Cara Cepat Mengetahui Penawaran Beasiswa

Kecewa pasti iya, melihat penawaran beasiswa yang diharapkan sudah berlalu. Paling menyiksa kalau Anda baru mengetahuinya sehari setelah deadline pendaftaran berakhir. Kenapa baru tahu sekarang ya?? Seharusnya ini bisa ikut!! Begitulah gumam sebagian para pemburu beasiswa yang terlambat.

Anda bisa menghindari kekurangan itu. Setidaknya beragam beasiswa terbaru bisa terpantau sedini mungkin, termasuk beasiswa impian Anda. Trik di bawah ini adalah langkah sederhana yang bisa dilakukan.

1. Kenali target beasiswa   

Langkah awal yang baik untuk mengetahui ada/tidaknya penawaran beasiswa yang diinginkan adalah membuat target. Seperti halnya sepotong “kue”, target Anda mungkin kue tar, kue donat, kue brownis, kue lapis, dll. Pilihannya jelas. Dalam memburu beasiswa, langkah seperti itu juga harus dilakukan. Target itu misalnya, beasiswa S2 hukum Amerika, beasiswa S3 teknik ITB, beasiswa S2 kimia UGM, beasiswa S2 informatika. Setelah memiliki sasaran dan deskripsi yang jelas, mulailah berselanjar di mbah Google. Semoga dengan cara pertama ini tidak membuat Anda tercecer informasi.

2. Buatlah daftar pendonor
Setiap kali Anda mencari beasiswa di mesin pencari, sebaiknya ingatlah baik-baik siapa pendonor beasiswa tersebut. Jika yang Anda temukan adalah situs resminya, salinlah dan buat deskripsi singkat beasiswa tersebut. Langkahnya: catat alamat situs, nama beasiswa dan lembaga pendonor, tulis jadwal pendaftaran, dan siapa sasaran beasiswa tersebut. List pendonor ini bisa sangat berarti di kemudian hari. Jika pendonor tersebut rutin menawarkan beasiswa, Anda bisa mengunjunginya di tanggal pendaftaran yang biasa mereka lakukan.

3. Berlangganan di email
Dari dua cara di atas, keaktifan Anda lebih dituntut. Ya, beasiswa yang diharapkan tidak bisa datang dengan sendirinya. Salah satu langkah terbaik untuk mendapatkan informasi beasiswa sedini mungkin adalah berlangganan di situs penyedia beasiswa. Cara ini bisa mengurangi beban Anda yang harus bolak balik di mesin pencari.  Berlangganan di situs ini misalnya. Cukup mengisi form langganan yang disediakan dan mengkonfirmasi link aktivasi di email Anda. Berikutnya tinggal menunggu beasiswa terbaru. Yang belum berlangganan silakan mencoba, atau klik di sini untuk mengetahui caranya.

4. Bertanya langsung

Masih juga ragu kapan beasiswa yang diidamkan keluar. Cara pintas adalah menanyakannya langsung ke penyelenggara. Bila alamat kantor pendonor tersebut dekat dari tempat tinggal, tidak ada salahnya singgah dan menanyakan kapan beasiswa tersebut diluncurkan. Tapi bila jauh, hubungi nomor kontak atau email yang mereka sediakan. Semoga saja ditanggapi.

5. Cek info deadline

Info deadline beasiswa sangat penting untuk memantau beasiswa apa saja yang sudah keluar dan akan segera berakhir masa pendaftarannya. Memang fasilitas ini jarang tersedia di situs/forum beasiswa karena mereka menggabungkan jadwal pendaftaran tersebut langsung ke laman pengumuman. Di www.beasiswapascasarjana.com, laman khusus deadline ini sudah tersedia. Silakan cek di sini.

By admin
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..