Cara Mendaftar Tes TOEFL – Online

Setelah mempersiapkan beberapa hari, panduan “Cara Mendaftar Tes TOEFL” ini akhirnya rampung. Ebook ini mengulas Cara Mendaftar Tes TOEFL iBT secara online. Mengapa TOEFL iBT? Karena skor tes ini paling banyak digunakan, baik untuk mendaftar kuliah atau pun melamar beasiswa. Jika Anda mengincar salah satu beasiswa luar negeri yang mensyaratkan keterampilan bahasa Inggris, sebaiknya ikutilah tes TOEFL iBT. Sertifikat keahlian berbahasa Inggris ini akan banyak diperlukan untuk melengkapi aplikasi.  
Tes TOEFL iBT (internet-based test) diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) yang berbasis di Amerika Serikat. Sertifikat tersebut diakui lebih dari 9.000 institusi di seluruh dunia. Sehingga ketika mendaftar kuliah di luar negeri, seperti Amerika atau Eropa, sertifikat tes TOEFL iBT bisa dilampirkan. Skor tertinggi tes TOEFL iBT adalah  120. Terdiri dari empat komponen, yakni Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Masing-masing komponen tersebut memiliki skor tertinggi 30. 

Ebook “Cara Mendaftar Tes TOEFL” ini dimaksudkan jika Anda belum memiliki dan berencana mengikuti Tes TOEFL iBT. Tahap demi tahap akan dijelaskan di ebook, di antaranya Cara Membuat Akun di ETS, Cara Mendaftar Tes TOEFL iBT, Cara Membayar Tes TOEFL, dan beberapa Tips TOEFL. 

Cara Mendaftar Tes TOEFL iBT sepenuhnya online. Mulai dari membuat akun, mendaftar, hingga pembayaran. Setelah memiliki akun, Anda bisa langsung memesan order tes yang ingin diikuti. Berbeda dengan TOEFL pBT (paper-based test) atau TOEFL cBT (computer-based test), TOEFL iBT akan dilakukan secara online, meski pun lokasinya nantinya berada di Test Center yang telah dipilih. Test Center ini dipilih pelamar saat melakukan order. Saat ini baru ada di 11 wilayah di Indonesia, di antaranya Bandung, Batam, Denpasar, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Bagaimana jika tidak ada di tempat Anda? Mau tidak mau harus mengikuti di wilayah yang terdekat atau yang tersedia. 

Panduan Cara Mendaftar Tes TOEFL iBT ini disediakan gratis. Anda juga bisa membagikannya kepada mereka yang memerlukan. Selama memang tidak melanggar syarat dan ketentuan. 

daftar tes TOEFL, tes TOEFL Online, tes TOEFL iBT, daftar iBT TOEFL
Unduh ebook : Cara Mendaftar Tes TOEFL  

Waktu yang diperlukan untuk pembuatan akun hingga pembayaran sekitar 15 menit. Bisa juga lebih cepat, tergantung bagaimana melengkapi informasi yang diperlukan. Biaya yang dikenakan untuk mendaftar Tes TOEFL iBT adalah sebesar USD 190. Kalau kurs rupiah Rp 14 ribu, biaya yang diperlukan sekitar Rp 2.660.000 (silakan dihitung dengan rate saat ini). Ada dua jenis metode pembayaran yang digunakan yakni pembayaran secara elektronik dan voucher. Pembayaran elektronik terdiri dari kartu kredit/debit, cek elektronik, dan PayPal. 

Sementara, metode pembayaran menggunakan voucher hanya bisa dilakukan jika Anda telah membeli voucher sebelumnya. Voucher pembayaran ini disediakan oleh ETS dan dapat Anda beli di lokasi Test Center. Harganya mungkin bisa bervariatif. Silakan menghubungi lokasi Test Centernya.

Cara Mengikuti Tes TOEFL 
Setelah merampungkan pembayaran, tunggu sesaat hingga pembayaran Anda dinyatakan berhasil. Akan muncul layar bahwa order sukses dan Anda bisa mencetak “Konfrimasi Pendaftaran”. Lembaran konfirmasi ini dibawa ketika mengikuti tes. 

Ada baiknya sebelum mengikuti tes TOEFL, Anda telah mempersiapkan diri terutama pada empat komponen yang diujikan. Jika skor yang Anda raih di bawah harapan, ada kemungkinan Anda mengulang dan mengikuti tes yang sama. Itu artinya kembali mengeluarkan biaya. 

Semakin tinggi skor yang diraih tentu semakin baik. Tapi, berapa nilainya itu Anda yang menentukan. Salah satu acuannya adalah syarat skor TOEFL iBT untuk mendaftar ke universitas yang diminati. Jika tidak memenuhi skor TOEFL iBT yang disyaratkan, di sinilah bisa menghambat penerimaan Anda di kampus tersebut. 

Bagaimana membuat persiapan sebelum tes? Banyak cara. Misalnya belajar otodidak, mengikuti kursus, hingga les privat. ETS menyediakan Contoh Soal Tes TOEFL yang bisa membantu Anda mengenali soal-soal yang diujikan. Ada juga ebook persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum tes. Sehingga skor yang diharapkan bisa tercapai. Contoh soal dan persiapan ini disediakan dalam beberapa file. Anda bisa mengunduhnya. 
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..