalam maupun luar negeri. Semoga beasiswa ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Info pendaftaran » Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa S1 KIP Kuliah
Mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu, Beasiswa KIP Kuliah bisa menjadi solusinya. Beasiswa ini sebelumnya dinamai Bidikmisi yang memang secara khusus didesain pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu siswa lulusan SLTA dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi. Melalui Beasiswa Bidik Misi, pelamar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dari berbagai perguruan tinggi di tanah air. Beasiswa tersebut sudah mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. Pelamar yang memenuhi kriteria ini bisa mengikuti Beasiswa KIP Kuliah 2024 yang biasanya ditawarkan ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru.

Info pendaftaran » Beasiswa KIP Kuliah Kemendikbud

Beasiswa Etos
Beasiswa Etos menyediakan bantuan studi bagi mereka yang lolos diterima mahasiswa di sejumlah PTN, terutama dari keluarga kurang mampu. Penerima beasiswa nantinya akan memperoleh Capacity building/Development Program selama 4 tahun yang meliputi : Career coaching, team building, Spiritual awareness, character building, persiapan pasca kampus, dll. Selain itu disediakan asrama mahasiswa selama 2 tahun, uang saku selama 8 semester (quota terbatas), biaya pendidikan selama 8 semester (quota terbatas), serta dukungan prestasi dalam dan luar negeri.

Info pendaftaran » Beasiswa Etos S1 untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Beasiswa S1 Jardine
Skema beasiswa Jardine disediakan bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S1 di University of Oxford dan University of Cambridge, Inggris. Sasarannya adalah lulusan SMA/sederajat, salah satunya pelamar dari Indonesia. Program beasiswa ini ditawarkan Jardine Foundation (Jardine Matheson Group) untuk calon-calon pemimpin masa depan dari negara-negara Asia. Selain biaya kuliah S1, penerima beasiswa juga berhak menerima tunjangan tahunan untuk menutupi biaya makan, penginapan, serta semua biaya insindentil lainnya. Pendaftaran rutinnya sudah tersedia September hingga Oktober.

Info pendaftaran » Beasiswa Jardine Oxford dan Cambridge

Beasiswa PPA /BPP PPA
Peluang beasiswa satu ini ditujukan bagi Anda yang sudah berstatus mahasiswa, baik yang tengah kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) atau pun perguruan tinggi swasta (PTS). Namanya sudah tidak asing. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA). Penerima beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA akan memperoleh dana pendidikan sebesar Rp 400 ribu/bulan.

Info pendaftaran » Beasiswa PPA / BPP PPA Kemendikbud

Beasiswa S1 Monbukagakusho
Banyak negara menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing untuk kuliah di negaranya. Salah satunya Jepang. Negeri Sakura ini tiap tahun membuka beasiswa Monbukagakusho. Ada beberapa jenis. Salah satu yang cukup dikenal adalah beasiswa Monbukagakusho khusus SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan diploma (D2, D3) dan S1 di universitas-universitas Jepang. Beasiswa tersebut menyediakan pendanaan penuh untuk studi di Jepang. Biasanya beasiswa ini ditawarkan awal Mei tiap tahunnya.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Monbukagakusho Jepang

Beasiswa Astra 1st
Beasiswa Astra 1st (dibaca: first) yang ditawarkan Astra International bagi mahasiswa S1. Beasiswa Astra 1st  tidak saja memberikan dukungan dana pendidikan, tapi juga pengembangan berupa pelatihan sekaligus bimbingan langsung ke mahasiswa bersangkutan untuk menghadapi dunia kerja. Saat ini, Beasiswa Astra 1st hanya ditujukan bagi mahasiswa dari Fakultas Teknik, Ekonomi, dan Bisnis pada perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa. Bagi Anda yang memenuhi kriteria tersebut, Beasiswa Astra 1st siap menampung aplikasi Anda sebagai kandidat calon penerima beasiswa S1 ini.

Info penaftaran » Beasiswa Astra 1st untuk Mahasiswa S1

Beasiswa S1 OTS
Jika punya rencana kuliah di Belanda, pertimbangkanlah Orange Tulip Scholarship atau Beasiswa OTS. Beasiswa ini selain menawarkan beasiswa jenjang pascasarjana, juga tersedia beasiswa S1 bagi lulusan SLTA di tanah air. Pendaftaran beasiswa S1 2024 - 2025 dari OTS justru saat ini masih sedang dibuka. Beasiswa OTS bisa dipergunakan untuk melanjutkan studi S1 di berbagai universitas di Belanda.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 OTS di Belanda untuk Indonesia

Beasiswa S1 Cargill Global
Beasiswa S1 ini disediakan melalui Cargill Global Scholars Program. Sasarannya adalah mahasiswa S1 yang berada di dua tahun terakhir masa kuliah atau mulai semester 4. Beasiswa disediakan selama dua tahun oleh Cargill Global dalam bentuk bantuan dana sebesar $2.500 per tahun (± Rp 34 juta) dan diberikan hingga 2 tahun, untuk membantu pendanaan biaya studi pada 2 tahun terakhir masa kuliah S1. Selain itu, kandidat terpilih juga akan memperoleh kesempatan mengembangkan potensi kepemimpinan melalui kegiatan seminar, sesi pengembangan jaringan profesi, serta kegiatan pendampingan dari Pemimpin Cargill selama masa pemberian beasiswa.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Cargill Global

Beasiswa S1 Tanoto Foundation
Belum lama ini, Tanoto Foundation mengumumkan beasiswanya. Beasiswa ditawarkan untuk jenjang S1 dan S2. Untuk mendaftar, pelamar memang harus mahasiswa dari universitas mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu disediakan pula beasiswa khusus S1 ikatan dinas. Universitasnya juga ditetapkan Tanoto Foundation. Beasiswa disediakan berupa biaya kuliah semester dan biaya hidup.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Tanoto Foundation

Beasiswa CSR Pembangunan Jaya
Yayasan Marga Pembangunan Jaya melalui Beasiswa CSR Pembangunan Jaya menyediakan peluang beasiswa S1 bagi mahasiswa aktif di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Beasiswa CSR Pembangunan Jaya bisa dilamar oleh mahasiswa dari 15 perguruan tinggi yang menjadi mitra dari Yayasan Marga Pembangunan Jaya maupun mahasiswa dari PTN/PTS lainnya yang terakreditasi minimal B. Pendaftaranya biasanya dibuka pada tahun akademik baru.

Info pendaftaran » Beasiswa CSR Pembangunan Jaya

Beasiswa IsDB
Beasiswa IsDB merupakan program beasiswa yang ditawarkan Islamic Development Bank (IsDB) bagi negara anggota, termasuk Indonesia. Beasiswa IsDB tersedia tiap tahun, termasuk di tahun 2024. Beasiswa ini dibuka mulai Desember hingga Februari dan pelamar bisa mendaftar secara online. Yang menarik, beasiswa IsDB bisa dilamar untuk studi S1 di perguruan tinggi dalam negeri. Utamanya PTN yang masuk dalam 10 besar kampus terbaik di tanah air. Selain menyediakan tanggungan biaya kuliah penuh, beasiswa IsDB juga menyediakan biaya-biaya lain, seperti biaya hidup, tiket pp, dll.

Info pendaftaran » Beasiswa IsDB

Beasiswa S1 Mahaghora
Anda yang ingin melanjutkan kuliah S1 namun mengalami kendala biaya, program beasiswa S1 dari Mahaghora ini patut dicoba. Beasiswa Mahaghora tersedia cukup rutin setiap tahun. Sasaran dari beasiswa ini adalah para lulusan SMA/SMK/sederajat maupun mereka yang masuk duduk di bangku kelas 12 di sekolah untuk bisa melanjutkan studi S1. Melalui program beasiswa Mahagora tersebut, kandidat terpilih nantinya akan memperoleh tanggungan berupa biaya kuliah S1 selama 8 semester. Pendaftaran biasanya dibuka mulai September.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Mahaghora

Beasiswa Karya Salemba Empat
Beasiswa Karya Salemba Empat ditujukan bagi Anda yang tengah kuliah S1 minimal semester dua di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dalam negeri. Tunjangan beasiswa yang diberikan sebesar Rp 750 ribu per bulan untuk selama setahun. Yang menarik dari Beasiswa Karya Salemba Empat ini, pelamar beasiswa dapat memperpanjang beasiswa tersebut di periode berikutnya. Atau bila saat ini sedang menerima beasiswa tersebut, bisa melakukan pengusulan kembali untuk memperoleh Beasiswa Karya Salemba Empat

Info pendaftaran » Beasiswa Karya Salemba Empat

Beasiswa S1 KGSP
Peluang beasiswa ini juga menarik untuk diikuti. Korean Government Scholarship Program (KGSP). Yaitu beasiswa S1 yang disediakan Pemerintah Korea untuk lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan studi S1 maupun diploma di universitas-universitas terkemuka Korea. Beasiswa disediakan full yang menanggung kebutuhan selama studi di Korea, seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket pp, tunjangan kedatangan, dll. Masa studi berlangsung sekitar dua hingga tiga tahun untuk diploma (associate degree)  dan empat tahun untuk sarjana (undergraduate degrees). Plus akan menjalani kursus bahasa Korea sekitar setahun sebelum perkuliahan.

Info pendaftaran » Beasiswa S1 KGSP

Beasiswa S1 Pemerintah Brunei
Tiap tahun Pemerintah Brunei Darussalam menawarkan beasiswa penuh bagi mahasiswa internasional. Dalam skema tersebut juga tersedia beasiswa S1 yang dapat diambil di beberapa universitas ternama di Brunei, seperti  Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Institut Teknologi Brunei (ITB). Pendaftaran biasanya mulai buka November atau Desember.

Info pendaftaran » Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam

Beasiswa S1 Sobat Bumi
Beasiswa Sobat Bumi ditawarkan oleh Pertamina Foundation dan tersedia bagi mahasiswa S1 untuk sejumlah perguruan tinggi mitra di tanah air. Pelamar beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang sedang/telah menyelesaikan semester IV di program S1. Kandidat terpilih akan memperoleh beasiswa UKT maksimal Rp 10.000.000 untuk jangka waktu selama setahun. Serta diberikan pula biaya hidup masing-masing sebesar Rp 500.000 per bulan

Info pendaftaran » Beasiswa S1 Sobat Bumi Pertamina

Beasiswa Pemerintah Turki
 
Türkiye Scholarships merupakan program beasiswa Pemerintah Turki yang ditawarkan tiap tahun bagi kandidat internasional, termasuk Indonesia. Salah satu yang mereka sediakan adalah beasiswa S1 full yang menanggung semua kebutuhan biaya studi di Turki. Jika Anda mengincar beasiswa S1 luar negeri tahun 2024 - 2025, program beasiswa Turki ini bisa dicoba. Tidak hanya menanggung kebutuhan studi, kebutuhan lain seperti biaya hidup tiket pp, akomodasi, juga tersedia.
 
Info Pendaftaran » Beasiswa PemerintahTurki

Beasiswa S1 VDMS
Bagi Anda yang berstatus mahasiswa D3 atau pun S1, ini salah satu beasiswa dalam negeri yang tersedia. Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) Scholarship. Beasiswa cukup rutin ditawarkan, terutama bagi universitas dan perguruan tinggi mitra VDMS. Penerima beasiswa akan memperoleh dana pendidikan setiap bulan yang dibayarkan ke rekening pribadi, diberikan satu kali Bonus TOEFL (jika ada) dan Bonus Lulus Tepat Waktu, serta mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building).

Info pendaftaran » Beasiswa VDMS untuk Mahasiswa D3/S1

Beasiswa KPMG ASEAN
Anda yang tengah kuliah S1 jurusan bisnis dan akuntansi, bisa mengikuti program beasiswa KPMG ASEAN atau KPMG ASEAN Scholarship. Tawaran beasiswa yang disediakan KPMG cukup menarik. Salah satunya adalah bantuan dana kuliah sebesar Rp 45 juta per tahun yang diberikan selama tiga tahun berturut-turut. Tidak itu saja, ketika mahasiswa bersangkutan berada di tahun ketiga dan keempat jenjang S1, KPMG akan memberikan kegiatan magang.

Info pendaftaran
» Beasiswa KPMG ASEAN untuk S1

Beasiswa Pertukaran Mahasiswa S1 Aminef
Kesempatan beasiswa ini ditujukan bagi Anda mahasiswa S1 pada perguruan tinggi Indonesia yang ingin mengikuti program pertukaran mahasiswa di Amerika. Namanya Global Undergraduate Exchange Program yang disediakan oleh Aminef. Nantinya Anda akan menjalani kuliah singkat selama satu semester di universitas AS. Yang menarik, biaya di sana ditanggung oleh Aminef.  


Beasiswa Mizan
Yang perlu juga diintip tawaran Beasiswa Mizan. Lebih spesifiknya beasiswa ini ditujukan bagi Anda yang tengah mempersiapkan menyelesaikan skripsi, tesis, atau disertasi kuliah. Beasiswa tugas akhir tersebut disediakan dalam bentuk bantuan dana penelitian. Yang menarik, karya tulis yang dihasilkan juga berpeluang untuk diterbitkan.

Info pendaftaran » Beasiswa Mizan untuk Skripsi S1

Itulah sebagian info beasiswa S1 2024 - 2025, baik yang sedang dibuka maupun kemungkinan tersedia kembali di hari-hari mendatang. Silakan kunjungi menu » Beasiswa S1 untuk mengetahui lebih banyak pilihan beasiswa S1 yang sedang buka saat ini. Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter