Beasiswa S2 Ilmu Alam di Universitas Jepang Full

Jika sebelumnya tersedia Beasiswa GSEP S1 di Jepang, beasiswa satu ini dibuka bagi peminat S2 atau bagi lulusan sarjana yang ingin melanjutkan studi master di universitas Jepang. Program tersebut ditawarkan oleh INPEX Scholarship Foundation, sebuah yayasan non profit yang didanai Indonesia Petroleum, Ltd (sekarang INPEX Corporation).

Program beasiswa S2 INPEX ditujukan bagi pelamar yang ingin mendalami bidang yang berhubungan natural science (ilmu alam). Untuk studi yang dimulai 2018, ada tiga pelamar dari Indonesia yang akan dipilih mendapatkan beasiswa INPEX ini. Beasiswa yang diberikan tidak saja mencakup biaya kuliah, tapi juga biaya hidup dan kebutuhan lainnya.

Rinciannya antara lain tanggungan biaya kuliah penuh serta biaya ujian di universitas Jepang, tunjangan bulanan 160.000 Yen untuk biaya hidup, biaya kesehatan, buku, transportasi, dll. Kemudian tiket pesawat kelas ekonomi pp Jakarta – Tokyo, tunjangan kedatangan 60.000 Yen, dan asuransi kecelakaan. Selain itu, lama tanggungan beasiswa mencapai 2,8 tahun. Biaya yang tidak termasuk Beasiswa INPEX di antaranya pembuatan visa dan paspor.

Persyaratan:
1. Warganegara Indonesia berusia kurang dari 30 tahun saat mendaftar, dan memiliki gelar Sarjana atau setara di bidang natural science dari salah satu universitas terbaik Indonesia.
2. Bermaksud mengambil program master di universitas Jepang bidang natural science, dan telah mendapat izin masuk di universitas Jepang atau bakal diizinkan masuk di universitas.
3. Memiliki prestasi cemerlang (IPK lebih dari 3.0) serta sehat jasmani dan rohani.
4. Telah mendapat izin dari atasan baik dari institusi, universitas, maupun perusahaan untuk mengikuti beasiswa Inpex.
5. Memiliki kepedulian untuk membina hubungan Indonesia dan Jepang dan siap berkontribusi.
6. Belum pernah mendapat beasiswa serupa di Jepang atau negara berkembang lainnya.

Simak juga » Beasiswa Penuh S2 dan S3 di 10 Negara

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (Unduh)
2. Dua (2) lembar pasfoto ukuran 5 cm x 3.5 cm. Selembar ditempelkan di formulir aplikasi, dan yang lain cukup dituliskan nama di belakangnya.
3. Salinan ijazah dan transkrip akademik
4. Surat rekomendasi dari profesor, pimpinan, atau atasan tempat kerja
5. Curriculum Vitae
6. Surat keterangan sehat dari dokter
7. Surat keterangan masuk/diterima (LoA) dari universitas atau insitusi penelitian di Jepang, jika sudah diperoleh.
8. Salinan sertifikat TOELF/IELTS
9. Salinan sertifikat bahasa Jepang, jika ada
10. Amplop balasan (ukuran sekitar 23 cm x 12 cm) yang menyertakan nama dan alamat Anda di depannya.

Pendaftaran:
Antar langsung atau kirim via pos dokumen aplikasi yang diminta di atas ke alamat berikut:

INPEX CORPORATION, Jakarta Office
35th Floor TCC Batavia Tower One
Jl. K.H Mas Mansyur Kav. 126
Jakarta Pusat 10220, Indonesia

Tuliskan “APPLICATION FOR SCHOLARSHIPS” di salah satu sudut atas amplop. Jangan lupa setiap dokumen diisi dengan bahasa Inggris atau terjemahan bahasa Inggrisnya.

Aplikasi diajukan paling lambat 15 November 2017. Semua pelamar akan diberitahu hasil seleksi awal pada Januari 2018. Keputusan final seleksi beasiswa INPEX 2018 disampaikan pada Maret 2018.

Pertimbangan seleksi di antaranya berdasarkan kualifikasi pelamar dari formulir aplikasi, prestasi akademik, surat rekomendasi, skor kemampuan berbahasa Inggris, dan dokumen lainnya.

Kontak:
INPEX Scholarship Foundation
34th Floor, Akasaka Biz Tower,
Akasaka 5-3-1, Minato-Ku, Tokyo 107-6332 Japan
Phone. 81-3-5572-0602
www.inpex-s.com
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..