Ikuti! Beasiswa Taiwan 2013, Peluang Beasiswa S1–S3

Anda ingin kuliah di universitas terkemuka di Taiwan? Taiwan Scholarship Program adalah peluang beasiswa 2013 yang bisa menghantarkan ke sana. Skema ini menyediakan peluang beasiswa S1, S2, dan S3 bagi pelajar mancanegara. Khusus mahasiswa asal Indonesia, ada sejumlah fasilitas yang disediakan jika berhasil mendapatkan beasiswa yang didanai Taiwan ICDF ini.

Pemenang akan mendapatkan beasiswa yang meliputi tunjangan bulanan, tiket pesawat kelas ekonomi, biaya pendidikan, biaya buku, tempat tinggal, asuransi, dll. Pengajuan beasiswa paling lambat 31 Maret 2013 melalui Taipei Economic and Trade Office di Indonesia (TETO).

Dokumen yang diperlukan:
1. Satu set formulir pendaftaran beasiswa (unduh)
2. Satu lembar fotokopi paspor dan akte lahir.
3. Satu lembar fotokopi ijasah terakhir dan transkip nilai. Jika kedua dokumen tersebut dikeluarkan oleh instansi pendidikan internasional, harus dilegalisir oleh Kantor Perwakilan Taiwan setempat.
4. Satu lembar fotokopi formulir pendaftaran ke universitas di Taiwan (dapat juga berupa bukti transfer biaya pendaftaran, formulir pendaftaran, surat penerimaan dari universitas). 5. Satu lembar fotokopi sertifikat bahasa “Test of Chinese as a Foreign Language (TOCFL )” dengan syarat kelulusan minimal tingkat ‘advanced (Band B)’. Website: http://www.sc-top.org.tw/english/eng_index.php.
6. Bagi pendaftar program/jurusan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, diharuskan melampirkan 1 lembar fotokopi tes TOEFL resmi, atau sertifikat resmi tes bahasa Inggris lainnya yang diakui secara internasional. Syarat ini tidak berlaku bagi pendaftar dengan kewarganegaraan asing yang bahasa resmi negaranya bahasa Inggris.
7. Dua surat rekomendasi dengan tanda tangan asli penulis tercantum dan surat tersimpan dalam amplop tertutup rapat (pendaftar beasiswa dapat meminta surat ini dari, misalnya, rektor, dekan, profesor atau mentor). Fotokopi atau surat dalam bentuk e-mail tidak akan dipertimbangkan.

Besar beasiswa yang diberikan:

-Tunjangan biaya hidup : untuk S1 akan diberikan sebesar NT$ 15.000,- ( setara USD$ 500 ). Untuk S2 dan S3 akan diberikan sebesar NT$ 20.000,- ( setara USD$ 666 )
- Biaya kuliah dan biaya akademis lainnya : Menteri Pendidikan Taiwan akan memberikan dana sebesar NT$ 40.000,-/semester untuk setiap mahasiswa. Apabila total biaya yang dibutuhkan melebihi jumlah tersebut, maka selisih biaya ditanggung oleh penerima beasiswa atau universitas tujuan.
- Penerima beasiswa diharuskan untuk membayar sendiri: biaya administrasi, biaya dalam rangka pembuatan thesis, biaya asuransi, akomodasi dan koneksi internet.

Jangka waktu pemberian beasiswa :
a. Untuk S1 maksimal 4 tahun
b. Untuk S2 maksimal 2 tahun
c. Untuk S3 maksimal 4 tahun
d. Total beasiswa untuk semua program 5 tahun

Pendaftar beasiswa harus sudah melakukan pendaftaran ke universitas tujuan terlebih dahulu. Pengumuman penerima beasiswa akan disampaikan di website TETO ( www.roc-taiwan.org/ID ). Informasi lebih jauh dapat Anda tanyakan melalui email: beasiswa@teto.or.id atau Ms. Maria Chang di 021 515 3939 ext. 114.

Kirimkan aplikasi Anda ke alamat berikut:
Taipei Economic and Trade Office di Indonesia (TETO)
Lantai 17, Gedung Artha Graha
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52 - 53
Jakarta 12190
Ph. 021 515 3939
Fax. 021 515 4626

Lihat daftar universitas di Taiwan di sini dan daftar program yang menggunakan pengantar bahasa Inggris di sini.
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini