Beasiswa Luar Negeri 2013/2014 di Swedia

Swedia bisa menjadi tujuan studi luar negeri di 2013/2014. Ada beragam beasiswa S2 dan S3 yang ditawarkan, termasuk keberangkatan 2013. Salah satu beasiswa yang populer untuk mahasiswa internasional adalah The Swedish Institute Study Scholarships.

Beasiswa Swedia ini ditujukan untuk studi S2 di sejumlah universitas Swedia. Pemberian beasiswa dimulai pada musim gugur, tepatnya Agustus 2013. Beasiswa mencakup biaya hidup, biaya pendidikan, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan. Asyiknya, mahasiswa asal Indonesia menjadi salah satu prioritas mendapatkan beasiswa dari Swedish Institute ini.

Bagi Anda yang berminat, pendaftaran beasiswa dilakukan secara online. Formulir aplikasi untuk tahun akademik 2013/2014 akan tersedia mulai 1 Februari – 11 Februari 2013. Sebagai gambaran, pendaftaran beasiswa dibagi dalam dua kategori berdasarkan negara pilihan. Indonesia masuk dalam kategori 2, bersama Cina, India, Iran, Iraq, Vietnam, Yunani, dan beberapa negara lain yang tergabung dalam daftar DAC.

Sekitar 80 – 90 beasiswa akan diberikan di tahun akademik 2013/2014. Jumlah itu hanya dikhususkan bagi penerima yang berasal dari negara kategori 2. Sementara, penerima dari kategori 1, jumlah beasiswa yang ditawarkan lebih besar. Yakni 140 beasiswa.

Bagaimana tertarik mencoba? Peluang Anda masih cukup besar mendapatkan beasiswa ini. Tahun lalu misalnya, hanya 72 kuota yang disediakan dari 888 aplikasi yang masuk. Para pelamar berasal dari 25 negara.

Aplikasi yang dinilai oleh panitia seleksi yakni relevansi dan kualitas surat motivasi pribadi dan CV. Prestasi akademik Anda dievaluasi oleh universitas yang dilamar, tidak termasuk kriteria beasiswa. Tidak ada batas usia untuk pelamar beasiswa.

Beasiswa tidak dapat diberikan bagi pelamar berikut:
1. Telah tinggal di Swedia selama dua tahun atau lebih sebelum periode beasiswa.
2. Memiliki tempat tinggal permanen atau izin kerja di Swedia.
3. Sebelumnya telah mendapat beasiswa Swedia Institute untuk studi di tingkat Master atau penelitian di sebuah universitas Swedia.
4. Sudah memegang gelar Master dari sebuah universitas/perguruan tinggi Swedia
5. Saat ini terdaftar (sebagai mahasiswa) dalam program studi di tingkat sarjana atau master di sebuah universitas atau perguruan tinggi Swedia.

Cara Mendaftar Beasiswa:
Pertama, ajukan pendaftaran/aplikasi untuk studi di salah satu univeristas Swedia.
Sebelum mengajukan beasiswa, Anda harus mengajukan permohonan untuk program studi yang dipilih di layanan resmi pendaftaran online universitas Swedia di sini.  Batas terakhir pendaftaran adalah 15 Januari 2013. Anda dapat mengajukan permohonan untuk maksimal empat program studi.

Kirimkan biaya pendaftaran Anda sesuai petunjuk di alamat situs tersebut sebelum 1 Februari 2013.

Kedua, ajukan permohonan beasiswa. 
Aplikasi beasiswa 2013/2014 akan disediakan secara online mulai 1-11 Februari 2013 di sini.

Harap dicatat bahwa biaya pendaftaran ke univeristasi sudah harus dibayarkan sebelum pengiriman aplikasi beasiswa ke Swedish Institute.

Program studi yang memenuhi syarat untuk beasiswa telah dipilih oleh universitas Swedia. Daftar program studi yang memenuhi syarat dapat ditemukan di sini.

Yang perlu diperhatikan, nomor aplikasi pribadi yang diperoleh setelah mengkonfirmasi pendaftaran program studi harus digunakan saat melamar beasiswa.

Peserta yang dinyatakan lolos mendapatkan beasiswa akan dipublikasikan melalui laman website www.studyinsweden.se sebelum batas terakhir tempat yang disediakan di program studi.
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..