Beasiswa Amerika Serikat yang Rutin Dibuka

Negeri Paman Sam menjadi pelabuhan banyak orang menimba ilmu. Selain menjanjikan kualitas pendidikan yang unggul, Amerika Serikat juga ‘royal’ dalam memberi beasiswa internasional. Tidak jarang jumlah peminat melonjak dan jauh di atas kuota yang disediakan. Ini karena aplikasi datang dari berbagai macam negara.

Saat ini melalui berbagai kerjasama yang mereka jalin, permohonan beasiswa cukup disampaikan melalui perwakilan Amerika Serikat di negara bersangkutan. Memang masih ada juga aplikasi beasiswa yang harus dikirim langsung ke negara tujuan dengan pertimbangan penyelenggaranya.

Berikut ini adalah beberapa beasiswa Amerika Serikat yang rutin dibuka. Silakan dipertimbangkan jika memang berminat melanjutkan studi ke sana.

Beasiwa Fulbright
Program beasiswa penuh satu ini sudah tidak asing. Ini karena usia beasiswa Fulbright terbilang cukup tua. Dimulai sejak 1946, Fulbright kini hadir di banyak negara. Setidaknya ditawarkan ke 155 negara dengan alokasi ribuan setiap tahunnya. Di Indonesia, pengelolaan beasiswa Fulbright ditangani oleh Lembaga AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Ada beragam jenis beasiswa Fulbright, di antaranya Fulbright master’s degree program, Fulbright PhD degree program, Fulbright doctoral dissertation research program, dan beberapa jenis lainnya.

Fulbright biasanya sudah menanggung biaya kuliah, buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan.

Beasiswa Prestasi
Beasiswa Prestasi (Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts) juga salah satu beasiswa yang bisa diperoleh untuk studi ke AS. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang dibiayai oleh USAID Indonesia dan merupakan program kemitraan Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia.

Beasiswa Prestasi ditawarkan untuk jenjang master (S2) di universitas-universitas di Amerika Serikat. Selain menanggung biaya kuliah penuh, juga disediakan biaya hidup, tiket pesawat, asuransi kesehatan, dan lain-lain.

Pelamar yang dicari lebih spesifiknya pemimpin muda, pekerja NGO, karyawan swasta atau PNS, perempuan, serta individu yang berasal dari daerah terpencil.

Hibah MMMF  
Margaret Mcnamara Memorial Fund (MMMF) merupakan program hibah yang khusus ditujukan bagi kaum hawa. Bantuan ini tersedia untuk negara berkembang dan dapat dipergunakan buat mereka yang akan mengambil studi di Amerika Serikat atau Kanada. Nilai hibah yang diberikan masing-masing $USD 12.000. Durasi beasiswa berlangsung selama dua tahun dan dapat dipergunakan untuk membiayai studi S2. Setelah menyelesaikan beasiswa tersebut, kandidat bersangkutan diharapkan bisa kembali di negara asalnya untuk mengaplikasi ilmu yang telah diraih.

Beasiswa Hubert H. Humprey  
Hubert H. Humprey Fellowships merupakan program beasiswa non gelar yang diperuntukkan bagi para profesional karir menengah di Indonesia. Selain kuliah akademik di tingkat pascasarjana juga mengikuti kegiatan pengembangan profesional di Amerika Serikat. Beasiswa ini berlangsung selama satu tahun akademik (9 bulan). Biasanya calon adalah seorang administrator dengan minimal lima tahun pengalaman kerja baik di sektor publik, nirlaba, atau NGO yang berkomitmen pada pelayanan masyarakat.

Beasiswa Rotary 
 Anda yang tertarik di bidang perdamaian dapat mengikuti program beasiswa Rotary International ini. Rotary Peace Fellowships. Selain dibuka umum, kesempatan luas juga diberikan bagi pekerja di pemerintahan, NGO, militer, penegak hukum, atau organisasi internasional lainnya seperti PBB dan Bank Dunia.

Beasiswa Rotary merupakan beasiswa penuh yang meliputi biaya kuliah, tempat tinggal, transportasi pp, termasuk biaya studi lapangan. Beasiswa terdiri dari beasiswa master selama maksimal 24 bulan dan pelatihan profesional sekitar 3 bulan. Selain di AS, kampus tujuan juga berada Jepang, Inggris, Australia, dan Swedia. Sebelum mengajukan permohonan, pelamar diminta terlebih dahulu memperoleh rekomendasi dari Rotary Club lokal. Ada beberapa di Indonesia.

Beasiswa training iLEAP 
Ingin ikutan pelatihan kepemimpinan di AS? iLEAP salah satu wadahnya. Pelatihan berlangsung sekitar delapan minggu di Seattle, Washington, AS. Beasiswa ini ditawarkan melalui skema iLEAP International Fellowship. Cocok buat Anda yang berkecimpung di NGO dan CBO, atau mereka yang menjalankan bisnis dengan orientasi sosial. Semua biaya yang diperlukan selama pelatihan ditanggung, seperti biaya hidup, tiket pesawat, visa, kamar tidur, serta fasilitas terkait lainnya.

Beasiswa Sumitro   
Sumitro Fellows Program. Beasiswa ini didedikasikan kepada Profesor Sumitro Djojohadikusumo, seorang ekonom Indonesia yang juga mantan Menteri Perdagangan. Beasiswa senilai $USD 10.000 ini diperuntukkan bagi kegiatan riset di Amerika Serikat yang terkait dengan hubungan Indonesia-AS.

Mereka yang bisa mengajukan beasiswa Sumitro ini di antaranya lulusan post-doctoral, calon doktor, akademisi, serta para profesional. Beasiswa Sumitro tidak hanya dibuka bagi warga Indonesia, tapi juga warga AS.

Itulah beberapa program beasiswa Amerika Serikat yang rutin ditawarkan setiap tahun dan bisa diikuti oleh pelamar dari tanah air. Informasi lain bisa dilihat di beasiswapascasarjana.com. Tentu masih banyak lagi beasiswa yang tersedia di luar sana, seperti beasiswa internasional yang dibuka mandiri oleh universitas-universitas di AS. Bahkan, saat ini beberapa program beasiswa pemerintah terbuka lebar buat Anda yang ingin melanjutkan studi ke negeri Paman Sam tersebut.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..