Pengumuman Beasiswa S2/S3 untuk Pegawai Kemdikbud 2012

Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menggulirkan Program Beasiswa Unggulan tingkat nasional dan internasional. Jika sebelumnya beasiswa terbuka untuk umum, yang satu ini hanya untuk internal, khususnya pegawai Kemdikbud.

Program  beasiswa  ini dirancang  untuk  memberikan kesempatan  bagi  pegawai  di  lingkungan  Kemdikbud  melanjutkan  studi  di  dalam maupun luar negeri, sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja Kemdikbud.

Alokasi beasiswa yang disediakan sebanyak 20 orang untuk jenjang pendidikan S2/S3 dalam negeri dan 10 orang untuk jenjang S2/S3 luar negeri.

Persyaratan yang harus dipenuhi:
1.  Memiliki kemampuan akademik dan bahasa  Inggris yang cukup berdasarkan hasil seleksi tes; 
2.  Usia maksimal untuk Program Magister adalah 30 tahun dan Program Doktor adalah 35 tahun; 
3.  Pegawai di lingkungan Unit Utama Kemdikbud; 
4.  Mendapatkan  rekomendasi  dari  Sekretaris  Unit  Utama  (setingkat  pejabat eselon II );
5.  Berdasarkan  hasil  seleksi  tim  beasiswa  unggulan  telah  dinyatakan dipertimbangkan  melanjutkan  studi  di  dalam  dan  luar  negeri,  maka selanjutnya pelamar mendaftar dan dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri/ state university di dalam dan luar negeri (dinyatakan dengan Letter of Acceptance, khusus di dalam negeridi prioritaskan), khusus di dalam negeri prioritas dengan akreditasi A;

Unit – Unit Utama Kemdikbud
1.  Sekretariat Jenderal;
2.  Direktorat Jenderal PAUD, Nonformal dan Informal; 
3.  Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar;
4.  Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah;
5.  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi;
6.  Inspektorat Jenderal;
7.  Badan Penelitian dan Pengembangan;
8.  Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Bidang dan Tempat Studi
•  Bidang  studi/kajian  disesuaikan  dengan  kebutuhan  peningkatan  kualitas sumber  daya  manusia  di  Unit  Utama  yang  disebutkan  dalam  surat  rekomendasi dari Pejabat Eselon II di Unit Utama; 
•  Tempat  Studi:  Perguruan  Tinggi  yang  memiliki  Akreditasi  A  dan diselenggarakan  secara  regular  (kelas  biasa),  lihat  lampiran di sini untuk  detail Perguruan  Tinggi  Negeri  yang  direkomendasikan  Sekretariat  Beasiswa Unggulan BPKLN, Kemdiknas.

Komponen Beasiswa
Komponen  beasiswa  yang  diberikan  kepada  karyasiswa  program  magister  dan doktor,  mengacu  pada  standar  biaya  umum  2012  dari  Kementerian  Keuangan. Adapun  komponen  beasiswa  yang  diberikan  untuk  jenjang  S2  dan  S3  adalah beasiswa  pendidikan  dan  beasiswa  non-pendidikan.  Beasiswa  non-pendidikan terdiri dari biaya hidup, biaya operasional, biaya transport, biaya penelitian, dan biaya referensi. Total yang diterima untuk beasiswa magister Rp 63 juta dan doktor Rp 116 juta. Jumlah itu belum termasuk biaya pendidikan.


Mekanisme Pendaftaran
1.  Pelamar diajukan oleh Sekretaris Unit Utama Kemdikbud kepada Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar negeri dengan melampirkan:
a.) copy ijazah terakhir
b.) copy transkrip nilai terakhir
c.) daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
2.  Pelamar mengikuti seleksi :
a.) Tes Kemampuan Belajar Advance (TKB Advance), 
b.) TOEFL ITP, 
c.) Psikotest,  yang  diselenggarakan  Biro  Perencanaan  dan  Kerjasama  Luar  Negeri bekerjasama  dengan  Pascasarjana  Magister  Ilmu  Lingkungan  – Universitas Padjadjaran;
3.  Berdasarkan  hasil  seleksi  TKB  Advance,  TOEFL  ITP,  dan  Psikotest,  Biro Perencanaan  dan  Kerjasama  Luar  Negeri  menetapkan  pelamar  yang berpotensi mengikuti program S2/S3 didalam dan luar negeri.
4.  Berdasarkan hasil seleksi tes, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri menetapkan pelamar sebagai Karyasiswa Program Beasiswa Unggulan.
5.  Hasil seleksi akan diberitahukan kepada Sekretaris Unit Utama Kemdikbud;

6.  Karyasiswa  mendaftarkan  diri  pada  universitas  yang  menyelenggarakan program Magister/Doktor  sesuai  dengan  kebutuhan  bidang  kajian  pada  unit utama masing-masing;

7.  Karyasiswa menyampaikan  surat  penerimaan  dari  perguruan  tinggi  kepada Biro  Perencanaan  dan  Kerjasama  Luar  Negeri  cq  Sekretariat  Beasiswa Unggulan;

Jadwal Pendaftaran
Masa pendaftaran berakhir bulan ini (Maret). Rincian jadwal bisa Anda unduh di sini

Penyaluran Beasiswa 
1. Biro  Perencanaan  dan  Kerjasama  Luar  Negeri  akan  mengadakan  kontrak kerjasama dengan karyasiswa untuk  metode penyaluran beasiswa dan tata cara penyaluran dari kas negara kepada karyasiswa; 
2. Tata cara penarikan dan penyaluran beasiswa akan dilaksanakan sesuai dengan perundang- undangan yang berlaku.

Informasi:
SEKRETARIAT PROGRAM BEASISWA UNGGULAN
Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar negeri 
Sekretariat Jenderal
KEMDIKBUD Gedung C lantai 6
Jl. Jenderal SudirmanSenayan-Jakarta 10270   
INDONESIA    
Telp : (021) 57 111 44 ext 2616
Fax : (021) 573 9290

http: wwww.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id
email: pegawai.bu@gmail.com
Milis: pegawai.bu@googlegroups.com 
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..