Beasiswa Bank Dunia 2013/2014, Daftar Sekarang!

Bank Dunia melalui Joint Japan/World Bank Graduate Scholarship Program (JJ/WBSP) mengumumkan beasiswa terbaru 2013/2014. Beasiswa yang ditujukan bagi warganegara anggota Bank Dunia dan Asian Development Bank itu meliputi beasiswa master (S2) yang bisa diambil di sejumlah universitas pilihan yang ditetapkan Bank Dunia.

Pendaftaran beasiswa dilakukan via pos yang ditujukan langsung ke World Bank paling lambat 31 Maret 2013. Pelamar yang berhasil mendapatkan beasiswa ini nantinya memperoleh tanggungan biaya pendidikan program master satu tahun. Bantuan yang diterima meliputi, tiket pesawat PP beserta tunjangan per trip keberangkatan $500, biaya kuliah dan asuransi kesehatan, dan tunjangan hidup bulanan termasuk buku.

Berikut persyaratannya:
1. Merupakan warganegara anggota Bank Dunia (salah satunya Indonesia)
2. Lahir setelah 31 Maret 1973
3. Memiliki pengalaman kerja profesional setelah lulus sarjana sekurangnya 2 tahun, lebih baik lagi  4 – 5 tahun di negara asal pemohon atau negara berkembang lainnya terhitung 31 Maret 2013
4. Memiliki gelar sarjana atau setara
5. Sehat jasmani dan rohani
6. Berkepribadian yang baik
7. Bukan penduduk tetap atau warganegara dari negara industri
8. Tidak akan tinggal di negara industri selama lebih dari satu tahun pada saat pengajuan aplikasi
9. Tidak menjabat direktur eksekutif, konsultan, atau staf di Bank Dunia termasuk groupnya, semisal International Finance Corporation atau International Development Association.

Pelamar yang memenuhi syarat dapat mengajukan permohonan program studi master untuk bidang-bidang yang terkait dengan pembangunan, seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan, pertanian, lingkungan, manajemen sumberdaya alam, atau bidang yang berhubungan lainnya. Lihat universitas dan program studi yang bekerjasama dengan beasiswa Bank Dunia di sini.

Ctt: Program studi yang diusulkan harus dimulai untuk tahun akademik 2013/2014, tidak berlaku bagi pelamar yang sudah menjalani perkuliahan (terdaftar) di kampus yang dituju. Pelamar harus menyerahkan sekurangnya satu bukti masuk tanpa syarat untuk program studi universitas yang direkomendasikan Bank Dunia di atas.  

Kriteria seleksi:
Aplikasi dinilai berdasarkan tiga faktor utama, di antaranya keunggulan akademik, pengalaman profesional, dan relevansi program studi. Prioritas akan diberikan kepada kandidat dari sektor publik yang memiliki potensi tinggi memberi dampak pada pembangunan di negara asal setelah menyelesaikan studi. Prioritas juga diberikan bagi kandidat yang peduli perempuan dan memiliki keterbatasan finansial.
Dokumen yang harus dikirim:
1. Formulir aplikasi yang ditandatangani (unduh)
2. Daftar riwayat hidup (CV) tidak lebih dari 2 halaman
3. Admission letter (bukti diterima) dari program master universitas yang dituju
4. Bukti pengalaman kerja (lihat lampiran formulir)
5. Dua surat rekomendasi dari profesional dan dua dari pihak akademik (lihat di lampiran formulir)
6. Fotokopi ijazah sarjana beserta transkrip nilai (dilegalisir)
7. Salinan bukti kewarganegaraan (bisa KTP, passport, atau akte kelahiran) 

*Jangan lupa terjemahkan transkrip dan dokumen lainnya ke dalam bahasa Inggris dan disahkan. 

Kirimkan aplikasi Anda (cap pos) ke alamat berikut:
The World Bank
Joint Japan/World Bank Graduate Scholarship Program
1818 H Street, NW - MSN J4-402
Washington, DC 20433
USA

Pengumuman hasil akan diberitahukan kepada pelamar pada akhir Juli 2013.
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..