Ayo! Beasiswa NFP ke Belanda Sudah Dibuka

Netherlands Fellowship Programmes (NFP) kembali hadir. Beasiswa Pemerintah Belanda ini baru saja dibuka untuk kandidat di 50 negara. Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja setidaknya tiga tahun, ini kesempatan melanjutkan studi ke negeri kincir angin.

Ada beragam jenis beasiswa NFP yang ditawarkan, di antaranya beasiswa program master, beasiswa kursus singkat (short courses), beasiswa studi PhD, dan beasiswa kursus penyegaran (refresher courses). Jumlah serta durasi beasiswa disesuaikan dengan pilihan program yang diambil.

Namun, beasiswa tersebut umumnya sudah menanggung biaya studi selama di Belanda, seperti biaya kuliah, uang saku, tunjangan rumah, tunjangan buku, biaya visa, tiket pesawat, asuransi, hingga biaya riset. Karena fasilitas itu pula, beasiswa NFP menjadi salah satu beasiswa internasional yang selalu jadi rebutan.

Persyaratan:
1. Seorang profesional dengan pengalaman kerja relevan minimal tiga (3) tahun.
2. Bekerja, tinggal, dan merupakan warganegara yang didukung beasiswa NFP (termasuk Indonesia).
3. Dicalonkan oleh atasan atau pimpinan tempat kerja, dan berjanji untuk terus membayar gaji Anda dan menjamin dapat kembali ke posisi yang sama/setara pada akhir periode beasiswa.
4. Telah diterima oleh perguruan tinggi atau universitas di Belanda untuk program gelar master, kursus singkat, atau telah disetujuinya proposal penelitian PhD yang diusulkan.
5. Tidak bekerja di:
~ Perusahaan multinasional (misal: Shell, Unilever, Microsoft)
~ Organisasi komersial besar
~ Organisasi donor bilateral (misal: USAID, DFID, Danida, Sida, Kementerian Luar Neger Belanda, FinAid, AusAid, ADC, SwissAid)
~ Organisasi donor multilateral (misal: PBB, Bank Dunia, IMF, ADB, IADB)
~ Lembaga swadaya internasional (misal: Oxfam, Plan, Care)
6. Mengajukan beasiswa NFP untuk studi PhD, program master, atau kursus singkat, termasuk mengirimkan semua dokumen yang diperlukan sebelum batas deadline pendaftaran
7.  Bekerja di bidang subjek yang terkait dengan studi akan memberi kontribusi relevan
8. Memiliki hubungan kerja yang jelas dengan organisasi tempat kerja dan siap memperkenalkan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh ke dalam organisasi tersebut
9. Mampu secara fisik dan mental untuk mengambil program atu kursus penuh waktu
10. Mendukung tujuan NFP dan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh untuk mendukung organisasi tempat kerja. Anda diminta kembali ke negara asal setelah menyelesaikan program atau kursus sebagai cara yang paling efektif untuk memenuhi tujuan NFP.

Persyaratan tambahan: 
1. Jika mengajukan beasiswa PhD dari NFP, Anda harus:
~ Tidak pernah menerima beasiswa PhD NFP di masa lalu
~ Setidaknya seperempat dari studi PhD harus berlangsung di negara asal. Seperempat dari studi tersebut dihitung sejak dimulainya studi PhD (penelitian) sampai akhir beasiswa PhD
2. Jika mengajukan beasiswa kursus singkat, Anda harus:
~ Tidak pernah menerima lebih dari satu beasiswa kursus singkat NFP di masa lalu
~ Tidak menerima beasiswa kursus singkat NFP pada tahun sebelum pengajuan beasiswa
3. Jika mengajukan beasiswa program master, Anda harus:
~ Tidak pernah menerima beasiswa NFP di masa lalu

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi beasiswa dilakukan secara online di sini. Silakan daftar terlebih dahulu. Ada beberapa dokumen yang perlu dilampirkan nantinya, seperti keterangan pimpinan/atasan, riwayat pekerjaan, pernyataan motivasi, dan dokumen lain. Rinciannya bisa dilihat di sini.

Deadline pendaftaran terbagi dalam tiga sesi, yakni:
√ Pendaftaran online yang dibuka 1 Desember 2013 berakhir 4 Februari 2014 (program master dan kursus singkat)
√ Pendaftaran online yang dibuka 1 Maret 2014 berakhir 6 Mei 2014 (program master dan kursus singkat)
√ Pendaftaran online yang dibuka 1 Agustus 2014 berakhir 7 Oktober 2014 ( kursus singkat dan PhD)

Harap diingat masing-masing universitas atau perguruan tinggi di Belanda memiliki deadline pendaftaran berbeda untuk setiap program kuliah yang mereka tawarkan. Pelamar perlu menyesuaikan dengan deadline beasiswa NFP. Pelajari program studi yang ditawarkan di www.studyfinder.nl.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..