Beasiswa Master in Public Policy, National University of Singapore

National University of Singapore (NUS) adalah universitas yang menempati peringkat 1 universitas di Asia, peringkat 7 dunia untuk ilmu sosial dan administrasi, dan secara umum peringkat 12 dunia (2015/2016 QS World University Rankings).

Salah satu sekolah pascasarjana di NUS adalah Lee Kuan Yew School of Public Policy (LKY School). Sekolah ini memiliki beberapa program studi yang prestisius, diantaranya adalah Master in Public Policy (MPP). Program ini menyediakan beasiswa termasuk bagi mahasiswa dari Indonesia.

Program studi MPP adalah program dalam Bahasa Inggris, berdurasi dua tahun penuh, dan memberikan pelatihan intensif guna menghasilkan dasar-dasar kokoh dalam analisa kebijakan, evaluasi dan manajemen program. Sekalipun terbuka bagi fresh graduates, MPP secara umum dirancang bagi para profesional muda yang berpengalaman kerja 2 sampai 5 tahun. Hal ini dalam rangka memenuhi tuntutan pembuatan kebijakan dan analis terampil di sektor publik, swasta atau nonprofit. Lulusan MPP diharapkan menunjukkan kematangan dan komitmen pada pelayanan publik.

Beasiswa
LKY School menawarkan sejumlah skema beasiswa dan hibah. Beberapa mahasiswa MPP juga mendapatkan pinjaman dan beberapa lainnya mendapatkan beasiswa dan hibah dari sumber luar universitas. Sumber-sumber tersebut adalah, diantaranya, yayasan amal, perusahaan, pemerintah dari negara masing-masing mahasiswa, atau asosiasi dan organisasi profesional.

Pada saat ini LKY School menawarkan dua skema bantuan keuangan: beasiswa dan hibah. Para pendaftar skema ini harus memiliki rekam akademis dan profesional yang baik. Mereka juga menunjukkan kepemimpinan dan keinginan berkontribusi di sektor pelayanan publik.

Beasiswa dan hibah program MPP meliputi:
- Biaya kuliah, asuransi, ujian dan biaya terkait lainnya
- Tunjangan bulanan (hanya bagi penerima beasiswa)
- Tunjangan buku dan penempatan awal
- Perumahan di College Green
- Biaya perjalanan dari Indonesia ke Singapura
- Biaya perjalanan dari Singapura ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.    

Adapun persyaratan umum kecakapan Bahasa Inggris adalah:
• 600 untuk TOEFL paper-based test
• 100 untuk TOEFL internet-based test
• 7.0 untuk IELTS academic test.

Simak juga » Beasiswa Master in Public Admnisitration, NUS

Gelar Ganda Mitra Internasional
Mahasiswa MPP yang memenuhi syarat berkesempatan belajar selama satu tahun di luar negeri untuk mengejar gelar ganda pada universitas-universitas mitra NUS berikut ini:
• Columbia SIPA
• London School of Economics and Political Sciences (LSE)
• Sciences Po, France
• University of Geneva
• University of Tokyo

Penerimaan mahasiswa untuk gelar ganda ini sangat kompetitif dan mahasiswa yang diterima akan belajar selama satu tahun di LKY School dan pada tahun kedua belajar di universitas mitra. Aplikasi ke universitas mitra disampaikan pada akhir semester pertama di LKY School. Setelah berhasil menyelesaikan program ini, para lulusan akan mendapatkan gelar ganda dari masing-masing institusi.

Pertukaran Mahasiswa
Mahasiswa MPP mendapatkan keuntungan dari program pertukaran pada tahun kedua. Mahasiswa yang diterima akan melaksanakan studi selama satu semester di universitas mitra. MPP telah menetapkan program pertukaran ini dengan berbagai universitas dan institusi di dunia, antara lain: Tsinghua University (China), National Graduate Institute for Policy Studies (Jepang), Seoul National University, Graduate School in International Studies (Korea Selatan), Georgetown University, Georgetown Public Policy Institute (Amerika Serikat), dan The Graduate Institute of International and Development Studies, Geneva (Swiss).

Gelar Ganda di NUS
LKY School juga menawarkan program gelar ganda dengan NUS Business School dan NUS Faculty of Law. Penempatan untuk program gelar ganda ini sangat kompetitif.

• Master in Public Policy and Master of Business Administration
Program ini memungkinkan para individu di awal karir mendapatkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang bisnis dan pemerintahan. Para mahasiswa akan memperoleh kompetensi yang relevan untuk sektor industri, pemerintahan, dan publik. Lulusan gelar ganda ini akan dapat menghargai dan mengelola hubungan erat dengan organisasi bisnis dan sektor publik.

• Master in Public Policy and Master of Laws
Program ini memberikan pelatihan intensif bagi para individu di awal karir yang bertujuan meningkatkan kompetensinya di bidang hukum dan, pada saat yang bersamaan, mengerti tantangan dan nilai tambah bagi organisasi sektor publik. Lulusan program ini akan memahami hukum dan bagaimana menerapkannya di pemerintahan dan sektor publik.

Magang
Mahasiswa MPP mempunyai opsi melakukan kerja magang pada sektor publik, privat atau nonprofit selama libur musim panas atau musim dingin. LKY School mempunyai hubungan yang luas dengan lembanga think tank terkemuka, lembaga-lembaga konsultan, dan lembaga multilateral guna memfasilitasi kerja magang mahasiswa.

Pertanyaan
Informasi lengkap mengenai program ini dapat dilihat dari laman MPP (http://lkyspp.nus.edu.sg/admissions/graduate-programmes/master-in-public-policy-mpp/).
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..