20 Beasiswa Korea untuk Mahasiswa Indonesia

Ini saatnya bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa ke Korea. Skema Korean Government Scholarship Program (KGSP) dibuka lagi. Indonesia kebagian kuota 20 kursi dari total 880 beasiswa untuk 157 negara. Peluang beasiswa ini dapat digunakan untuk mengambil studi pascasarjana yang meliputi program master dan doktor di Korea.

Dari 20 beasiswa yang tersedia, 10 beasiswa dapat diajukan melalui Kedutaan Besar Korea di Indonesia, 10 kuota lainnya ditujukan langsung ke universitas Korea yang telah ditunjuk. Ada 60 universitas berpartisipasi. Anda bisa memilih salah satunya.

Beasiswa Pemerintah Korea menyediakan durasi selama dua tahun untuk program master plus satu tahun untuk kursus bahasa Korea. Sementara, beasiswa doktor diberikan selama tiga tahun dan ditambah satu tahun untuk kursus bahasa Korea. Biaya studi dan kursus tersebut akan ditanggung oleh Pemerintah Korea melalui NIIED (National Institute for International Education).

Setelah berhasil terpilih, kandidat penerima beasiswa akan menerima sejumlah bantuan studi yang meliputi tiket pesawat, tunjangan bulanan 900.000 won (KRW) per bulan atau lebih kurang Rp 10 juta, tunjangan riset 210.000 won untuk bidang ilmu sosial dan humaniora, serta 240.000 won untuk ilmu alam dan mekanik. Tunjangan riset tersebut diberikan per semester.

Kemudian diberikan tunjangan relokasi saat tiba ke Korea sebesar 200.000 won, biaya kursus, tanggungan penuh biaya kuliah, biaya cetak tesis/disertasi sekitar 500.000-800.000 won, asuransi kesehatan, serta dana khusus jika Anda memiliki kemampuan bahasa Korea dengan skor tes TOPIK 5 atau 6. Dana khusus ini diberikan 100.000 won per bulan. 

Melihat banyaknya fasilitas yang diberikan tersebut, rasanya beban studi terasa lebih ringan. Anda juga akan lebih fokus.

Persyaratan:
1. Pelamar dan orang tua bukan warganegara Korea
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Berusia di bawah 40 tahun pada 1 September 2015 (lahir setelah 1 September 1975)
4. Pelamar memegang gelar sarjana atau master selambatnya 31 Agustus 2015
5. IPK paling rendah 2.64 pada skala 4.0, 2.80 untuk skala 4.3, dan 2.91 pada skala 4.5.
6. Pelamar yang memiliki kemampuan bahasa Korea atau Inggris bisa diberikan prioritas
7. Pelamar yang mendaftar pada ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat memperoleh prioritas
8. Pelamar yang merupakan profesor universitas dari negara berkembang bisa mendapat prioritas.
Ctt: Beasiswa tidak berlaku bagi mereka yang sebelumnya sudah pernah menjalankan studi atau kuliah di universitas Korea. Lihat beasiswa lain di laman muka beasiswapascasarjana.com

Pendaftaran:
Seperti dijelaskan di awal, pengajuan beasiswa KGSP dapat dilakukan dengan dua cara. Mendaftar melalui Kedutaan Besar Korea atau langsung ke universitas yang telah ditunjuk oleh NIIED. Aplikasi Anda dibuat dalam bentuk hard copy yang terdiri dari beberapa dokumen. Yaitu:

1. Data personal
2. Pengenalan diri
3. Rencana studi
4. Surat rekomendasi
5. Janji
6. Surat keterangan kesehatan
7. Salinan ijazah dan transkrip sarjana (pelamar master)
8. Salinan ijazah dan transkrip sarjana dan master (pelamar doktor)
9. Sertifikat TOPIK, jika ada
10. Sertifikat TOEFL atau IELTS, jika ada
11. Publikasi, jika ada
12. Penghargaan, jika ada
13. Salinan paspor (dapat diserahkan setelah seleksi)
14. Bukti kewarganegaraan pelamar dan orang tua, seperti akte kelahiran, paspor, KTP, dll.

Susun dokumen beasiswa tersebut. Buat 1 rangkap untuk dokumen asli dan 3 rangkap berupa fotokopi. Masukkan dokumen asli dalam amplop terpisah agar tidak tercampur. Jangan lupa sertakan terjemahan resmi dokumen bila tidak menggunakan bahasa Inggris atau Korea.

Aplikasi tersebut dikirimkan via kantor Kedutaan Besar Korea atau langsung ke universitas yang telah ditunjuk NIIED. Harap memilih salah satu saja.

Dokumen poin 1 hingga 6 sudah tertera di panduan. Anda bisa mendapatkannya di pedoman aplikasi. Baiknya dipelajar terlebih dahulu panduannya. 

UPDATE: Informasi Beasiswa Korea di atas sudah mengalami perubahan. Lihat informasi terbarunya di sini » Beasiswa Pemerintah Korea Program S2 dan S3

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter