Buruan Daftar, Beasiswa S2 Hukum di Leiden University

Tawaran beasiswa Belanda kembali dibuka untuk mahasiswa internasional. Kali ini Leiden University yang menyediakan beasiswa S2 melalui programnya Leiden University Excellence Scholarship Programme (LExS). Perguruan tinggi negeri kincir angin ini memberikan sejumlah paket beasiswa yang bisa diperebutkan untuk sejumlah program studi. Di antaranya beasiswa S2 hukum dengan gelar LL.M dan beberapa program master bergelar MA dan M.Sc.

Bagi Anda yang berminat bisa mengajukan pendaftaran sekarang hingga tenggat deadline 1 Oktober 2012. Studi akan dimulai Februari 2013.  

Kriteria dan persyaratan pelamar:
1. Tidak berasal dari negara Uni Eropa (EU)/Kawasan Ekonomi Eropa (EEA)
2. Memiliki prestasi akademik yang sangat baik dan relevan untuk program studi yang akan diambil. Sebagai gambaran, mahasiswa tersebut masuk dalam 10 % terbaik pada saat kuliah.
3. Tidak sedang menerima beasiswa dari Belanda
4. Beasiswa tidak akan diberikan kepada pelamar yang telah memperoleh gelar master di Leiden University
5. Penerima beasiswa harus menegaskan secara tertulis, bahwa mereka mematuhi kesepakatan syarat dan kondisi (download) yang ditetapkan Leiden Excellence Scholarship dan melekat sebelum pemberian beasiswa.
6. Fotokopy paspor yang masih berlaku
7. Surat motivasi
8. Scan salinan ijazah dan transkrip nilai. Harap menyertakan terjemahan bahasa Inggris bila menggunakan bahasa Indonesia.
9. Mampu berbahasa Inggris yang ditunjukkan dengan hasil tes IELTS.

Jumlah beasiswa:
Leiden University menyediakan 5 awards beasiswa S2, masing-masing:
~ Beasiswa platinum : meliputi biaya kuliah dan uang saku sebesar € 10.000. Tidak termasuk biaya rumah.
~ Beasiswa gold : meliputi biaya kuliah tidak termasuk biaya rumah.
~ Beasiswa silver : meliputi 75% dari biaya kuliah
~ Beasiswa bronze : meliputi 50% dari biaya kuliah
~ Beasiswa ivory : meliputi 25% dari biaya kuliah

Jumlah dan jenis pemberian beasiswa bergantung pada anggaran yang tersedia pada setiap fakultas.

Prosedur aplikasi:
1. Isi aplikasi online untuk mendaftar di Leiden University
2. Upload semua dokumen yang diperlukan
3. Perlihatkan bahwa Anda ingin mengajukan permohonan beasiswa LExS pada halaman beasiswa.
4. Upload surat motivasi untuk beasiswa LExS pada halaman beasiswa
5. Kirimkan aplikasi online Anda
6. Membayar biaya aplikasi
 Semua pemohon LExS akan diinformasikan pertengahan November 2012.

Ctt: Anda harus menulis surat motivasi (dalam Word) maksimum 500 kata. Jelaskan mengapa Anda harus dipertimbangkan untuk beasiswa ini. Dokumen Word kemudian harus dilampirkan pada halaman beasiswa dalam aplikasi online Anda untuk program master yang Anda lamar.

Salah satu persyaratan untuk mendapatkan ijin tinggal di Belanda adalah siswa harus menyerahkan bukti bahwa mereka memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk membiayai masa studi mereka di Belanda. Leiden University menyarankan anggaran, belum termasuk uang kuliah, sekitar € 10.000 sampai € 14.000 per tahun untuk menutupi biaya sewa, asuransi, biaya hidup, buku pelajaran dan transportasi lokal. Berapa banyak uang yang dihabiskan tentu saja akan tergantung pada gaya hidup dan kebiasaan pengeluaran.
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..