Hibah DBS Foundation (Grant Programme)


Program hibah DBS Foundation ini ditawarkan di enam negara. Indonesia, China, Hong Kong, India, Singapura, dan Taiwan. Sudah dari 2012 lalu melalui dukungan DBS Bank. Bantuan hibah yang dikucurkan juga tidak sedikit. 2,4 juta dolar Singapura bagi 80 usaha sosial di Asia.

Jika Anda memiliki sebuah prototipe jenis usaha sosial (social enterprises) baru, inovatif, terukur, serta dinilai relevan mengatasi permasalahan sosial. Tapi butuh dana untuk memulai atau mengujicobakannya, Grant Programme dari DBS Foundation ini layak dicoba.

Ada tiga jenis program hibah DBS Foundation yang ditawarkan.
Pilot/Prototype Grants
Hibah ini diberikan bagi mereka yang memiliki prototipe jenis usaha sosial yang siap diujicoba, namun butuh dana untuk memulai. Bantuan yang diberikan hingga SGD 50.000 (± Rp 487 juta).

Organisational Grants
Hibah diberikan bagi usaha sosial yang sudah berjalan setidaknya dua tahun dan memerlukan dana untuk pengembangan organisasi tersebut, misalnya memperoleh aktiva tetap, membangun tim, penelitian dan pengembangan produk, pemasaran, dll. Total bantuan yang diberikan hingga SGD 100.000 (± Rp 976 juta). Hibah diharapkan akan langsung digunakan untuk menumbuhkan bisnis, serta memberi dampak sosial lebih lanjut dan/atau menjamin keberanjutan.

Scale-up Grants
Hibah DBS ini khusus bagi usaha sosial yang telah beroperasi lebih dari 3 tahun dan membutuhkan dana untuk peningkatan. Pelamar Scale-up Grants bisa mengajukan langsung permohonan melalui email dbsfoundation@dbs.com Pelamar harus siap dengan bisnis penuh beserta laporan keuangan untuk mendukung aplikasi mereka.

Kriteria penilaian:
Geografi
▪ Beroperasi atau memberi dampak sosial di salah satu atau lebih dari negara-negara berikut: Singapura, Hong Kong, Taiwan, China, India, dan Indonesia
▪ Relevansi serta komitmen kepada masyarakat
▪ Berpotensi untuk ekspansi geografis

Model usaha sosial
▪ Ketahanan model usaha sosial dan teori perubahan
▪ Kekuatan model bisnis dan rencana keberlanjutan
▪ Kesadaran dan pemahaman yang jelas terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman

Dampak sosial
▪ Pemahaman dan artikulasi yang jelas dari penerima bantuan, hasil yang diinginkan dan/atau dampak, bukti yang ada
▪ Kemampuan untuk menyelaraskan dampak sosial serta dampak bisnis
▪ Kemampuan untuk menunjukkan bagaimana dampak sosial dapat ditingkatkan di masa depan

Inovasi
▪ Sejauh mana solusinya adalah berbeda dari satus quo
▪ Sejauh mana usaha sosial mempertahankan peningkatan inovasi serta kesinambungan

Kekuatan tim
▪ Kemampuan dan kredibilitas anggota tim untuk mencapai tujuan usaha sosial dan target pertumbuhan

Rencana operasi
▪ Presentasi dan proyeksi yang jelas dari penggunaan sumber daya, target utama, jadwal, tonggak dan indikator keberhasilan.

Rencana keuangan
▪ Presentasi dan proyeksi yang jelas terhadap indikator keuangan seperti laba/rugi, arus kas, dan bagaimana dana yang diperoleh akan digunakan.
▪ Komitmen untuk mencapai kesinambungan keuangan

Pendaftaran:
Lengkapi dokumen aplikasi hibah DBS Foundation (unduh). Setelah dilengkapi print lalu bubuhi tandatangan. Lalu scan kembali. Jangan lupa untuk menyertakan dokumen relevan yang terkait.

Kirimkan aplikasi ke email: dbsfoundation@dbs.com

Pada subjek email tulis seperti petunjuk berikut:
DBSF Grant Application_Grant Type_Name of your Business/Venture

Ket: Ganti Grant Type dengan jenis hibah yang dipilih, serta Name of your Business dengan nama usaha Anda.

Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 31 Mei 2015. Pengumuman hasil akan disampaikan Juli melalui email. Pendanaan hibah akan dimulai Agustus. Pertanyaan bisa disampaikan melalui email DBS Foundation atau kunjungi www.dbs.com/dbsfoundation/. Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter